Save KPK Menjadi Trending Topic Twitter

oleh Adys Disty
07:37 AM on Jan 24, 2015

Setelah menjadi trending topic Twitter Indonesia, #SaveKPK berhasil masuk dalam jajaran Worldwide. Tak tanggung-tanggung, #SaveKPK menempati peringkat teratas trending topic Worldwide (TTWW) pada Jumat (23/1).

#SaveKPK sebagai simbol dukungan untuk Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi trending topic Twitter. Ini terjadi setelah merebaknya kabar penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Bareskrim Markas Besar Polri. Kabar tersebut segera memicu reaksi netizen Indonesia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Save KPK Menjadi Trending Topic Twitter
Save KPK Menjadi Trending Topic Twitter

Sebagian masyarakat Indonesia di dunia maya mengecam tentang penangkapan tersebut dan menganggap KPK sedang menjadi korban. Penangkapan yang dilakukan Bareskrim Polri dinilai sebagai upaya pelemahan terhadap institusi KPK.

Tak hanya pengguna Twitter yang menyerukan #SaveKPK, sejumlah aktivis antikorupsi dan selebritas juga ikut ramai-ramai mengunjungi gedung KPK untuk memberikan dukungan ke komisi tersebut.

Artis sekaligus penggiat antikorupsi Melanie Subono dalam Twitternya menyatakan bahwa dia berada di gedung KPK untuk ikut dukung KPK. “Here @KPK_RI #SaveKPK #tinjuKoruptor” tulisnya. Sementara itu, peneliti ICW Donal Fariz lewat akun Twitternya menuliskan “SOS #SAVEKPK… Merapat ke KPK semua yang peduli pemberantasan korupsi.”

Tidak hanya itu, Romo Magnis Suseno dan Butet Kartaredjasa juga ikut hadir ke gedung KPK untuk menyerukan dukungannya terhadap KPK. Ketua Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Zainal Arifin Mochtar, Ade Irawan dan Emerson Yuntho dari ICW, Istri aktivis HAM Munir juga turut hadir di sana.

Penangkapan Bambang Widjojanto diduga karena Bambang meminta saksi memberikan keterangan dalam sengketa pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah tahun 2010 di Mahkamah Konstitusi. Saat itu Bambang bertindak sebagai penasihat hukum. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny Sompie pun telah membenarkan bahwa pihak kepolisian telah menangkap Bambang Widjojanto.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA