Raja Abdullah Meninggal, Harga Minyak Melambung

oleh Adys Disty
07:41 AM on Jan 24, 2015

Harga minyak mentah langsung melonjak di perdagangan Asia setelah juru bicara kerajaan mengumumkan meninggalnya Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz, Jumat (23/1). Kondisi tersebut semakin menambahkan ketidakpastian di pasar energi global.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) di New York, Amerika Serikat untuk pengiriman Maret tercatat melonjak 3,1 persen. Sedangkan harga minyak di London hanya melambung sebesar 2,6 persen.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Raja Abdullah Meninggal, Harga Minyak Melambung
Raja Abdullah Meninggal, Harga Minyak Melambung

Sementara itu, perdagangan awal WTI di pasar Asia dilaporkan naik sebesar 2,01 persen menjadi USD 47,24 per barel. Adapun untuk minyak jenis Brent, harga untuk pengiriman Maret terpantau tidak ada perubahan sama sekali yakni USD 49 per barel.

Para analis mengatakan wafatnya Raja Abdullah terjadi di tengah pergeseran pasar minyak dunia dalam beberapa dekade terakhir. Dipimpin oleh Arab Saudi, OPEC mengumumkan November lalu tidak akan memotong produksi 30 juta barel per hari meskipun harga minyak menurun di seluruh dunia.

Analis Sanford C. Bernstein & Co yang berbasis di Hongkong, Neil Beveridge mengatakan meninggalnya Raja Abdullah merupakan ujian terbesar bagi Arab Saudi untuk menentukan kebijakan tentang minyak. “Wafatnya Raja Abdullah akan membuat ketidakpastian yang bakal memicu pergerakan harga minyak dalam jangka pendek,” tuturnya.

Arab Saudi adalah salah satu anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang berkeras tidak memangkas produksi meskipun harganya kini terus anjlok. Arab Saudi juga selalu menolak usulan anggota OPEC lainnya untuk mengurangi produksi minyak dunia agar dapat mendongkrak harga.

Harga minyak dunia terjun bebas sejak Juni 2014. Dari posisi harga di atas USD 100 per barel pada saat itu, kini harga minyak global berada pada kisaran USD 45 per barel. Hal ini dipicu oleh membanjirnya pasokan dan melemahnya permintaan dunia atas minyak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA