Dubai Sekarang Sudah Punya Robocop yang Bertugas Patroli di Jalanan, Indonesia Kapan Ya?

Kalau patrolinya di Indonesia jangan-jangan robotnya bisa kesandung polisi tidur dan jalan berlubang

oleh Faradina
16:00 PM on May 25, 2017

Memang tidak salah bila Dubai dinobatkan sebagai wilayah dengan penuh kemewahan dan segala kemajuannya. Sudahlah bila kita berbicara tentang gaya hidup masyarakatnya yang super glamour dan sepertinya tidak bisa diterapkan di Indonesia ya. Kali ini Dubai kembali memunculkan inovasi yang mungkin bisa menyalip Jepang maupun Cina dalam segi teknologi khususnya di bidang robotiknya.

Kalau mendengar berita tentang aneka jenis robot di Cina maupun Jepang tentu sudah menjadi hal yang biasa ya, tapi sekarang Dubai juga mencoba inovasi teknologi automasi. Belum lama ini Dubai memperkenalkan sebuah robot yang akan berjalan di sekitar kota dan menjalankan tugas layaknya polisi. Seru sekali pastinya bila kita bisa bertemu teknologi semacam ini di jalanan.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Inilah polisi robot pertama di dunia

Entah polisi Dubai merasa terbantu atau terancam pekerjaannya karena sekarang Dubai menggunakan teknologi robot. Kalau biasanya warga kota Uni Emirat Arab itu hanya bisa melihat sosok polisi robot di film-film, tak lama lagi mereka akan bertemu tokoh film itu di dunia nyata. Pasalnya kota tersebut segera meluncurkan polisi robot pertama di dunia yang diberi nama Robocop. Jika nama itu mengingatkan kalian dengan sebuah film, tentu saja iya karena memang teknologi serta nama yang diambil terinspirasi dari tayangan box office itu.

Polisi robot pertama [image source]
Polisi robot ala Dubai akan pertama kali beroperasi secara sederhana dengan patroli di jalanan-jalanan tertentu di kota metropolitan tersebut. Kota Dubai juga akan menjadi daerah pertaman yang memanfaatkan kecanggihan robot untuk menjaga ketertiban masyarakatnya. Bahkan diperkirakan pada tahun 2030 nanti seperempat total pasukan polisi di Dubai adalah berupa tenaga robot. Tentu ini akan menjadi satu inovasi baru di dunia keamanan yang memang belum sama sekali dicoba terapkan oleh wilayah lainnya.

Robocop Dubai memiliki spesifikasi keren

Karena nanti robot ini akan ditugaskan layaknya polisi di jalanan, tentu saja harus memiliki spesifikasi yang siap diterjunkan dan tidak boleh main-main dong. Kalau dari desainnya sendiri sebenarnya si Robocop sudah diperkenalkan pada khalayak sejak tahun 2015. Tinggi robot ini kurang lebih sama seperti manusia pada umumnya, yaitu 165 cm dan berat kurang lebih 220 pound. Robocop menggunakan roda sebagai alat gerak agar bisa bergerak lebih cepat bila dibanding robot yang mengenakan kaki.

Robocop di pantai [image source]
Hebatnya lagi Robocop diciptakan untuk bisa membaca ekspresi wajah manusia yang ditemuinya di jalanan nanti. Belum lagi kemahirannya dalam berbicara enam bahasa berbeda, jadi sepertinya para turis yang berlibur ke Dubai bisa memanfaatkan fitur ini untuk berinteraksi dengan si Robocop ya. Tapi belum diketahu apa saja jenis bahasa yang dikuasai Robocop, mungkin saja dia menguasai Bahasa Indonesia ya.

Tugas dan fungsi Robocop tidak terlalu rumit

Seperti yang tadi disebutkan bahwa tugas pertama Robocop adalah melakukan patroli di jalanan Kota Dubai, namun tetap saja yang namanya robot belum bisa menyamai ketangkasan polisi beneran. Oleh karena itu pihak pengelola memberi batasan untuk tugas si Robocop. Dia diciptakan untuk membantu masyarakat yang kesulitan di jalanan. Dan meski gerakannya diatur cepat, dia tidak ditugaskan mengejar para penjahat seperti di film-film.

Dilengkapi layar sentuh [image source]
Robot polisi Dubai ini akan membantu warga dengan kemampuan membaca ekspresi yang dia miliki. Sementara itu, untuk berinteraksi dengan manusia Robocop sudah dilengkapi tablet layar sentuh yang mudah digunakan. Menurut Direktur Jenderal Layanan Pintar Kepolisian Dubai, Robocop sudah mampu mengobrol, menanggapi permintaan masyarakat, berjabat tangan, serta memberikan penghormatan militer.

Ada tugas lain yang juga dikerjakan si robot polisi

Robocop tentu diciptakan dengan segala kecanggihan di tiap gerakannya. Oleh karena itu dia juga memiliki tugas lain dari sekedar membatu masyarakat di jalanan. Tanggung jawab lain yang diberikan pada Robocop adalah sebagai penghubung komunikasi antara masyarakat setempat dengan markas kepolisian Kota Dubai. Jadi masyarakat bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pihak kepolisian pusat.

Pengenalan Robocop [image source]
Selain itu, masyarakat juga bisa lho membayar aneka macam denda melalui bantuan Robocop, jadi tidak hanya melaporkan kejahatan saja. Robot polisi Dubai ini juga didesain untuk bisa mengirim serta menerima pesan langsung dari kantor polisi. Cukup banyak juga ya tugas Robocop ini, tapi inovasi ini bisa dibilang menguntungkan bagi pemerintah Dubai karena tidak perlu menambah anggaran gaji polisi untuk Robocop, hanya perlu biaya perawatan saja.

Keren nggak sih kalau misal kita bisa dilindungi oleh robot ala film Robocop. Tapi memang teknologi super canggih ini baru diterapkan di Kota Dubai. Kalau di 2030 nanti jumlah Robocop Dubai sudah bertambah banyak, tentu bisa dong negara lain juga menerapkan teknologi serupa. Apalagi kalau dirasa memang sangat membantu kinerja pihak kepolisin dan masyarakat. Nggak masalah kali ya kalau kita bayangin suatu hari nanti jalanan kota besar di Indonesia juga ada patroli robot gini. Tapi dengan catatan jangan ada sampah di jalan, biar Robocop nggak tersandung ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA