Pati Geni, Ritual Ala Jawa yang Dipercaya Bisa Membuat Seseorang Digilai Wanita

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 14, 2016

Masalah jodoh memang sudah ada takdirnya. Tapi, adalah hal yang bodoh ketika seseorang hanya menunggu saja, tanpa berusaha mencari. Jodoh di tangan Tuhan, dan akan tetap di genggamanNya kalau kita tidak pernah mengambilnya. Tapi, meskipun sudah berusaha sedemikian rupa, kadang jodoh tak juga didapatkan. Hingga akhirnya cara-cara khusus pun dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan ritual-ritual tertentu.

Ya, kita yang hidup di Indonesia terutama Jawa, pasti tahu banget kalau ada berbagai ritual yang tujuannya bikin enteng jodoh. Dan dari semua ritual tersebut, Pati Geni lah yang paling terkenal. Ya, banyak yang percaya kalau ritual ini sanggup memberikan seseorang kemudahan dalam jodoh. Bahkan nih, katanya jodoh macam apa pun bisa didapatkan. Mau setampan Orlando Bloom atau secantik Katy Perry bisa.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Namun, Pati Geni yang berbentuk puasa ini sama sekali tidak mudah dilakukan. Fisik terutama, harus benar-benar kuat karena ritual ini bisa dikatakan sangat ekstrem. Tapi, setelah selesai nanti, khasiatnya bakal luar biasa, bagi yang percaya. Lebih dalam tentang Pati Geni, berikut beberapa hal tentang ritual ala Jawa tersebut.

Tata Cara Pati Geni yang Luar Biasa Berat

Sama seperti Mutih, Ngebleng, atau Ngeluwang, Pati Geni dilakukan dengan cara berpuasa. Tapi, ia beda dari puasa kejawen lainnya. Tak hanya harus menahan lapar dan haus, seseorang yang melakukan ritual ini harus bisa juga memadamkan api. Maksudnya adalah dengan menghilangkan segala nafsu untuk sementara. Orang Jawa sendiri memang menganalogikan nafsu sebagai api atau geni.

Berpuasa dan berdiam diri di tempat gelap [Image Source]
Berpuasa dan berdiam diri di tempat gelap [Image Source]
Membunuh nafsu dalam Pati Geni dilakukan dengan cara berdiam diri di ruangan yang sangat gelap. Jadi, untuk melakukan lelaku ini, seseorang harus menyediakan sebuah tempat yang tak memiliki cahaya dan di dalamnya berdiam diri sampai waktu yang ditentukan. Oh iya, dalam puasa ini juga dilarang beraktivitas selain membaca mantra. Tidur pun juga tidak boleh.

Dilakukan dengan Hitungan Tertentu

Setiap puasa kejawen selalu punya hitungan harinya sendiri. Untuk Pati Geni, minimal dilakukan tiga hari. Namun, untuk hasil yang pasti serta istimewa, sarannya adalah 40 hari. Dulu, katanya orang-orang Jawa sering melakukan ini. Namun, kini sudah jarang sekali yang ber-Pati Geni karena praktiknya yang begitu berat.

Pati Geni ada hitungannya [Image Source]
Pati Geni ada hitungannya [Image Source]
Perlu diketahui, hitungan dari Pati Geni ini adalah berlanjut. Jadi sama sekali tidak boleh putus. Seumpama ingin melakukan Pati Geni selama tiga hari namun dua hari sudah tidak sanggup, maka harus ulang mulai awal. Termasuk pula untuk versi 40 hari. Seumpama di hari ke 39 si pelakunya sudah menyerah, maka ia harus memulainya dari awal lagi.

Pati Geni Tak Bisa Dilakukan Begitu Saja

Dalam kepercayaan Jawa, segala ritual itu ada term and condition alias syarat-syaratnya. Dan untuk Pati Geni pun seperti itu, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan ritual super berat ini. Pertama adalah masalah urgensi. Kalau memang dirasa masalahnya sangat berat, maka boleh melakukan ini, tapi kalau tidak maka sama sekali tidak disarankan. Karena nantinya mungkin tidak menghasilkan apa-apa.

Tidak bisa dilakukan begitu saja [Image Source]
Tidak bisa dilakukan begitu saja [Image Source]
Syarat yang kedua adalah kapan pelaksanaannya. Ya, Pati Geni ternyata tak bisa dilakukan semaunya melainkan ada waktunya sendiri. Menurut para pakarnya, Pati Geni hanya boleh dilaksanakan bertepatan pada weton. Harus seperti itu biar hasilnya mujarab.

Tidak Hanya untuk Jodoh

Manfaat paling terkenal dari Pati Geni memang adalah mempermudah jodoh, tapi ternyata tak hanya itu saja lho. Diketahui, ritual ini juga memiliki banyak kegunaan lainnya. Misalnya adalah pesugihan, kebal, serta ilmu-ilmu khusus. Kadang seseorang yang ingin dibukakan mata hatinya juga harus melakukan puasa ini.

Pati Geni bisa bikin kaya juga [Image Source]
Pati Geni bisa bikin kaya juga [Image Source]
Oh iya, katanya, bagi siapa pun yang merasa sedang kesulitan, boleh juga melakukan ritual Pati Geni. Tidak ada batasan waktu untuk yang ini, boleh sehari dua hari. Namun, biar makin cepat dan gampang, maka disarankan lebih lama. Di masa sekarang ada beberapa orang yang masih memakai Pati Geni sebagai solusi berbagai macam problematika hidup, terutama hutang.

Antara percaya dan tidak sih, tapi memang banyak orang yang melakukan ritual ini untuk mendapatkan jodoh. Katanya sih hasilnya benar-benar tokcer. Tapi, meskipun begitu tidak harus kita juga melakukan cara ini untuk problem yang sama. Jodoh masih bisa diupayakan tanpa harus melibatkan hal-hal yang semacam ini kok.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA