Resep Kue Kuping Gajah Untuk Lebaran

oleh Maya Galuh
11:21 AM on Jul 15, 2015

Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya umat muslim yang selalu dinanti setiap tahunnya. Di hari kemenangan ini, seluruh anggota akan berkumpul merayakan indahnya hari raya Idul Fitri. Tidak hanya keluarga, para teman, kerabat dan tetangga biasanya juga akan berkunjung saling bermaaf-maafan dan menikmati kebersamaan.

Agar acara berkumpul semakin istimewa dan lengkap, maka tuan rumah akan menyajikan hidangan spesial lebaran mulai dari ketupat, opor ayam, gulai, dan masih banyak lagi. Nah, untuk menemani acara santai bersama, kue-kue kering menjadi satu hidangan yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Baca Juga
Ayam Bakar Rasa Mantan, Kelezatan yang Pasti Bikin Kamu Gagal Move On
5 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Sukses Bikin Bule-Bule Ketagihan

kuping gajah
kuping gajah [ImageSource]
Kue kuping gajah menjadi salah satu kue yang sering kita jumpai di rumah-rumah, saat lebaran. Rasanya yang manis dan bentuk serta warnanya yang menarik membuat kue ini juga disukai oleh anak kecil. Makanya, yuk belajar cara membuatnya. Selain bisa disajikan di rumah, siapa tahu kamu juga bisa menjualnya sebagian.

Nah, untuk membuatnya, siapkan dulu bahan-bahannya sebagai berikut:
– 50 gram Tepung maizena
– 300 gram tepung terigu
– 4 buah Telur
– 100 gram Gula bubuk
– 200 ml Santan kental
– 1 sdt Vanila
– 1 sdm Coklat bubuk
– 1 sdt Garam asin
– minyak untuk menggoreng

Untuk membuatnya, pertama siapkan mangkuk dan masukan 4 butir telur dan gula bubuk, kemudian aduk hingga kental. Selanjutnya, tambahkan satu sendok garam dan vanila, aduk lagi hingga merata. Tambahkan tepung maizena dan tepung terigu, aduk terus hingga merata. Masukkan santan perlahan-lahan sambil diaduk terus sampai adonan menjadi benar-benar tercampur dan licin.

Pisahkan adonan menjadi dua bagian dan campurkan setengah dari adonan tersebut dengan coklat bubuk, kemudian aduk lagi hingga merata. Selanjutnya, tipiskan masing-masing adonan cokelat dan putih dengan rolling pin hingga setebal setengah sentimeter.

Setelah selesai menggilingnya, tumpuk lagi dua donan tersebut dan tekan hingga lekat, kemudian gulung sampai benar-benar padat. Setelah berbentuk silinder yang padat, simpan dalam lemari es selama beberapa menit.

Setelah adonan didiamkan beberapa menit di lemari es, ambil adonan dan iris tipis-tipis, sisihkan. Setelah semua adonan selesai diiris, saatnya menggoreng adonan tersebut.Panaskan minyak goreng, kemudian goreng adonan yang telah diiris hingga benar-benar matang. Setelah matang, angkat, dan tiriskan.

Agar kue tetap awet dan tahan lama, simpan kue di dalam toples yang rapat. Nah, kue kuping gajah pun sudah siap untuk disajikan. Tidak sulit kan untuk membuatnya? Yuk dicoba!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA