5 Hal yang Biasanya Muncul Saat Bulan Ramadan Akan Tiba

oleh Rahma Muliani
10:10 AM on Jun 16, 2015

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan penuh rahmat dan ampunan, yakni bulan Ramadan. Bulan Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan ini, umat Muslim akan melakukan puasa wajib selama satu bulan penuh.

Meski masih beberapa hari lagi, akan tetapi suasana bulan puasa atau bulan Ramadan sudah mulai terasa. Hal itu ditunjukkan dengan munculnya beberapa hal yang sudah Tim Boombastis rangkum dibawah ini.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Munculnya Iklan Kain Sarung

Kain sarung mungkin memang begitu dibutuhkan saat bulan Ramadan tiba. Bagaimana tidak, dibulan ini kita memang banyak melakukan ibadah seperti sholat tarawih, yang kita laksanakan disetiap malam hari pada bulan teristimewa ini.

Sarung Untuk Sholat
Sarung Untuk Sholat [ImageSource]
Melihat begitu pentingnya peran kain sarung dalam melaksanakan ibadah sholat, banyak sekali merk yang hadir dalam beberapa iklan. Biasanya akan ada tagline-tagline seperti “sangat cocok dipakai untuk tarawih”.

2. Munculnya Iklan Syrup

Iklan yang satu ini juga seringkali muncul saat bulan Ramadan akan tiba. Syrup memang salah satu bahan pangan yang dibutuhkan saat bulan puasa. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok untuk berbuka puasa pada saat maghrib tiba.

Syrup Banyak Dijual Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern
Syrup Banyak Dijual Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern (c) Boombastis

Iklan syrup ini akan menampilkan warna-warni yang begitu menggoda pada minuman ini. Ada banyak warna pada syrup, sesuai dengan varian rasanya. Hijau untuk melon, orange untuk jeruk, merah untuk strawberry dan masih banyak lagi.

3. Munculnya Sinetron Religi

Sinetron stripping bertema religi juga turut hadir ketika bulan Ramadan datang. Tayangan ini akan menemani kita di saat menunggu adzan maghrib, waktu untuk berbuka puasa tiba. Ceritanya tidak jauh-jauh dari menggambarkan nilai-nilai keIslaman.

Beberapa Sinetron Religi Terpopuler
Beberapa Sinetron Religi Terpopuler [ImageSource]
Semua stasiun televisi akan berlomba-lomba menayangkan sinetron penuh nasehat ini. Meski dengan tema yang sama, kisah yang dihadirkan pun berbeda-beda. Ada yang menceritakan perjalanan orang yang bertobat, orang yang selalu berdo’a dan berusaha untuk naik Haji dan lain-lain.

4. Munculnya Lagu-Lagu Dan Band-Band Religi

Tidak hanya sinetron, lagu-lagu bertajuk Islami pun juga turut meramaikan bulan ini. Lagu itu tidak hanya datang dari musisi religi seperti Opick atau Hadad Alwi, akan tetapi para band-band ternama pun juga turut membuat lagu religi.

Band-Band Yang Mempunyai Album Religi
Band-Band Yang Mempunyai Album Religi [ImageSource]
Band yang sering membuat lagu religi itu diantaranya ada Ungu, Gigi, Wali dan masih banyak lagi. Lagu-lagu mereka cocok banget nih kita dengarkan pada saat siang hari, sebagai pengalih perhatian saat rasa lapar sudah mulai terasa.

5. Munculnya Pedagang  Takjil

Setelah seharian menahan dahaga,  saat berbuka puasa memang nikmatnya dengan menyantap yang dingin dan segar. Sajian berbuka puasa yang sering kita temui adalah cendol, bubur mutiara, es cendol, es buah, dan masih banyak lagi.

Para Pedagang Takjil Menjajakan Dagangannya
Para Pedagang Takjil Menjajakan Dagangannya [ImageSource]
Meski bulan puasa belum tiba, sudah banyak pedagang takjil ini yang mulai menjual barang dagangannya. Para pedagang ini dapat kita temui dengan mudah, karena biasanya mereka berjualan di pinggir jalan raya, yakni di sekitar trotoar atau di pasar.

Itulah tadi beberapa hal yang muncul saat bulan Ramadan akan tiba. Kami dari Tim Boombastis mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa untuk para pembaca yang beragama Islam dan akan segera melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA