Ini yang Harus Dipersiapkan Menjelang Bulan Ramadan

oleh Rahma Muliani
07:20 AM on Jun 16, 2015

Sebentar lagi para umat muslim akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan, bulan penuh berkah, rahmat dan juga ampunan dari Allah SWT. Di bulan penuh kebaikan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

persiapan-bulan-ramadan

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Maka dari itu, kita butuh beberapa persiapan yang dilakukan agar puasa nanti lancar sampai hari raya Idul Fitri tiba. Persiapan itu meliputi ilmu, fisik, materi, perlengkapan diri dan juga bahan makanan. Berikut penjabarannya seperti yang ada di bawah ini.

1. Ilmu

Sebelum memulai ibadah di bulan suci, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai seluk beluk ibadah pada bulan Ramadan. Hal ini dilakukan, agar ibadah yang kita lakukan nanti dapat dilaksanakan secara optimal, sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist.

Mencari Pengetahuan Lewat Membaca
Mencari Pengetahuan Lewat Membaca (c) Boombastis

Kamu bisa memulainya dengan membaca buku-buku keagamaan atau buku-buku fikih. Jangan ragu dan sungkan untuk mendatangi beberapa majelis untuk memperdalam ilmu keagamaan kita. Di sana juga akan ada seseorang ulama yang bisa dijadikan tempat untuk bertanya.

2. Fisik

Jika ilmu sudah, yang harus kamu persiapkan berikutnya adalah fisik. Agar dapat berpuasa dengan lancar, kita haruslah memiliki kondisi fisik yang sehat. Makanlah makanan yang bergizi tinggi agar tubuhmu tetap sehat dan siap untuk menjalankan puasa nantinya. Selain itu rajin-rajinlah untuk berolahraga juga.

Fisik Harus Sehat
Fisik Harus Sehat (c) Boombastis

Saat puasa, waktu makan pun ikut berubah. Agar lambungmu tidak kaget nantinya, cobalah untuk sedikit memajukan waktu makan, jika yang tadinya sarapan jam 06.00 pagi bisa dimajukan menjadi jam 05.00 pagi. Atau kamu bisa juga mencoba untuk melaksanakan puasa sunnah.

3. Perlengkapan Diri

Persiapkan juga segala perlengkapan ibadah seperti alat sholat, mukena untuk wanita dan sarung untuk laki-laki. Kamu tidak harus membelinya yang baru, cukup cuci bersih kemudian setrika alat sholat lamamu. Karena dalam beribadah, kebersihan memang sangat diutamakan.

Perlengkapan Sholat Dan Mengaji
Perlengkapan Sholat Dan Mengaji (c) Boombastis

Persiapkan juga pakaian untuk pergi tarawih ke masjid nanti. Pakaian juga tidak harus baru, akan tetapi pilihlah pakaian-pakaian yang sopan, yang pantas untuk dikenakan di lingkungan masjid. Kamu bisa memulai untuk menyortirnya mulai dari sekarang loh.

4. Makanan

Bahan makanan juga wajib kamu persiapkan sebelum bulan Ramadan tiba. Jadi, saat berpuasa nanti kamu tidak perlu repot-repot pergi ke pasar atau ke warung sayur setiap harinya. Stoklah bahan-bahan tersebut untuk sebulan, simpan di dalam lemari es agar bahan makanan tadi tidak cepat rusak.

Stok Bahan Makanan Kemudian Simpan Di Lemari Es
Stok Bahan Makanan Kemudian Simpan Di Lemari Es (c) Boombastis

Waktu makan sahur bisa terbilang sangatlah singkat. Rasanya sedikit tidak mungkin jika kita harus memasak menu yang memakan waktu lama. Persiapkanlah masakan yang bisa tahan untuk sebulan, seperti rendang contohnya. Saat makan sahur tiba, kamu hanya perlu menghangatkannya sedikit. Sesuai porsi makanmu dan anggota keluargamu saja.

5. Harta

Di bulan Ramadan, ibadah yang dapat kita lakukan lebih banyak dibanding bulan-bulan lainnya. Salah satunya adalah bersedekah kepada kaum Dhuafa. Ada baiknya kita sudah menabung uang sedikit demi sedikit agar kita bisa bersedekah nantinya.

Sisihkan Uang Untuk Bersedekah
Sisihkan Uang Untuk Bersedekah (c) Boombastis

Ada banyak cara bersedekah di bulan ini, seperti memberi makanan untuk berbuka kepada kaum Dhuafa yang ada di jalan, mengadakan bakti sosial di panti asuhan dan masih banyak lagi. Pada akhir Ramadan pun ada satu ibadah wajib lagi yang berhubungan dengan harta, yakni membayar Zakat Fitrah.

Ya, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum masuknya bulan suci Ramadan, agar ibadah puasa kamu nanti bisa berjalan secara optimal. Kamu sendiri sudah mempersiapkannya belum nih? Jika belum, ayo segera dipersiapkan dari sekarang, mumpung masih ada waktu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA