Kado Terpahit Ulang Tahun Menteri Susi, Putra Sulung Kesayangannya Meninggal Dunia

oleh Rizal
11:00 AM on Jan 18, 2016

Ada alasannya kenapa ulang tahun dikatakan sebagai Best Moment of Life. Salah satunya karena di saat seperti itu mereka yang berulang tahun akan mendapatkan hadiah-hadiah terbaik. Sayangnya, tidak semua orang pasti mengalami hal menyenangkan ini. Termasuk menteri tercinta kita yang sepak terjangnya bikin kagum, Susi Pudjiastuti.

Kabar duka menyelimuti perayaan ulang tahunnya yang ke 51. Ya, anak pertamanya yang bernama Panji Hilmansyah meninggal dunia. Penyebabnya sejauh yang diketahui adalah karena sakit jantung. Panji sendiri ditemukan sudah tidak bernyawa dalam kondisi layaknya orang tertidur. Ini bisa jadi isyarat jika sang putra sulung menteri hebat tersebut meninggal dalam keadaan yang tenang.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Berikut, kronologi dan sedikit cerita tentang sang kakak Nadine Kaiser tersebut.

Panji Hilmansyah, Sang Putra Sulung Kesayangan Susi

Menteri Susi diketahui punya 3 orang anak. Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser yang cantik itu, dan juga si bungsu Alvy Xavier. Nadine seperti yang kita tahu, pernah bikin netizen heboh gara-gara fotonya yang cantik itu, untuk Alvy tidak banyak cerita tentang si bungsu. Lalu tentang Panji, banyak yang mengatakan jika pria 31 tahun ini sedang merintis karirnya di bidang penerbangan.

Potret bahagia keluarga sang menteri. Panji ada di belakang dengan atasan hitam [Image Source]
Potret bahagia keluarga sang menteri. Panji ada di belakang dengan atasan hitam [Image Source]
Panji adalah anak Menteri Susi dari buah pernikahannya dengan Yoyok Yudisuharyo yang berasal dari Pangandaran. Panji sendiri sudah menikah dan memiliki seorang putra yang masih lucu-lucunya bernama Armand. Sebagai anak pertama, tentu saja kedekatan Susi dengan Panji begitu erat. Bu Susi begitu sedih saat mengetahui bahwa Hilman dipanggil terlebih dahulu oleh Yang Maha Kuasa..

Kronologi Meninggalnya Panji Hilmansyah

Panji, menurut Susi selalu rutin mengucapkan selamat ulang tahun padanya. Namun, hal tersebut tidak dilakukannya kali ini. Kebiasaan tersebut pun mengundang kecurigaan sang menteri. “Firasat saya mungkin, kenapa kok Hilman tidak telepon saya ucapkan selamat ulang tahun. Di luar kebiasaan dia,” begitu ungkap Susi.

Menteri Susi masih memproses kepulangan jenazah sang putra, namun rumah duka sudah mulai didatangi kerabat dan orang-orang terdekat [Image Source]
Menteri Susi masih memproses kepulangan jenazah sang putra, namun rumah duka sudah mulai didatangi kerabat dan orang-orang terdekat [Image Source]
Kecurigaan Susi pun berubah menjadi kecemasan. Benar saja, tak lama setelahnya Hilman dikabarkan meninggal di Florida. Istri Hilman yang tinggal di Pangandaran pun juga menaruh curiga lantaran sudah dua hari sang suami sulit untuk dihubungi. Jenazah Hilman sendiri telah direncanakan untuk dipulangkan. Namun, belum bisa dipastikan kapankah akan tiba di Indonesia.

Kenangan Terakhir Panji dan Sang Ibu

Dilihat dari penuturan Susi yang mengatakan kalau sang putra sulung selalu mengucapkan selamat ulang tahun, maka bisa disimpulkan jika hubungan keduanya begitu hangat. Dan berita kematian Hilman yang menurut banyak sumber didapatkan dari sahabat sang putra yang juga tinggal di Florida, membuat Menteri Susi dan keluarga besarnya sangat terpukul.

Nasihat soal berat badan jadi kenangan terakhir Susi kepada putra sulungnya [Image Source]
Nasihat soal berat badan jadi kenangan terakhir Susi kepada putra sulungnya [Image Source]
Susi masih belum bisa sepenuhnya percaya kalau sang putra sulung meninggal. Pasalnya, beberapa waktu sebelum ulang tahun, Menteri Perikanan ini sempat bersenda gurau dengan sang putra. Susi yang sempat bertemu dengan sang putra di New York pada tahun baru lalu mengatakan keresahannya soal berat badan Panji. “Saat itu, saya bilang turunkan berat badanmu, karena bobot badannya naik banyak,” ungkap sang menteri sambil menunjukkan emosi kesedihan mendalam.

Cita-Cita Panji Menjadi Pilot Jempolan

Ungkapan like father like son, mungkin bisa sedikit diplintir kalau melihat cerita hidup Susi Pudjiastuti dan putra pertamanya. Ya, sang putra sendiri mungkin termotivasi oleh ibunya dan akhirnya memilih jalan karir di bidang penerbangan, sama seperti Susi di masa lalu. Makanya, Panji memutuskan untuk ke Florida guna melakukan serangkaian tes serta tranining.

Cita-cita Panji untuk berkiprah di dunia penerbangan pun harus berakhir [Image Source]
Cita-cita Panji untuk berkiprah di dunia penerbangan pun harus berakhir [Image Source]
Sejauh ini, Panji sudah lolos written test. Langkahnya bisa dibilang mulus dan sedianya sang putra sulung akan segera melanjutkan tes berikutnya. Namun, takdir berkata lain. Cita-cita Panji harus terhenti sampai di sini karena umur yang tak memungkinkannya.

Semua hal pasti ada pelajarannya, termasuk kehilangan orang kesayangan. Bagi Menteri Susi, tentu saja hal ini membawa duka yang mendalam baginya, apalagi momennya hampir tepat di saat ulang tahunnya yang ke 51. Namun, kita tahu Menteri Susi seperti apa. Mudah-mudahan kejadian ini akan membuatnya makin hebat dan berdampak besar bagi Indonesia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA