Menguak Kisah Haru Ceko, Pria yang Nekat Tato Peta Indonesia di Seluruh Wajahnya

Nggak hanya wajahnya, semoga hatinya juga tertato NKRI.

oleh Aini Boom
15:00 PM on Sep 21, 2017

Pasti kita sering mendengar seseorang yang mengungkapkan rasa cintanya pada tanah air. Entah itu melalui kata-kata, lagu, puisi, atau upload foto bertema nasionalisme di sosial media. Nah, selain bukti dalam ungkapan ada juga yang bertindak nyata berbakti bagi negeri lewat prestasi di berbagai bidang seperti atlet, pekerja di institusi pemerintahan, atau pekerja seni.

Berbeda dari cara-cara di atas, seorang pria asal Makassar melakukan hal tak biasa dalam mewujudkan rasa nasionalisme pada tanah air. Pria yang kerap tampil dengan rambut gondrong tersebut mentato wajahnya dengan peta Indonesia. Bukan tanpa alasan, hal ini secara sadar ia lakukan demi terlihat jelas jadi dirinya sebagai bagian dari Indonesia.

Baca Juga
Inilah 5 Bukti Kalau Rusia Ngebet Banget Agar Bisa Jadi Teman Indonesia
Bak Terkena Sihir! 5 Wanita Cantik Dewasa Ini Punya Wajah dan Fisik Mirip Anak SD

Peta Indonesia di Wajah Ceko

Cheko [image: source]
Pertama kali diunggah oleh akun instagram @unyil.tattoo.gallery, seorang lelaki membuat heboh sebab di hampir seluruh wajahnya dipenuhi tato bergambar pulau-pulau di Indonesia. Pria bernama Abraham Anoya tersebut menato wajahnya dengan gambar kepulauan Indonesia lengkap dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari bagian bawah telinga sebelah kanan hingga ujung dahi sebelah kiri, pun kelopak matanya juga tak ketinggalan dihias tato. Pria yang akrab disapa Ceko ini pun mendadak ramai dibicarakan.

Identitas Kerap Dipertanyakan, Peta Diwajah Jadi Jawaban

Cheko [image: source]
Menurut Hanafi, Ceko nekat menato wajahnya lantaran bosan ditanya ‘orang mana’ oleh sebagian besar orang yang temuinya. Agar tak ditanya-tanya lagi, Ceko tak tanggung-tanggung menato bagian wajah yang memang mudah dilihat oleh semua orang.

Tato Peta Indonesia Pertama di Wajah

Hanafi, penato Cheko [image: source]
Jika dulu tren tato hanya di bagian tubuh  seperti pergelangan tangan, kaki, dan wajah, saat ini tato mulai umum di bagian wajah dan kepala. Hanafi pun mengaku kerap menato wajah dan kepala pelanggannya. Namun pemilik Unyil Tattoo Gallery di Jalan Mataram no. 10 Br Pamamoran, Kuta Bali mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kali pertama bagi dirinya menggambar peta Indonesia di hampir seluruh bagian wajah.

Tato Peta Indonesia di Wajah Tuai Pro Kontra

Cheko [jmage: source]
Melihat tato peta Indonesia di wajah Ceko, netizen pun memberikan beragam reaksi. Ada yang berpendapat bahwa tato tersebut keren, sebab wujud kecintaan Ceko kepada Indonesia. Ekspresi kekaguman salah satunya dituliskan oleh akun satyaadenayamoira, “Gokiiiiillll abissss”. Ada juga akun kulo.kangthoms yang menulis, “aku salut 100% padamu brother”. Selain bernama pro, ada juga netizen yang tidak membenarkan tindakan Ceko. Salah satunya akun norman_rushdy yang menulis komentar, “nasionalisme boleh, goblok jangan”.

Tato pulau Indonesia di wajah Ceko memang fenomenal di tengah banyaknya isu intoleransi di masyarakat. Namun jika dilihat dari berbagai segi mulai dari sisi keindahan hingga kebiasaan, tentu tak heran jika tato tersebut menjadi prokontra di masyarakat. Kalau kamu pribadi, suka nggak sih tato di wajah Ceko?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya
BACA JUGA