Idris, Pria Berpakaian Preman yang Bungkam Jamaah dan Imam di Riyadh dengan Suara Adzannya

Banyak orang yang terkecoh dengan penampilan Idris, bahkan salah satu Imam masjid di Riyadh

oleh Arief Dian
14:00 PM on May 30, 2017

Suara adzan memang sangat familiar di telinga para umat Islam. Lima kali dalam sehari, suara tersebut selalu berkumandang sebagai seruan dalam melaksanakan kewajiban. Oleh sebab itu diutamakan yang jadi muadzin adalah orang-orang yang memiliki suara merdu. Kalau yang adzan asal-asalan, yang ada malah jama’ah jadi enggan datang ke masjid.

Seperti halnya seorang muadzin di sebuah masjid di Riyadh, suaranya bisa disebut sangat menyejukkan hati para pendengarnya. Namun ada yang unik pada sosok muadzin ini, pasalnya dia berpakaian layaknya preman dan memiliki muka gahar. Jadi seperti apa kisah lengkap dari Idris si muadzin yang sempat bikin takjub Riyadh itu? Simak Ulasan Berikut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Pria berpakaian preman

Mungkin tidak ada yang mengira bahwa seorang kalau Idris ini adalah seorang muadzin di sebuah masjid di Riyadh. Dilihat dari penampilannya, sosok Idris ini lebih sering dianggap sebagai preman ketimbang orang alim. Dengan jaket kulit dan tampang yang lumayan sangar, ternyata pria ini memiliki suara emas saat mengumandangkan adzan.

Idris [image source]
Ternyata pria asal Filipina ini sudah sejak dulu ditunjuk sebagai seorang muadzin di negaranya, oleh karena itu bukan hal yang aneh jika banyak orang terkecoh dengan penampilah Idris. Bahkan imam masjid Hamzah bin Mutalib dibikin tertegun ketika melihat dan mendengar langsung saat adzan Idris berkumandang.

Sempat dikira suara rekaman

Uniknya, saat pertama kali mengumandangkan adzan, tidak ada satu orang pun yang percaya bahwa itu adalah suara lelaki bertampang preman tersebut. Malahan kebanyakan orang di sana mengira bahwa itu adalah suara azan dari kaset rekaman. Namun setelah datang ke masjid tersebut, semua orang dibuat tertegun melihat sosok yang adzan itu.

Ilustrasi Masjid [image source]
Ya, masih berpakaian lengkap dengan jaket jeansnya, Idris mengumandangkan adzan dengan suara sangat merdu. Akhirnya para jama’ah di sana mengabadikan pengumandangan adzan pria asal Filipina ini. Video pria ini sudah beredar di dunia maya dan bikin geger para netizen. Dan pada tahun 2013 lalu, Idris menjadi perbincangan di berbagai media Islam dan Internasional.

Sempat diwawancara oleh media setempat

Melihat kejadian langkah ini, beberapa orang sempat meragukan kebenaran berita ini. Ada yang tidak percaya dan sampai mengatakan kalau itu hanya suara rekaman. Oleh sebab itu beberapa media di Riyadh datang sendiri untuk meliput dan memastikan kabar tersebut.

Riyadh [image source]
Ternyata benarlah apa yang selama ini dikabarkan oleh masyarakat, lelaki bertampang preman ini memang sering menjadi muadzin di salah satu masjid yang ada di Riyadh. Apalagi diketahui fakta bahwa suara adzan di masjid tersebut selama ini tidak pernah seindah saat Idris mengumandangkannya. Jadi bukanlah hal yang aneh jika Idris sempat diragukan oleh banyak orang.

Pria asal Filipina yang mayoritas Katolik

Memang inilah yang paling menarik dari sosok Idris ini. Berasal dari negara yang mayoritas beragama Katolik, namun memiliki kemerduan suara saat melafalkan Alquran dan Adzan. Hal itu pula yang bikin imam masjid  di Riyadh itu kepincut dengan Idris. Pria asal Filipina ini sebenarnya sedang bekerja di daerah Al-Uraija, namun saat itu sedang memiliki waktu longgar dan datang ke masjid.

Imam masjid yang merasa takjub mempersilakannya untuk mengumandangkan adzan, dan benarlah apa yang selama ini dikira, suara Idris memang luar biasa. Akhirnya pria ini menjadi sangat viral di dunia maya akibat penampilan yang sangat kontras dengan suara adzan yang merdu.

Meskipun memiliki penampilan yang mirip preman ternyata Idris memiliki suara emas. Lagi, hal ini membuktikan kalau kita tidak boleh terkecoh oleh penampilan saja. Belum tentu kan orang-orang yang berpenampilan alim juga bisa seperti Idris, namun yang jelas pasti ada perjuangan panjang untuk mendapatkan suara indah seperti itu, apalagi semua dilakukan untuk memanggil sesama muslim beribadah, salut buat Idris.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA