4 Pidato Bung Karno Yang Membangkitkan Rasa Nasionalisme

oleh Febri
07:00 AM on Oct 25, 2015

“Yoo, ayoo, kita ganjang, ganjang Malaysia, ganjang Malaysia” bunyi suara lantang Bung Karno ketika berpidato di hadapan masyarakat saat Indonesia sedang berkonflik dengan Malaysia. Itu adalah sebagian dari pidato-pidato Bung Karno yang seketika bisa membangkitkan rasa nasionalisme.

Baca Juga : 7 Diktator Paling Gila Sepanjang Masa

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Bung Karno memang dikenal sebagai seorang orator ulung. Berbeda dengan presiden-presiden Indonesia setelahnya, yang berpidato berdasarkan teks yang sudah dibuatkan oleh staf. Pidato Bung Karno keluar secara spontan sehingga lebih merefleksikan keadaan yang sebenarnya. Berikut ini adalah beberapa pidato Bung Karno yang bisa membangkitkan semangat Nasionalisme.

1. Pidato Proklamsi

Dari sekian banyak pidato yang disampaikan oleh Bung Karno, pidatonya saat proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah pidato paling bersejarah. Sejak pidato itu disampaikan dan naskah proklamasi dibacakan, negeri ini akhirnya bisa bebas dari belenggu penjajah. Seruan dan kata-kata Soekarno pada saat perjuangan merebut kemerdekaan telah menyatukan segenap bangsa Indonesia di bawah satu bendera yaitu Merah Putih.

Pidato proklamasi [image source]

Tepatnya pada 17 Agustus 1945, Soekarno memberikan pidato pengantar sebelum membacakan teks proklamasi. Soekarno berkata “Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya.

Maka kami, tadi malam telah mengadakan musyawarah dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia dari seluruh Indonesia, permusyawaratan itu seia-sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita. Saudara-saudara! Dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah Proklamasi kami”

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA