5 Pesawat Pengintai Milik Amerika Paling Mematikan

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 8, 2015

Soal Alutsista, Indonesia harus segera berbenah diri dengan memensiunkan yang lama dan kemudian membeli atau membuat yang baru. Hal ini harus dilakukan karena beberapa negara sudah beberapa langkah di depan kita soal perlengkapan militer. Misalnya Israel, negara ini sudah menciptakan robot-robot militer dan drone tanpa awak yang bisa membombardir sebuah wilayah dengan cara dikendalikan lewat markas pusat mereka. Amerika pun sama, mereka memiliki deretan peralatan perang paling canggih di muka bumi, terutama soal pesawat pengintai.

Ya, negara adidaya ini memiliki deretan pesawat-pesawat pengintai paling mematikan yang pernah ada di Bumi. Tak hanya dibekali dengan deretan teknologi canggih yang belum tersentuh oleh kita, mereka juga dibekali dengan persenjataan kelas berat serta kecepatan gila yang membuatnya tak dapat dideteksi oleh satelit paling canggih sekalipun. Hal ini pula yang jadi alasan kenapa Amerika begitu sangat disegani dunia.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Berikut adalah deretan pesawat pengintai paling canggih andalan Paman Sam. Sebagai informasi, mungkin saja saat ini mereka terbang di atas kita dengan kecepatan yang super tinggi.

1. Stealth Black Hawk

Pada dasarnya, helikopter ini berbentuk seperti Black Hawk biasa. Hanya saja ia dimodifikasi ‘sedikit’ untuk misi-misi berbahaya termasuk pengintaian serta hit and run. Penggunaan kata Stealth di depannya juga bukan tanpa maksud. Helikopter ini konon memang bisa melesat sampai 200 kilometer per jam tanpa suara bising baling-baling sama sekali.

Stealth Black Hawk adalah helikopter tempur biasa. Hanya saja dibekali modifikasi canggih sehingga mampu membuatnya melesat bagai angin [Image Source]
Stealth Black Hawk adalah helikopter tempur biasa. Hanya saja dibekali modifikasi canggih sehingga mampu membuatnya melesat bagai angin [Image Source]
Stealth Black Hawk ini diketahui dipakai dalam penyergapan Osamah bin Laden di Pakistan, Mei 2011 lalu. Seorang saksi mata mengatakan jika sebuah Black Hawk tiba-tiba saja muncul tanpa disertai suara bising khas helikopter. Kendaraan ini mengangkut sekitar 25 anggota Navy Seals yang akhirnya membunuh Osamah. Pemerintah Amerika sendiri tutup mulut rapat-rapat soal helikoter ini. Namun dari bukti-bukti yang ada, dipastikan Stealth Black Hawk memang eksis.

2. Blackstar

Menurut rumor, Blackstar adalah pesawat pengintai Amerika yang telah digunakan sejak tahun 1980an bahkan mungkin sampai sekarang. Pesawat ini berbentuk seperti panah permainan dart yang lancip di depan dan melebar di belakang. Pesawat ini konon diluncurkan bersama roket ruang angkasa Amerika untuk kemudian mengorbit Bumi dengan tujuan pengintaian.

Pesawat ini mengorbit Bumi dan melakukan pengintaian dengan sempuna [Image Source]
Pesawat ini mengorbit Bumi dan melakukan pengintaian dengan sempuna [Image Source]
Lantaran ia terbang di ketinggian ekstrim, Blackstar sangat susah untuk dideteksi bahkan oleh satelit pengintai sekalipun. Sama seperti Stealth Black Hawk, keberadaan Blackstar hanya diketahui oleh orang-orang penting Amerika saja. Bahkan hampir tidak pernah ada saksi mata yang menemui kapan pesawat ini mengudara, membuat Blackstar dianggap imajinasi saja. Besar kemungkinan pesawat ini memang ada dan melakukan tugas pengintaian secara mulus selama beberapa dekade terakhir. Kalau tidak, bagaimana Amerika bisa mengetahui semua rahasia negara-negara di dunia bahkan bisa menyadap saluran telepon siapa pun di Bumi?

3. RQ-180

RQ-180 ini dikatakan oleh pemerintah Amerika Serikat sebagai pesawat pengintai paling canggih yang pernah ada. Setidaknya dari yang telah dibangun oleh negara sahabat Israel ini. Pemerintah Amerika sendiri mengatakan ini adalah pengembangan dari SR-71 Blackbird yang sudah mengudara selama beberapa dekade.

RQ-180 adalah versi terbaru dari pesawat pengintai SR-71 yang super canggih itu [Image Source]
RQ-180 adalah versi terbaru dari pesawat pengintai SR-71 yang super canggih itu [Image Source]
RQ-180 berbentuk seperti ikan pari tanpa ekor dengan sayap yang membentang hingga mencapai 39,6 meter. Pesawat ini konon dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi. Terutama di sisi pengintaiannya dengan menyematkan semacam radar dan juga perangkat elektronik untuk mencegahnya terdeteksi musuh. RQ-180 sendiri adalah pesawat tanpa awak dan bisa mengudara hampir 24 jam serta terbang dengan kecepatan hyper di ketinggian 17 kilometer. Berita buruknya, pesawat ini sudah diterbangkan untuk beberapa misi pengintaian saat ini.

4. X-37B

Pesawat ini merupakan hasil modifikasi dari pendahulunya X-40 yang dibuat oleh NASA. X-37B diterbangkan dengan sebuah roket untuk kemudian mengorbit Bumi. Misinya sendiri konon adalah space boomber. Belum diketahui apa spesifikasi tugasnya, mungkin untuk menghancurkan satelit-satelit milik musuh Amerika.

Belum diketahui apa misi dari X-37B ini. Namun dikatakan ia adalah pesawat intai yang sama seperti Blackstar yakni bertugas mengorbit Bumi [Image Source]
Belum diketahui apa misi dari X-37B ini. Namun dikatakan ia adalah pesawat intai yang sama seperti Blackstar yakni bertugas mengorbit Bumi [Image Source]
X-37B berbentuk seperti Boeing dengan badannya yang besar itu. Mekanisme kerjanya sama seperti Blackstar yakni dengan mengorbit Bumi. Pesawat ini konon akan bertahan selama setahun mengitari Bumi ini sebelum akhirnya kembali landing di Area 51 yang merupakan tempat paling rahasia milik Amerika.

5. Aurora

Aurora adalah pesawat tercanggih, tercepat, dan paling mematikan yang dimiliki Amerika. Pesawat ini pertama kali muncul dalam sebuah dokumen anggaran negara tahun 1985. Di sana disebutkan pendanaan untuk Aurora adalah sebesar $455 juta. Selain bukti dokumen, pesawat ini juga pernah tertangkap kamera tengah terbang pelan dengan meninggalkan semacam kepulan asap lurus.

Pesawat ini dikatakan mampu terbang hingga 6 ribu kilometer [Image Source]
Pesawat ini dikatakan mampu terbang hingga 6 ribu kilometer [Image Source]
Aurora berbentuk sangat sederhana yakni segitiga sama kaki. Meskipun demikian, mesin pesawat ini sudah mengadaptasi teknologi super canggih sehingga bisa melesat dengan kecepatan hypersonic. Seorang ahli mengatakan jika Aurora bisa mencapai kecepatan Mach 4 sampai 5,2 atau jika dikonversi bisa mencapai 6379 kilometer per jam.

Tidak disangkal memang jika Amerika memiliki perangkat militer paling wahid di dunia. Contohnya deretan pesawat pengintai ini. Beberapa negara bahkan tidak sanggup mengimbangi teknologi tersebut, mungkin terkecuali untuk Rusia yang saat ini juga mengembangkan perangkat militer yang sama gilanya. Bagaimana Indonesia? Meskipun masih aman-aman saja, bukan tidak mungkin nantinya negara kita akan membutuhkan yang seperti ini. Namun sayangnya pembelian pesawat pengintai mungkin akan terlalu mahal untuk kita. Bisa-bisa APBN akan habis sekaligus untuk memiliki satu atau dua pesawat mematikan itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA