in

Astaga, 5 Peringatan dari Masa Lalu Ini Nggak Dihiraukan dan Ternyata Beneran Kejadian!

Sepanjang sejarah, ada banyak cerita tentang orang-orang yang memprediksi akan terjadinya sesuatu. Yang namanya prediksi, kadang memang nggak selalu benar terjadi. Tapi ada kemungkinan peringatan yang disampaikan sebenarnya juga berdasarkan pengalaman atau kejadian serupa yang pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: 5 Fakta Letusan Gunung Krakatau yang Nyaris Bikin Dunia Mengalami Kiamat Kubra

Masalahnya, kadang peringatan seperti ini nggak terlalu diperhatikan dan malah dianggap remeh. Akibatnya kini beberapa masalah dan bencana benar-benar terjadi gara-gara nggak mau sedikit saja memperhatikan peringatan yang sudah diberikan.

1. Garis pantai Jepang dengan prasasti batu bertuliskan peringatan tsunami

Jepang dengan lokasi yang terletak di daerah cincin api memang selalu menjadi langganan gempa bumi. Karena lokasinya yang dikelilingi lautan, maka gempa kadang juga bisa mengakibatkan tsunami. Masalah seperti ini sudah ada sejak ratusan tahun sebelumnya, jadi masyarakat pada masa itu sudah mempersiapkan peringatan untuk anak cucunya kelak lewat beberapa buah prasasti batu.

[Image Source]
Batu peringatan tsunami [Image Source]
Di beberapa daerah yang dekat dengan pantai, ditemukan beberapa buah prasasti batu yang berusia ratusan tahun. Beberapa malah berusia sampai 600 tahun dengan ketinggian 3 meter. Prasasti itu memperingatkan agar penduduk nggak membuat rumah di daerah yang lebih rendah dari tempat batu-batu itu berada karena bahaya tsunami yang dulu pernah terjadi dan mungkin akan terjadi. Sayangnya di Aneyoshi, nggak banyak yang mengikuti peringatan itu. Jadi ketika tsunami menyapu wilayah tersebut pada 2011 lalu, sebanyak hampir 29 ribu jiwa menjadi korban.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Lembah Terindah di Indonesia Ini Akan Membuatmu Ngebet untuk Segera Mengunjunginya

Inilah 5 Gunung dengan Letusan Paling Dahsyat di Indonesia Sejak Ribuan Tahun yang Lalu