5 Perempuan Hebat Nan Membanggakan Indonesia yang Namanya Dikenal Sangat Harum di Dunia Internasional

Selain mereka, pasti masih banyak lagi nama perempuan luar biasa Indonesia di luar sana yang salah satunya mungkin kalian

oleh Faradina
08:00 AM on Jun 20, 2017

Hampir semua dari kalian pasti mengingat lagu fenomenal dengan lirik berbunyi ‘wanita dijajah pria sejak dulu.’ Anak zaman sekarang mungkin banyak yang kurang setuju ya bila mendengar penggalan lirik tersebut. Pasalnya di zaman serba maju ini peran seluruh komponen masyarakat sangat dibutuhkan, mau itu pria ataupun wanita. Ngomong-ngomong tentang perempuan sendiri, bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki banyak sosok luar biasa hebat. Sudahlah bila kita bicara tentang kepahlawanan RA Kartini atau Cut Nyak Dien, karena di masa sekarang penerus mereka pun makin banyak saja.

Kalau di buku sejarah anak-anak sekolah mungkin salah satu nama perempuan kenamaan Indonesia yang dikenal namanya di dunia internasional adalah Ibu Fatmawati. Namun jauh di luar buku tersebut kita masih memiliki banyak nama perempuan Indonesia yang namanya mendunia. Mungkin lima sosok di bawah ini bisa jadi contohnya. Orang-orang yang belum banyak kalian kenal tapi sudah malang melintang membanggakan Indonesia di kancah dunia.

Baca Juga
Berjuang Hingga Titik Darah Penghabisan, Lolyta, Pengidap Kanker Langka Kini Telah Dipanggil Tuhan
Masih Ingat Fidelis yang Dipenjara Gara-gara Menanam Ganja untuk Sang Istri? Begini Kabarnya Sekarang

Ainun Habibie

Siapa yang tidak mengenal sosok tangguh Hasri Ainun Besari atau biasa dikenal dengan nama Ainun Habibie. Perempuan yang memiliki gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini merupakan satu sosok inspiratif yang dikenal sebagai pendamping BJ Habibie. Mengenai kisah cinta Habibie dan Ainun pun nampaknya hampir semua masyarakat Indonesia sudah khatam melalui tiap lembaran buku maupun cuplikan filmnya ya.

Ainun Habibie [image source]
Nama Ainun ternyata tidak hanya dikenang luar biasa di negara kita tetapi juga di wilayah Eropa tempatnya bersama suami tinggal bertahun-tahun. Baru-baru ini ada sebuah berita menggembirakan tentang akan tampilnya sebuah pertunjukan opera bertajuk ‘AINUN’ di Eropa. Pertunjukan yang digagas oleh PT Opera Ainun Inc ini rencananya akan terlebih dahulu ditampilkan di Jakarta akhir tahun nanti. Dan di awal tahun depan Opera Ainun akan diboyong menuju Berlin, Wina, Amsterdam, sampai Paris. Tentu berita ini menjadi sangan heboh karena itu artinya opera ini akan sejajar dengan berbagai pertunjukan internasional seperti Phantom of the Opera sampai Hamlet.

Sri Mulyani

Meski gelarnya bukan ibu negara nomer satu, tentu kita semua setuju bahwa Sri Mulyani adalah salah satu perempuan Indonesia yang patut diacungi sebanyak mungkin jempol. Dr. Sri Mulyani Indrawati memang termasuk salah satu orang yang memiliki karir cukup ironis di Indonesia. Di mana sang jenius sempat ‘diabaikan’ oleh negara sebelum kembali mengambil peranan penting sebagai menteri di kabinet Presiden Jokowi.

Sri Mulyani [image source]
Ada banyak sekali penghargaan bertaraf internasional yang diterima oleh wanita ini, salah satunya Madhuri and Jagdish N. Sheth International Alumni Award dari University of Illinois in Urbana-Champaign (UIUC). Beliau juga sangat membanggakan Indonesia saat diberi tanggung jawab untuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Memang Ibu Sri tak boleh dilewatkan jika kita bicara tentang wanita hebat di tanah air.

Evvy Kartini

Wah dari namanya saja bisa dikira-kira bahwa perempuan yang satu ini tak jauh berbeda dengan pejuang emansipasi Indonesia ya. Evvy Kartini ini juga merupakan salah satu perempuan yang mengawali karya besarnya di negara Jerman, tepatnya di Berlin pada 1990. Saat itu Evvy yang masih magang di Hahn Meitner Institute (HMI) menemukan penghantar listrik berbahan gelas.

Prof. Evvy [image source]
Perlu diketahui juga Evvy merupakan seorang akademisi tingkat internasional yang memiliki gelar paling langka di dunia yaitu Prof Dr. rer. nat. Evvy Kartini. Bayangkan saja di dunia ini hanya ada sekitar 10 orang saja ahli nuklir di dunia yang memiliki gelar tersebut. Sejak penemuannya waktu magang dikenalkan dalam sebuah konferensi internasional di Jepang, nama Profesor Evvy mulai bertebaran di banyak jurnal internasional. Tak hanya itu beliau juga aktif berkolaborasi dengan berbagai peneliti internasional. Si ahli nuklir wanita ini sekarang menjalani hari-harinya sebagai kepala peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Rini Sugianto

Nama Rini Sugianto mungkin terdengar asing bagi kalian. Namun jika kalian mengaku penggemar film-film ternama seperti The Adventures of Tintin, The Hunger Games: Catching Fire, Avengers: Age of Ultron, maupun Teenage Mutant Ninja Turtles, maka wajib hukumnya mengenal sosok wanita tersebut. Pasalnya Rini Sugianto ini merupakan salah satu animator serta visual effect yang turun tangan dalam pembuatan film kelas dunia tersebut.

Rini Sugianto [image source]
Perempuan yang awalnya mempelajari arsitektur ini kemudian memilih melanjutkan pendidikan di San Fransisco sebelum kemudian mendapat panggilan sebagai character animator di New Zealand. The Avengers merupakan karya pertama Rini yang bisa dibilang brilian. Dan ternyata perempuan ini juga melakukan pelatihan animasi online untuk junior-juniornya di Indonesia lho. Kacang nggak lupa kulitnya nih.

Jessica Kholinne

Kalau Nama Rini Sugianto dikenal sebagai animator di film-film sukses Hollywood, berbeda lagi dengan Jessica Kholinne. Jessica mungkin lebih familiar namanya di kalangan penikmat komik Marvel. Si cantik Jessica ini merupakan salah seorang freelance color colorist serta digital artist untuk Marvel Comics sejak tahun 2010 lho.

Jessica [image source]
Komik bertajuk X-Treme X-Men & Journey into Mystery merupakan contoh karya ilustrator kebanggaan Indonesia ini dari segi pewaranaannya. Bisa dibilang tidak begitu sulit bagi Jessica bergabung dalam vendor sebesar Marvel, karena hanya berbekal pengalaman serta portofolio saja perempuan ini berhasil membuat perusahaan tersebut jatuh hati akan karyanya.

Siapa bilang perempuan Indonesia hanya jago di dapur saja. Buktinya lima wanita di atas membuktikan bahwa dengan sisi mereka yang lain dari yang lain, mereka mampu menciptakan ‘dapur’ sendiri. Tentu masih banyak nama anak muda maupun para profesional perempuan lain yang berasal dari Indonesia dan sudah menelurkan karya kebanggaan di negara lain. Dan yakinlah bahwa akan ada penerus mereka yang juga akan mendunia, kamu bisa jadi salah satunya lho!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA