Perbandingan Kekayaan 5 Petinggi DPR Indonesia, Ada yang Sampai Ratusan Miliar Loh

Selain karena gaji yang besar, juga karena adanya usaha dan investasi jadi wajar kalau jumlahnya segitu

oleh Arief Dian
17:00 PM on Sep 10, 2017

Tidak bisa dipungkiri kalau menjadi seorang politikus memang kadang dekat dengan yang namanya kekayaan. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak yang berharap bisa kecemplung di dunia politik. Baik jadi anggota dewan atau pun para menteri pembantu presiden.  Sudah dapat gaji besar, memperoleh fasilitas pula, siapa coba yang tidak mau.

Bicara soal gaji para wakil rakyat yang memang besar, kira-kira berapa sih harta mereka? Ternyata jumlahnya bakal bikin kamu kaget loh, soalnya ada yang sampai ratusan miliar. Tentu itu bukan hanya dari gaji saat menjabat namun adanya usaha sampingan pula. Agar tidak penasaran, berikut perbandingan harta para petinggi DPR.

Baca Juga
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang

Harta Setya Novanto yang luar biasa banyak

Siapa yang tak kenal dengan tokoh politik yang satu ini, karirnya di DPR memang sangat luar biasa. Apalagi dirinya menjabat menjadi seorang ketua DPR. Namun sayang, karir yang tinggi itu harus diganjal oleh kasus korupsi E-KTP yang sempat dituduhkan kepadanya.

Setya novanto [image source]
Beberapa waktu yang lalu KPK membeberkan mengenai rincian harta tokoh politik yang satu ini dan dijamin bikin kamu melongo. Ya, rupanya harta milik ketua DPR ini mencapai 114 Miliar loh, termasuk harta bergerak maupun tidak bergerak. Mulai dari tanah dan bangunan yang sangat luar hingga deretan mobil mewah sekelas Alphard, Vellfire dan lain-lain. Dengan uang sebanyak itu, kira-kira dua kecamatan bisa pesta sate ayam bersama kali yak.

Wakil ketua juga tak kalah tajir

Memegang jabatan sebagai wakil DPR, ternyata sosok yang satu ini juga punya kekayaan yang luar biasa. Tokoh politik yang satu ini memang dikenal sangat rajin menyetorkan jumlah kekayaannya kepada KPK. Dari data tahun 2014 lalu politikus ini memiliki harta sebanyak Rp 7,45 Miliar loh.

fahri hamzah [image source]
Itu sudah termasuk berbagai jenis bangunan, usaha hingga mobil-mobil mewah seperti Alphard dan lain-lain. Nominal itu bukan angka yang aneh pasalnya dirinya memang punya banyak tanah dan bangunan di Jakarta Selatan yang tentu tiap tahunnya harganya juga naik pula.

Fadli Zon dengan berbagai koleksi luar biasanya

Kader partai Gerindra ini sampai saat ini masih belum melaporkan secara jelas mengenai total harta kekayaan yang dimilikinya kepada KPK. Namun bukan berarti Fadli Zon bukan orang yang tidak berada, pasalnya pria yang satu ini ternyata memiliki koleksi yang cukup banyak. Ya, Fadli Zon mengaku sangat suka mengoleksi keris langkah, tentu dengan harga yang variatif pula.

fadli zon [image source]
Mulai dari jutaan hingga puluhan juta ia miliki. Selain itu, tokoh politik yang satu ini juga gemar koleksi mobil loh, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta. Dengan beragam koleksi seperti itu, bukan hal yang aneh kalau dia masuk daftar orang tajir.

Mantan ketua DPR yang masih banyak hartanya

ade komarudin [image source]
Mantan ketua DPR periode sebelumnya, Ade Komarudin ternyata juga memiliki harta yang lumayan banyak pula. Ya, sayangnya dirinya juga terjerat mengenai isu kasus korupsi E-KTP. Namun terlepas dari semua itu, ternyata pria yang satu ini harta mencapai Rp 1,3 Miliar loh. Harta tersebut didapat dari berbagai barang dan logam mulai yang dia miliki. Namun itu merupakan data laporan 2014, bisa saja kekayaannya berkurang ataupun bertambah hingga saat ini.

Kader Demokrat ini juga tergolong tajir

Ternyata harta yang lumayan banyak juga dimiliki oleh salah satu kader partai dengan warna biru ini. Ya, sosok Agus Hermanto memang telah menjabat di kursi DPR selama beberapa tahun dan karirnya pun juga lumayan cemerlang.

agus hermanto [image source]
Namun ternyata di balik semua itu, Agung Hermanto tenyata memiliki harta mencapai Rp 8,46 Miliar. Jumlah itu didapat dari total semua kekayaan baik tanah, bangunan bahkan mobil mewah sekelas Madza. Selain itu dia juga diketahui memiliki banyak investasi serta usaha yang luar biasa. Kaya memang ya pria yang satu ini, kalau buat beli kuaci, uang 8 Miliar bisa cukup untuk berapa tahunnya?

Itulah perbandingan kekayaan beberapa petinggi DPR Indonesia. Ternyata selain menjabat sebagai wakil rakyat mereka juga punya banyak usaha sampingan dan investasi, jadi bukan hal yang aneh kalau uangnya sebanyak itu. Semoga dengan uang banyak itu, mereka jadi lebih giat untuk membela hak-hak dari rakyat.

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA