Inilah 5 Perang Bersenjata Kimia dan Gas Beracun Terparah di Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 27, 2016

Dalam perang, segala hal mengerikan bisa terjadi dengan sangat cepat. Bahkan kematian manusia dianggap sebagai hal biasa dan tak perlu dipermasalahkan. Seperti yang terjadi pada perang yang menggunakan senjata kimia ini. Negara yang notabene kuat justru menembakkan senjata berbahaya itu hingga ribuan nyawa melayang dengan sangat cepat.

Perhatikan baik-baik lima perang di bawah ini. Anda akan mendapati betapa mengerikannya perang yang terjadi di bumi ini. Nyawa manusia seperti tidak ada harganya. Dan kemanusiaan adalah hal yang sangat langka. Mari kita simak bersama-sama perang bersenjata kimia dan gas beracun terparah di dunia ini.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Perang Suriah Kuno

Banyak yang mengatakan jika perang menggunakan senjata kimia berupa gas beracun dilakukan pada tahun 1915. Namun baru-baru ini arkeolog menemukan fakta yang cukup mencengangkan. Perang pertama yang menggunakan gas beracun sebagai senjatanya justru terjadi pada tahun 256 masehi. Atau nyaris 2.000 tahun yang lalu di sekitar Suriah modern.

Perang Suriah Kuno [image source]
Perang Suriah Kuno [image source]
Dalam penelitian ditemukan bahwa ada 20 pasukan yang mati karena zat kimia. Di dalam tubuh mereka ditemukan adanya kristal belerang dan bitumen yang menghasilkan gas yang sangat beracun. Gas ini kemungkinan disemburkan dan membuat mereka tak berdaya hingga meregang nyawa.

2. Serangan Gas Saddam Husein

Saat Saddam Husein masih berjaya, ia pernah melakukan tindakan mengerikan dalam perang melawan Iran dan orang-orang Kurdi. Ia menyuruh 20 pesawat menjatuhkan bahan kimia berbahaya di pemukiman orang Kurdi yang terletak di wilayah Irak. Akibatnya. 5.000 orang yang mayoritas anak-anak langsung meninggal di tepat dalam kondisi yang sangat mengerikan.

Serangan Gas Saddam Husein [image source]
Serangan Gas Saddam Husein [image source]
Serangan gas yang dilakukan oleh Saddam ini adalah buntut dari keinginan warga Kurdi untuk memiliki wilayah sendiri. Akhirnya Saddam marah dan ingin menghancurkan semua orang yang membangkang apa pun caranya. Akhirnya orang Kurdi pergi dari wilayah yang diklaim itu bersama dengan tentara dari Iran.

3. Serangan Ghouta

Konflik di Suriah seperti tidak ada habisnya. Sejak dimulai pada tahun 2011 silam, perang ini telah menyebabkan kematian hingga 470.000 orang. Selain itu perang juga menyebabkan lebih dari 7,6 juta orang mengungsi keluar dari Suriah. Salah satu kejadian paling mengerikan dari perang yang terjadi di Suriah adalah adanya serang senjata kimia yang diketahui adalah bahan Sarin.

Serangan Ghouta [image source]
Serangan Ghouta [image source]
Setidaknya 1.000 orang yang kebanyakan wanita dan anak-anak langsung meninggal di tempat. Pemerintahan dari Presiden Assad menggunakan strategi licik ini untuk membuat pasukan musuh mundur. Namun apa yang ia lakukan justru membuat banyak warganya mati dengan cara mengerikan. Penyerangan ini adalah bukti jika Suriah sudah mengalami krisis kemanusiaan yang sangat parah.

4. Serangan Amerika Saat Perang Vietnam

Saat terjadi Perang Vietnam, Amerika banyak sekali melakukan hal mengerikan yang salah satunya adalah meracun penduduk. Mereka menyemprotkan setidaknya 20 juta galon cairan yang mengandung partikel beracun. Awalnya hal ini dilakukan untuk membuat Vietcong keluar dari persembunyiannya. Namun lambat laun membuat warga yang berada di sekitar lokasi jadi mati dengan cara yang sangat mengerikan.

Serangan gas di Vietnam [image source]
Serangan gas di Vietnam [image source]
Ternyata racun yang terkandung dalam cairan itu adalah arsenik. Jika partikel itu masuk ke dalam tubuh maka manusia akan mengalami keracunan yang cukup parah, bahkan mati dengan instan. Diperkirakan korban meninggal dari kejadian mengerikan ini mencapai 500.000 orang.

5. Serangan Gas di Tokyo Jepang

Serangan kali ini dilakukan oleh kelompok bernama Aum Shinrikyo. Kelompok ini melakukan ledakan di kereta bawah tanah Jepang. Mereka ingin membuat banyak sekali orang di Tokyo meninggal dunia sesuai dengan pandangan keyakinan mereka. Akhirnya mereka menggunakan gas sarin di kereta bawah tanah dan menyebabkan 13 orang meninggal dunia.

Serangan gas Tokyo [image source]
Serangan gas Tokyo [image source]
Dalam kasus ini 6.000 orang mengalami luka-luka dan harus masuk rumah sakit. Kejadian ini membuat Jepang murka dan akhirnya memburu Aum Sinrikyo sampai dapat. Bahkan pimpinan sekte sesat ini tertangkap dan harus rela mendapatkan hukuman mati.

Inilah lima perang bersenjata kimia dan gas beracun terparah dalam sejarah. Perang ini mengakibatkan banyak sekali penduduk menderita dan mati dengan cara yang mengerikan. Apa komentar sobat Boombatis mengenai lima kejadian di atas?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA