in

Inilah 5 Hewan Cantik yang Sebentar Lagi Mungkin Akan Jadi Sejarah

Kembali ke beberapa masa yang lalu, Bumi pernah jadi tempat tinggal hewan-hewan cantik nan eksotis. Sayangnya, hari ini mereka sudah jadi cerita-cerita saja karena telah punah lantaran banyak hal, terutama perburuan yang dilakukan oleh manusia. Hari ini, masalah kepunahan tersebut tetap ada bahkan mengancam lebih banyak lagi hewan-hewan langka yang lain.

Beberapa jenis hewan kini hanya berjumlah sedikit sekali. Jika mereka semua mati atau gagal beranak pinak, maka bisa dipastikan makin banyak lagi binatang yang berakhir pula menjadi sejarah. Sangat disayangkan kalau sampai terjadi karena sebenarnya kita dimampukan untuk menjaganya.

Berikut adalah beberapa jenis hewan  yang tengah dihadapkan dengan masalah kepunahan serius. Jumlah mereka sungguh sedikit dan menjadi yang terakhir di Bumi. Simak ulasannya berikut.

1. Iberian Lynx, Predator Cantik yang Jumlahnya Makin Miris

Tidak banyak yang tahu jika selama ini daerah liar di Spanyol dihuni oleh hewan cantik bernama Iberian Lynx. Secara fisik hewan ini mirik Lynx pada umumnya, namun Iberian Lynx memiliki semacam bulu leher yang eksotis. Sayangnya, hewan unik ini sekarang jumlahnya sangat miris. Hanya terdapat sekitar 100an Iberian Lynx yang masih ada di dunia.

Iberian Lynx [Image Source]
Iberian Lynx [Image Source]
Beberapa tahun lalu, Lynx ini berjumlah tak kurang dari 400an ekor. Namun perburuan manusia serta terdesaknya habitat mereka membuat kuantitasnya makin turun. Diprediksi, jika tidak ada penanganan serius dari pemerintah, Iberian Lynx mungkin akan punah dalam hitungan tahun.

2. Badak Jawa, Spesies Indonesia Paling Terancam Eksistensinya

Badak Jawa adalah spesies yang sangat rentan punah. Saat ini jumlahnya sendiri hanya sekitar 60 ekor di alam liar. Kabar buruknya, Badak Jawa kerap mati lantaran penyakit dan susah untuk berkembang biak. Ini jadi semacam alarm kalau tak lama lagi kita mungkin kehilangan spesies ini untuk selamanya kalau tidak ada aksi nyata dari pemerintah.

Badak Jawa [Image Source]
Badak Jawa [Image Source]
Dulu Badak Jawa berjumlah cukup banyak. Namun, perburuan gila-gilaan menyebabkan jumlahnya turun drastis hingga akhirnya akan punah seperti ini. Konon Badak diburu hanya untuk tanduknya yang dianggap sebagai obat mujarab. Sungguh keji!

3. Serigala Merah Amerika Juga Terancam Musnah

Red Wolf atau serigala merah ini juga tengah menghadapi masalah yang sama yakni kepunahan. Percaya atau tidak, saat ini di alam liar jumlah mereka hanya sekitar 20 ekor saja untuk jenis serigala merah yang benar-benar asli.

Red Wolf [Image Source]
Red Wolf [Image Source]
Saat ini pemerintah Amerika benar-benar melakukan usaha maksimal agar spesies super langka ini tidak punah. Salah satunya misalnya dengan memberi mereka tempat yang sangat luas. Untungnya, sepertinya usaha ini berhasil membuat serigala merah mengalami peningkatan jumlah yang signifikan.

4. Lumba-Lumba Sungai Yangtze, Jumlahnya Hanya Hitungan Jari

Sungai Yangtze di Tiongkok adalah rumah asli bagi lumba-lumba lokal di sana. Sayangnya, makin lama keberadaan lumba-lumba ini makin langka. Percaya atau tidak, hari ini jumlah mereka hanya sekitar sepuluh saja!

Lumba-lumba Sungai Yangtze [Image Source]
Lumba-lumba Sungai Yangtze [Image Source]
Alasan yang membuat lumba-lumba ini perlahan musnah adalah karena terbatasnya ruang gerak mereka di habitat asli. Sungai Yangtze sepenuhnya dikuasai manusia untuk kegiatan sehari-hari mereka. Belum lagi pembangunan dam-dam sepertinya juga makin membuat lumba-lumba yang dinamakan Baiji oleh orang setempat ini makin merasa terkungkung dan tidak bisa hidup bebas.

5. Kura-Kura Raksasa Pulau Pinta, Satu-Satunya yang Masih Tersisa di Bumi

Jika ada hewan yang menghadapi kepunahan secara nyata, maka ia adalah kura-kura raksasa satu ini. Alasannya sudah tentu karena jumlahnya hanya satu saja di dunia. Ketika kura-kura ini meninggal, maka kita hanya akan bisa melihatnya di buku dan internet saja.

Kura Kura Raksasa Pulau Pinta [Image Source]
Kura Kura Raksasa Pulau Pinta [Image Source]
Kura-kura ini sendiri konon sudah dinyatakan punah di tahun 1970. Hingga seorang petugas hutan setempat menemukan satu lagi. Sayangnya, dengan jumlah yang hanya satu ekor di dunia, tentu saja sangat susah untuk menjaga eksistensinya. Petugas setempat pun melakukan berbagai cara termasuk dengan mencari pasangan lain dari jenis kura-kura ini meskipun hal tersebut seakan mustahil.

Seandainya saja dulu manusia tidak melakukan perburuan gila dan menekan eksistensi para hewan ini, maka sekarang keadaannya akan sangat lain. Ya, mungkin saja jumlah hewan-hewan langka ini bisa lebih banyak lagi. Hal yang sudah terjadi biar jadi pelajaran, yang jelas hewan-hewan di atas butuh untuk makin dilindungi agar tidak terancam punah untuk selamanya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Inilah 5 Perang Bersenjata Kimia dan Gas Beracun Terparah di Dunia

Dalam 5 Daftar ini, Malaysia Lebih Sangar Dibandingkan Indonesia