5 Skenario yang Menyebabkan Bumi Mengalami Perang Dunia ke-III

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 19, 2015

Perang Dunia ke-II telah usai sejak tahun 1945 silam. Sekutu memenangkan peperangan melawan pihak poros dengan ditandai ledakan bom di Hiroshima dan Nagasaki. Setelah itu Jepang menyatakan kalah dan seluruh negara yang dijajahnya dikembalikan kepada koloni sebelumnya. Indonesia juga ambil bagian dalam peristiwa ini meski bukan sebagai negara yang ikut perang.

Berpuluh tahun berselang. Perang kembali mengguncang bumi ini. Salah satunya adalah perang di Timur Tengah yang tak juga usai. Kini muncul ISIS yang membuat dunia panas dingin akibat aksi terorisnya. Dunia pun mulai panas dengan propaganda di mana-mana. Lantas akankah ada perang dunia ke-III?

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Well, kita memang tidak menginginkan perang ini. Namun jika sampai terjadi bagaimana skenarionya? Berikut lima skenario yang mungkin mengakibatkan bumi mengalami masa-masa sulitnya lagi!

1. Korea Utara Melawan Dunia

Satu kelebihan yang dimiliki oleh Korea Utara adalah kemampuannya untuk melakukan provokasi. Terlebih dipimpin oleh Kim Jong-un yang memiliki reputasi buruk di dunia. Korea Utara selalu terlibat kasus-kasus mengerikan yang membuat negara sekitar geram. Sebut saja Jepang dan Korea Selatan. Tak terhitung lagi berapa banyak penduduk yang diculik oleh pihak intelijen Korea Utara.

Korea Utara Melawan Dunia [image source]
Korea Utara Melawan Dunia [image source]
Program niklir yang dimiliki oleh Korea Utara juga merupakan borok bagi dunia. Jika negara ini bergerak sedikit saja, maka negara di kawasannya bisa hancur karena senjata nuklir. Saat ini mungkin Korea Utara masih melakukan provokasi saja. Namun di masa depan bukan tidak mungkin mereka melakukan perang dengan musuh semua negara di dunia.

2. Rusia Melawan Dunia

Rusia adalah salah satu negara dengan kekuatan militer paling hebat di dunia. Kekuatannya sebanding dengan apa yang dimiliki oleh Amerika. Mengetahui hal ini Rusia kerap mencoba mengail di air yang keruh. Ia beberapa kali mencoba menarik perhatian dunia dengan aksi serangannya pada negara tetangga. Pada tahun 2008 Rusia menyerang Georgia, namun hanya sedikit sangsi yang diberikan oleh negara di dunia.

Rusia Melawan Dunia [image source]
Rusia Melawan Dunia [image source]
Mengetahui hal ini, Rusia kembali membuat uji coba dengan menyerang Ukraina. Kali ini banyak negara memberikan sangsi, bahkan lembaga besar seperti PBB, NATO, dan Uni Eropa juga bertindak. Sayangnya mereka hanya memberi sangsi tanpa mau menyelesaikannya. Hal ini menimbulkan spekulasi jika Rusia akan melakukan serangan ke beberapa negara dan dunia akan mulai bergerak untuk menghentikannya. Amerika yang sensi dengan negara ini akan menjadi dalang untuk menghentikan pergerakan Rusia.

3. Kekacauan Timur Tengah yang Mendunia

Masalah Timur Tengah adalah masalah paling rumit saat ini. Mulai dari Al-Qaeda, ISIS, penyerangan Israel ke Palestina, Nuklir Iran, hingga masalah regional lainnya. Belum lagi ada dugaan Amerika ingin memecah belahan kawasan yang kaya akan kandungan minyak. Perang bisa pecah dengan besar-besan dan akibatnya akan menyebar secara global.

Kekacauan Timur Tengah yang Mendunia [image source]
Kekacauan Timur Tengah yang Mendunia [image source]
Jika Iran menggunakan nuklirnya maka Amerika akan segera bergerak. Negara sekutunya akan ikut andil. Kekacauan di Timur Tengah akan menyebabkan ketegangan di seluruh dunia terutama di negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam. Indonesia pun mungkin mau tidak mau akan ikut terlibat. Entah sebagai pihak pendamai atau mengirim bantuan untuk misi kemanusiaan.

Jika Timur Tengah pecah perang, minyak dunia akan krisis. Efek baru akan muncul dan menyusahkan banyak sekali orang.

4. Aliansi China dan Rusia Melawan Negara Barat

Seperti yang kita tahu jika saat ini kekuatan militer Rusia berada di no.2 dan China berada di no.3. Selain itu dua negara super besar ini juga melakukan kerja sama bidang perminyakan yang nilainya fantastis. Rusia memiliki sensi besar dengan Amerika dan kroninya. Sedangkan China juga melakukan hal yang sama. Di masa depan bukan tidak mungkin dua negara hebat ini bekerja sama untuk melakukan invasi ke negara barat.

Aliansi China dan Rusia Melawan Negara Barat
Aliansi China dan Rusia Melawan Negara Barat [image source]
Kekuatan militer dua negara ini akan membuat dunia berguncang. Amerika dan sekutunya bisa pontang-panting tak berdaya. Akibatnya perang skala global akan pecah dan menyebabkan dunia kacau. Perang dunia ke-III benar-benar jadi kenyataan dan tak hanya sebuah teori saja.

5. Pertarungan China, Jepang, dan Korea Selatan Perebutkan Kawasan Udara

Negara dengan penduduk yang sebenarnya serumpun: China, Jepang, dan Korea Selatan ternyata tak pernah akur. Ada saja hal-hal yang diklaim hingga membuat mereka saling panas hingga serangan kerap dilancarkan. Salah satu hal yang menjadi pemicu pertikaian ini adalah masalah klaim pertahanan udara. Mere berebut tempat di udara untuk melindungi negara dan jalur transportasi strategis.

Militer China yang kuat [image source]
Militer China yang kuat [image source]
Jika permasalahan ini tak juga menemukan titik temu. Maka perang akan terjadi dan mengakibatkan negara lain terlibat. China mungkin akan membawa Rusia yang secara tidak langsung adalah sekutunya. Sedangkan Korea Selatan mungkin akan meminta bantuan Amerika dan Jepang mungkin sendirian saja. Perang ini akan membesar dan menyebabkan banyak kawasan di dunia terpengaruh.

Lima skenario di atas bisa jadi benar atau pun tidak. Namun kita semua berharap jika di masa depan tidak akan ada perang lagi. Karena perang hanya membawa kesengsaraan yang tidak ada habisnya. Kita semua tidak mau jika nyawa kita yang tak ternilai hanya dihargai dengan sebutir peluru!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA