in

10 Foto Ini Membuktikan Bahwa Peradaban Indonesia Cerdas

Kitab Negarakertagama (c) indonesiatravel
Kitab Negarakertagama (c) indonesiatravel

Negara Indonesia terbentuk dari ratusan kerajaan yang akhirnya bernaung di bawah satu kedaulatan. Tak heran jika  sejak ribuan tahun yang lalu negeri ini memiliki kebudayaan yang kaya dan beragam.  Tahu nggak sih kalau nenek moyang kita dulu ternyata sudah mengenal banyak teknologi?

Hal ini dibuktikan dengan ditemukanya berbagai macam benda purbakala peninggalan peradaban masyarakat Indonesia. Sampai saat ini usaha untuk menggali dan mengungkap kejayaan peradaban Nusantara tetap dilakukan. Berikut ini adalah foto-foto yang membuktikan betapa cerdasnya nenek moyang bangsa Indonesia membangun peradabannya

Teknologi Pengairan (c) kaskus
Teknologi Pengairan (c) kaskus

Penerapan teknologi pengairan sudah diterapkan oleh kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia tidak kalah dengan peradaban kuno di negara lain. Hal ini terlihat dari patung Makara (ikan berkepala gajah) di candi Borobudur selain untuk keindahan juga berfungsi sebagai talang air

candi tikus (c) wikipedia
candi tikus (c) wikipedia

Candi Tikus menerapkan sistem pengairan yang berfungsi sebagai pengatur debet air.  Situs ini mengalirkan air ke sungai-sungai ketika melebihi batas melalui kanal-kanal bawah tanah. Kita ketahui umumnya sistem kanal bawah tanah diterapkan di negara barat dan ternyata kerajaan Majapahit sudah menerapkan hal itu.

Ratu Boko (c) yukpiknik
Ratu Boko (c) yukpiknik

Kompleks situs istana Ratu Boko di Kabupaten Sleman Yogyakarta membuktikan bahwa masyarakat kuno Nusantara sudah mengenal sistem pemusatan pemerintahan di ibukota kerajaan. Tata letak istananya pun tersusun sacara rapi dan simetris menunjukkan kemajuan pengukuran dan arsitektur yang menyaingi peradaban negara lain.

Gunung Padang Cianjur (c) wikipedia
Gunung Padang Cianjur (c) wikipedia

Situs Gunung Padang Cianjur, peninggalan purbakala ini diklaim lebih tua dari peradaban Machu Picchu Peru.  Bayangkan saja, untuk membangun hingga puncak gunung tentu menjadi pekerjaan berat namun masyarakat saat itu mampu melakukannya. Berarti mereka telah memiliki teknologi yang canggih bukan?

Kitab Negarakertagama (c) indonesiatravel
Kitab Negarakertagama (c) indonesiatravel

Kitab Negarakertagama di buat pada abad ke 13 pada masa Kerajaan Majapahit. Dalam kitab ini berisi petunjuk bagi para raja dalam hal mengatur kesejahteraan rakyatnya. Negara lain tidak ada yang memiliki dokumentasi sejarah selengkap ini, membuktikan kalau kerajaan-kerajaan di Indonesia sudah maju dan berpendidikan.

Candi Sukuh (c) marketeers
Candi Sukuh (c) marketeers

Ada satu kesamaan antara peradaban Meksiko dan Indonesia. Letak persamaan tersebut adalah ditemukannya bangunan Candi di desa Berjo Kabupaten Karanganyar yang mirip dengan Pyramid Itza di Meksiko.

Koin (c) rmol
Koin (c) rmol

Kegiatan perekonomian juga menunjukan kemajuan peradaban Indonesia pada masa lalu. Penggunaan koin sebagai alat pembayaran sudah di terapkan sejak ribuan tahun yang lalu, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya koin pada era kerajaan Majapahit dan situs Gunung Padang.

Kujang (c) kompas
Kujang (c) kompas

Senjata merupakan peralatan penting dalam membangun peradaban. Di temukannya benda yang bentuknya mirip Kujang yaitu senjata tradisional Sunda di kawasan situs Gunung Padang membuktikan kalo peradaban Indonesia pada masa lampau sudah mengenal teknologi persenjataan .

Situs Mahakarya (c) rsyahroni
Situs Mahakarya (c) rsyahroni

Ada hal menarik dengan ditemukannya peradaban Gunung Padang, para ilmuan juga menguak bahwa arsitek yang membangun situs mahakarya tersebut juga menggunakan semen purba yaitu suatu bahan yang terkandung perekat di dalamnya. Penggunaan perekat pada situs yang usianya sudah ribuan tahun merupakan teknologi yang mutakhir

Lukisan Gua Maaros (c) indocropscircles
Lukisan Gua Maaros (c) indocropscircles

Indonesia kuno mungkin adalah peradaban tertua. Fakta ini dibuktikan dengan hasil uji karbon pada gua Maros yang menunjukan umur 40.000 tahun. Ini berarti gua yang terletak di sulawesi ini lebih tua dari peradaban Eropa

Itulah beberapa foto yang membuktikan bagaimana masyarakat Indonesia pada masa lampau memiliki kecerdasan. Sebenarnya Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, dan hal ini diwariskan oleh nenek moyang bangsa kita sendiri,  maka sewajarnya masyarakatnya bisa mencontoh leluhur bangsa indonesia dan menciptakan hal-hal yang cerdas lainnya .

Written by titi

Leave a Reply

Perbedaaan Tifatul vs Rudiantara

Kontroversi Pemblokiran Media Islam di Era Jokowi

Dibangun Untuk Acara Expo '86 - (c)viralnova.com

Wow, Kapal Menyeramkan Ini Dulunya Adalah McDonald’s