Alexithymia, Penyakit yang Bikin Orang Susah Mengungkapkan Perasaan

oleh Arief Hakim
14:30 PM on Feb 7, 2017

Manusia itu makhluk yang paling sempurna. Selain dibekali dengan akal yang digunakan untuk berpikir, manusia juga dibekali dengan perasaan sebagai alat merasakan dan mengungkapkan berbagai macam emosi, seperti sedih, senang, marah atau yang lainnya. Dengan perasaan itulah manusia bisa menjalin hubungan dengan sesama hingga merasakan ikatan batin. Berkat perasaan dan pikiran, hidup manusia jadi berkualitas.

Akan tetapi, beberapa dari kita justru kurang beruntung karena mengalami kesulitan dalam mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya. Gejala ini merupakan gangguan psikologis,  yang disebut dengan Alexithymia. Kondisi ini mungkin tidak kelihatan, tapi bisa dikenali. Siapa tahu kamu juga mengalaminya, ada baiknya ulasan penting ini disimak.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Tak Tahu Apa yang Sedang Dirasakannya

Kurang Peka [Image Source]
Normalnya, kalau seseorang ingin sesuatu, dia bisa mengutarakannya. Bila dia merasa sedih, maka dia akan menceritakan kesedihannya sambil menangis. Nah, penderita Alexithymia tidak memiliki kemampuan ini. karena tak mampu mengenali, mendesripsikan kesedihan, kebahagiaan, dan macam perasaan lainnya secara verbal. Bahkan terkadang mereka juga tak tahu emosi apa yang sedang dirasakannya.

Penderitanya Menjadi Non-Sentimental

Penderitanya Menjadi Non-Sentimental [Image Source]
Orang yang mengalami gangguan Alexithymia akan kesulitan dalam memahami dan merespon perasaan orang lain. Bahasa gaulnya, orang ini nggak peka. Dia tidak memiliki kesensitifan terhadap hal-hal yang ada disekitarnya. Penderita Alexithymia lebih banyak menyendiri. Dia tak banyak bergaul dengan orang, karena kebutuhannya akan hal itu tidak bisa dirasakan,

Dikenal Sebagai Sosok yang Terlalu Logis

Sosok Terlalu Logis [Image Source]
Penderita Alexitymia nyaris tanpa reasksi apabila dihadapkan pada sebuah karya seni. Entah itu lukisan, musik, maupun sastra. Ia tidak bisa merasakan perasaan yang terkandung dalam sebuah karya seni. Karena hal itu, pengidap Alexithymia sering dikenal sebagai sosok yang terlalu logis. Selain tidak bisa menangkap perasaan orang lain, penderita Alexithymia membuat keputusan pribadi berdasarkan prinsip, bukan perasaan. Orang ini juga memiliki keterbatasan dalam berpikir secara imajinatif.

2 Jenis Alexithymia

Alexithymia [Image Source]
Sejauh ini, para ahli membagi dua jenis Alexithymia. Yang pertama Alexithymia state. Jenis ini merupakan penyakit sementara dan tidak berkelanjutan. Biasanya, orang mengidap penyakit ini karena baru saja mengalami peristiwa mengerikan, atau post traumatic stress disorder (PTSD). Sementara jenis ke dua adalah Alexithymia trait. Jenis ini adalah bawaan sejak kecil karena mengalami hal-hal mengerikan, atau karakteristik yang melekat dalam kepribadian seseorang.

Alexithymia masih relatif baru di dunia ilmiah. Untuk mengetahui seseorang mengidap Alexithymia atau tidak, para peneliti dan psikolog menelitinya melalui kuesioner pilihan ganda. Bagaimanapun, penderita penyakit ini membutuhkan pertolongan dari kita. Salah satu pertolongannya, menurut sebuah penelitian di Universitas Missouri, komunikasi kasih sayang, seperti memeluk, bisa membantu mereka mengidap alexithymia bisa menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 30 Gambar Kocak dan Nekat ini Buktikan Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Ketimbang Para Pria
BERITA TERKAIT
BACA JUGA