in

Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

6. Josaphat T.S Sumantyo

Josaphat memiliki dedikasi di bidang antena, sensor, dan radar yang membuatnya meraih berbagai penghargaan dari Chiba University dan berbagai penghargaan lainnya. Ia bahkan juga memiliki ratusan hak paten yang tersebar di 118 negara di dunia. Karya-karyanya lebih mengedepankan bidang telekomunikasi, transportasi, penginderaan jarak jauh, kesehatan, serta militer.

Josaphat T.S Sumantyo [Image Source]
Josaphat T.S Sumantyo [Image Source]
1200 unit Radar cuaca buatannya digunakan untuk perusahaan Jepang Weathernews Corporation untuk mengirimkan informasi prediksi cuaca 3 Dimensi. Informasi ini juga nantinya bisa membantu sistem navigasi pesawat dan kapal dengan lebih akurat. Tidak hanya itu saja, ia juga berhasil membuat radar anti bajak laut bagi kapal-kapal skala besar Jepang ataupun radar mobil untuk melewati daerah bersalju.

Riset-riset lain yang ia lakukan sebenarnya juga bermanfaat untuk kebutuhan Indonesia seperti pemantauan pergerakan lempeng, pemantauan musibah dan manajemen bencana berbasis penginderaan jarak jauh. Riset ini mampu memonitor pergerakan permukaan bumi dengan akurasi milimeter serta mampu memonitor pergeseran permukaan bumi sebelum tanah longsor terjadi. Namun sayangnya, riset ini justru dinikmati oleh Malaysia karena menjadi bantuan teknologi pemerintah Jepang kepada pemerintah Malaysia.

Baca Juga : 10 Penemuan Aneh ini Menunjukkan Adanya Kehidupan di Luar Angkasa

Nah, itulah tadi beberapa ilmuwan dan penemu Indonesia yang berhasil menciptakan penemuan-penemuan hebat. Namun sayangnya, karir mereka lebih cemerlang di negara lain karena fasilitas penelitian yang lebih mumpuni di sana. Mungkin ada baiknya jika Indonesia mengembangkan sarana dan prasarana untuk mendukung para peneliti ini agar bisa berkarir di negeri sendiri dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk negara kita.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

cover

MKUltra, Proyek Mengerikan dari CIA yang Menelan Banyak Korban Jiwa

5 Jenderal Perang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah