Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

oleh Tetalogi
11:15 AM on Oct 21, 2015

Selama ini masih banyak orang Indonesia yang masih menganggap kita sendiri kurang mampu menghasilkan karya yang mendunia. Apalagi di bidang ilmiah atau teknologi, padahal kenyataannya, banyak para penemu asli Indonesia yang mampu menemukan hal-hal yang menakjubkan. Hanya saja, nama mereka justru kurang dikenal di negeri kita sendiri.

Baca Juga : 10 Anak Hebat yang Berjasa Membuat Penemuan Jenius Bagi Dunia

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Hasil temuan orang-orang asli Indonesia akhirnya justru lebih dihargai di negara lain karena Indonesia belum memiliki sarana dan prasarana atau kebijakan yang mampu mendukung para penemu ini. Berikut ini beberapa orang diantaranya.

1. Ir. R. Mulyoto Pangestu

Ir. R. Mulyoto Pangestu, Dip. Agr. Sc adalah seorang dosen Fisiologi Reproduksi dan Inseminasi Buatan di Fakultas Peternakan UNSOED, Purwokerto. Tidak hanya bekerja sebagai dosen saja, ia juga berhasil menemukan metode pengeringan dan penyimpanan sperma hewan. Penemuan ini penting karena bisa membantu para ilmuwan dan dokter di negara berkembang yang memiliki biaya minim untuk mengadakan peralatan pendingin.

Ir. R. Mulyoto Pangestu [Image Source]
Ir. R. Mulyoto Pangestu [Image Source]
Hasil temuan Mulyoto ini berhasil mengalahkan ratusan pesaingnya dari berbagai negara di Asia Pasifik. Bahan yang ia pakai juga sangat murah dengan harga sekitar 2.500 rupiah saja. Hanya menggunakan 2 lapis tabung plastik mini yang disegel dengan panas kemudian dibungkus lagi dengan alumunium foil. Sperma yang sudah dikeringkan ini dapat disimpan dalam suhu ruangan dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

Hasil temuan ini membuat Mulyoto meraih penghargaan tertinggi (Gold Award) dalam kompetisi Young Inventors Awards. Temuan Mulyoto ini dipatenkan di Australia dan nantinya akan menjadi milik Universitas Monash. Meski begitu namanya tetap tercatat sebagai inventor atau penciptanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA