in

5 Pendekar Kungfu Legendaris ini Memiliki Kemampuan Bertarung Paling Mematikan

Kungfu memang bukan jenis bela diri paling mematikan. Tapi, ia adalah induk dari berbagai macam jenis bela diri di dunia. Kungfu sendiri sebenarnya bukan melulu soal bertarung, tapi juga mengandung makna filosofis tentang hidup. Meskipun demikian, tetap saja seseorang bisa jadi sangat mematikan dengan belajar ilmu Kungfu.

Dalam sejarahnya, Kungfu melahirkan banyak jawara-jawara yang tak ada tandingannya. Misalnya seorang pria legendaris bernama Wong Fei Hung. Pria ini sudah terkenal seantero Tiongkok bahkan dunia akan kehebatan bertarungnya yang sangar. Tercatat ia pernah melakukan banyak kegilaan. Salah satunya dengan mengalahkan 50 orang hanya dengan bekal sebuah tongkat. Begitu hebat, namanya dikenal hingga hari ini.

Tak hanya Fei Hung si Tendangan Seribu Bayangan, ada banyak tokoh-tokoh ahli Kungfu lain yang juga punya kemampuan gila. Simak ulasannya berikut.

1. Thio Sam Hong, Ahli Kungfu Mematikan yang Pernah Dibully

Siapa yang tak tahu Thio Sam Hong, pria satu ini adalah salah satu legenda Kungfu terbaik yang pernah dimiliki Tiongkok. Diceritakan di dalam banyak literatur, Sam Hong adalah sosok yang sangar dan gila soal keahlian beladiri satu itu. Banyak pula cerita-cerita betapa skill Kungfu Samo Hong tak tertandingi siapa pun.

Patung Thio Sam Hong [Image Source]
Patung Thio Sam Hong [Image Source]
Pernah sekali waktu ia menantang pegulat nomor satu Mongol yang bisa dibilang sangat kuat. Tak sampai sejam, Sam Hong menang telak. Pun begitu ketika ia memberantas 100 orang gangster di kota hanya berbekal kedua tangannya. Sangat hebat seperti itu, siapa sangka di masa kecilnya Sam Hong justru jadi bulan-bulanan para seniornya ketika masih belajar Kungfu.

2. Yue Fei, Jenderal Perang Juga Ahli Kungfu

Cerita tentang Yue Fei begitu mengena di hati banyak orang Tiongkok. Pasalnya, ia sebagai seorang jenderal yang jasa-jasanya besar mendapatkan akhir hidup yang buruk. Yue Fei dieksekusi oleh pihak kerajaan yang selama ini dibelanya mati-matian. Terlepas dari akhir kisah hidup yang menyedihkan, masyarakat juga mengenal sosok ini sebagai pendekar Kungfu yang brilian.

Yue Fei [Image Source]
Yue Fei [Image Source]
Yue Fei adalah ahli Kungfu yang juga menemukan alirannya sendiri, yakni Hsing-I dan Eng Jiaw. Ia juga begitu ahli menggunakan senjata, mulai dari pedang, tombak, tongkat, dan sekitar 18 jenis senjata lainnya. Bahkan untuk senjata Toya, kemampuan Yue Fei setara dengan Keluarga Yang yang dianggap pemakai Toya paling mematikan sedaratan Tiongkok.

3. Lie Syo Bun, Pendekar Dari Tempat Lahirnya Kungfu

Desa Zhang Sha di provinsi Hebei dikenal luas sebagai tempat lahirnya Kungfu. Maka tentu tak mengherankan jika di tempat ini banyak pria-pria yang menguasai aliran bela diri satu itu. Tapi tak semuanya benar-benar hebat di sini, hanya satu orang yang sangat mematikan. Namanya adalah Lie Syo Bun.

Kungfu 8 Mata Angin [Image Source]
Kungfu 8 Mata Angin [Image Source]
Syo Bun tak hanya dikenal sebagai ahli Kungfu, tapi juga pencipta aliran 8 Mata Angin yang legendaris dan sangat mengerikan itu. Begitu hebat soal Kungfu, siapa sangka Syo Bun ternyata punya masa kecil yang buruk. Ia dijual oleh keluarganya untuk diikutkan opera lantaran kemiskinan. Titik balik Syo Bun dari semua keterpurukan ini adalah menemukan seorang ahli pengobatan bernama Jin Dian Sheng yang kemudian menjadi gurunya.

4. Huo Yen Chia, Bocah Sakit-Sakitan yang Berubah Mematikan

Tidak ada yang tak tahu nama Huo Yen Chia. Ia adalah seorang ahli Kungfu kenamaan di masa akhir Dinasti Qing. Dia memang tidak menciptakan aliran apa pun, tapi kemampuannya sangatlah luas. Meskipun begitu hebat, masa kecil Chia cukup suram terutama karena fisiknya yang sangat mudah sakit.

Huo Yen Chia [Image Source]
Huo Yen Chia [Image Source]
Ayah Chia adalah seorang guru Kungfu. Ketika masih kecil Chia hanya bisa melihat saja karena fisiknya yang begitu lemah. Namun ia memperhatikan dengan sungguh-sungguh setiap gerakan ayahnya. Hingga akhirnya perguruan ayah Chia kedatangan seorang penantang dari Henan. Chia pun meladeni tantangan itu meskipun ayahnya tentu sangat khawatir dan ragu. Siapa sangka bocah sakit-sakitan ini menang telak. Sejak saat itu Chia makin menggila dan jadi salah satu ahli Kungfu paling mematikan se-Tiongkok.

5. Lima Sesepuh Shaolin yang Melegenda

Membahas petarung Kungfu terhebat tak pernah lengkap tanpa menyinggung lima sesepuh Shaolin ini. Mereka adalah Choi Tak Chung, Fong Tai-Hung, Ma Chiu-Hing, Wu Tak-Tai, dan Lee Sik-Hoi. Sayangnya, keterkenalan para pendekar Shaolin ini sendiri berawal dari tragedi memilukan.

Lima master Shaolin dalam film [Image Source]
Lima master Shaolin dalam film [Image Source]
Diceritakan dalam sejarah, kuil para shaolin ini dibakar oleh orang Dinasti Qing lantaran sebuah sebab. Tak hanya menghancurkan bangunan, orang-orang Qing juga meracuni para biksu dan non-biksu. Hingga pada akhirnya tersisa lima orang ini saja. Meskipun hanya lima gelintir, para shaolin ini berjuang mati-matian dan berhasil mengusir puluhan bahkan lebih tentara Qing. Seusai menghempaskan para pasukan, lima sekawan ini pun berpisah dan menyebar ke seluruh Tiongkok. Diketahui, masing-masing mendirikan aliran Kungfu mereka sendiri dan mendapatkan banyak murid.

Inilah para ahli Kungfu paling mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah. Mereka benar-benar memiliki kemampuan yang gila dan bahkan mungkin tidak ada tandingannya apalagi untuk era sekarang ini. Hal yang unik dari para ahli Kungfu di atas, mereka semua menggunakan Kungfu untuk hal-hal yang baik.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Ngeri Black Death, Wabah Mematikan yang Nyaris Membuat Eropa Tinggal Sejarah

5 Tips Dari Para Supir Truk Kepada Para Pemotor yang Masih Ingin Pulang Selamat