5 Upacara Pelantikan Presiden Yang Unik Dari Seluruh Dunia

oleh Admin
15:49 PM on Oct 20, 2014

Tanggal 20 Oktober 2014, Joko Widodo dilantik menjadi Presiden ketujuh di Republik Indonesia. Upacara pelantikannya berlangsung khidmad dan juga meriah. Dihadiri oleh anggota DPR MPR dan juga para pejabat penting, ini merupakan salah satu sejarah baru yang tercipta di bumi pertiwi. Jika di Indonesia, pelantikan Presiden melalui sidang paripurna terlebih dahulu, bagaimana dengan negara lain?

Di Rusia, pelantikan Presiden akan dimulai dengan memantau suasana pusat militer Rusia yang berada di Kremlin. Maklum saja, di negara ini militer menjadi kekuatan utama agar tidak ‘ditindas’ oleh negara lain. Menarik sekali ya? Simak yuk upacara pelantikan Presiden yang unik dari negara lainnya:

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

1. Korea Selatan – Memakai Baju Tradisional Negaranya

Jika di Indonesia, pelantikan Presiden laki-laki menggunakan jas dan kopyah, sedangkan Presiden wanita / istrinya menggunakan kebaya, maka di Korea Selatan lebih eksotik lagi. Untuk pertama kalinya, negeri ginseng memiliki seorang Presiden wanita yaitu Park Geun-Hye. Penasaran dengan penampilannya saat upacara pelantikan?

Presiden korea

Park menggunakan hanbok, baju tradisional Korea Selatan yang cantik dan juga terlihat klasik berwarna merah dan emas, dibuat dari sutera yang halus. Ia berjalan dengan anggun menuju istana kepresidenan yaitu Blue House untuk menghadiri pelantikan. Rupanya, adat dan budaya menjadi salah satu esensi penting dalam setiap momen resmi di sana.

Upacara pelantikan di sana juga lekat dengan tradisi Korea Utara seperti dekorasi dan juga makanan yang disajikan. Wah, seru banget!

Selanjutnya :2. Iran – Presiden Sowan ke Pemimpin Agung Lebih Dulu

Next

BERITA TERKAIT
BACA JUGA