in

4 Pekerjaan Pria yang Gajinya Lebih Tinggi Ketika Dikerjakan Wanita

Di zaman sekarang nampaknya batasan antara pria dan wanita sudah tak lagi terlihat jelas, terutama dalam hal pekerjaan. Apalagi dengan adanya wacana terkait kesetaraan gender dan emansipasi wanita, rasa-rasanya perempuan sudah bisa melakukan apa saja pekerjaan yang semula hanya identik dengan pria.

Tahukah kamu bahkan sekarang ada perusahaan tertentu yang berani membayar mahal pegawai wanitanya saat bekerja di profesi tertentu, padahal faktanya pegawai pria yang mendominasi pekerjaan itu. Dan berikut ada empat jenis pekerjaan yang berani menawarkan bayaran lebih besar kepada karyawan wanita dibanding pria.

Mekanik dan montir listrik

Bagi sebagian orang pasti yakin bahwa pekerjaan sebagai mekanik dan pembenah listrik umumnya dilakukan oleh laki-laki. Karena yang pertama, pekerjaan mekanik selama ini identik dengan hal yang sangat teknis, sementara kebanyakan wanita akan lebih teliti bila mengerjakan urusan administrasi dibanding hal teknis

Mekanik [image source]
Apalagi seorang montir listrik, tentu saja profesi ini memberikan resiko yang cukup besar baik untuk pria maupun wanita. Namun menurut penelitian wanita justru bisa lebih diandalkan di pekerjaan yang membutuhkan spesialisasi khusus tersebut. Untuk seorang montir listrik gaji karyawan perempuan bisa 86 persen lebih tinggi dibanding pria dan sebagai seorang mekanik para perempuan digaji 27 persen lebih banyak daripada lelaki.

Detektif

Saat ini perempuan sudah tak hanya bisa menjadi anggota polisi dan tentara, tetapi juga seorang detektif yang bertugas menyelidiki kasus-kasus pelik. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa universitas yang menyediakan jurusan berbau kriminal tempat perempuan bisa mempelajari teorinya.

Detektif [image source]
Pekerjaan ini sebenarnya memang belawanan dengan sifat wanita yang lembut, karena seorang detektif harus sangat dekat dengan kekerasan dan sesuatu yang brutal. Namun menurut riset dari seluruh lembaga penyidik kasus kriminal dunia, sekarang semakin banyak saja perempuan yang merasa tertantang dengan pekerjaan ini. Bahkan detektif wanita akan digaji 10 persen lebih banyak dibanding pria. Lumayan kan?

IT Support

Di bidang IT pun ternyata perusahaan memberikan gaji lebih tinggi untuk wanita dibandingkan pria sebesar 4,4 persen. Pekerjaan seperti ini biasanya mengharuskan wanita untuk menguasai penyelesaian masalah pada hardware, software, printer, dan semua jenis peralatan yang berkaitan dengan IT di sebuah perusahaan.

Support [image source]
Perusahaan juga akan menuntut pegawai perempuan untuk melakukan pembelian dan penyimpanan beberapa inventarisnya. Jadi para wanita di sini tidak hanya mengurus masalah teknik tetapi juga administrasi terkait IT. Perusahaan juga akan memastikan apakah pekerja wanitanya memiliki keahlian khusus atau tidak dengan melihat riwayat pelatihan yang pernah diikuti.

Supir bus dan truck

Pekerjaan lain yang menguntungkan bagi wanita adalah menjadi supir bus dan truck. Menjalani profesi sebagai pengemudi kendaraan besar ini memang bukan hal yang mudah bagi beberapa orang, tapi gaji yang ditawarkan untuk pengemudi wanita banyaknya mencapai 17 sampai 25 persen dibanding para lelaki.

Supir bus [image source]
Sekarang di Indonesia saja semakin banyak perempuan yang memutuskan menjadi pengemudi bus atau truk. Kalau dulu kita hanya melihat banyaknya tukang ojek wanita, saat ini kalian bisa dengan mudah menemui supir wanita yang pastinya terbukti tangguh. Bayangkan saja mereka harus mengemudikan kendaraan besar di jalanan yang belum tentu mulus dan lancar selama ber jam-jam. Pantaslah kalau kerja kerasnya dihargai lebih.

Bukan rahasia lagi bahwa para wanita saat ini semakin tidak mau kalah dengan lelaki. Kalau dulu untuk meraih pendidikan saja sudah sangat sulit dilakukan, saat ini justru perempuan bebas melanjutkan pendidikan setinggi apapun di bidang apa saja. Termasuk juga pekerjaan, kalau dulunya wanita hanya banyak menjadi guru atau staf administrasi, perempuan masa kini karirnya jauh lebih luas dan lebih menantang.

Written by Faradina

Leave a Reply

5 Kisah Miris Penyiksaan Oleh Peternak Barbar yang Bikin Dunia Marah

5 Alasan Mengapa Kedatangan Raja Salman Membawa Berkah Bagi Masyarakat Indonesia