9 Olahraga Brutal dari Zaman Kuno Ini Bakal Bikin Nyalimu Ciut

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jan 25, 2016

Olahraga itu tujuannya memang agar badan lebih sehat dan bugar. Lewat kompetisi-kompetisi olahraga, para olahragawan juga dilatih untuk bisa bersikap sportif. Karena itulah olahraga memang disarankan bagi siapapun. Setidaknya olahraga modern, sih.

Di zaman dulu, olahraganya lebih brutal dan mengerikan. Selesai berolahraga bukan cuma capek-capek saja, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Pertarungan Banteng>

Lukisan dinding pertarungan banteng [Image Source]
Lukisan dinding pertarungan banteng [Image Source]
Olahraga ini dilakukan sebagai salah satu bentuk ritual pada zaman perunggu di Minoan Crete. Para akrobatik melompati banteng yang sedang berlari ke arahnya. Kini olahraga ini telah menjadi gaya pertarungan banteng di Spanyol.

2. Pankration>

Lukisan yang menggambarkan Pankration [Image Source]
Lukisan yang menggambarkan Pankration [Image Source]
Pankration adalah gabungan antara gulat dan tinju tapi lebih keras. Olahraga ini dilakukan oleh bangsa Yunani kuno dalam pertandingan Olimpiade. Dalam pertandingan ini, peserta harus menghajar lawannya separah mungkin hingga hampir mati, tapi tidak boleh sampai benar-benar mati.

 3. Naumachia>

Naumachia [Image Source]
Naumachia [Image Source]
Beberapa koloseum Romawi bisa dibanjiri dengan air untuk mengadakan pertandingan laut gladiator besar-besaran. Dalam pertandingan ini, dilakukan pertempuran seperti perang angkatan laut sungguhan. Julius Caesar bahkan juga pernah punya 6 ribu pendayung, gladiator dan pertarungan antar tahanan. Saking brutalnya olahraga ini, perahu yang tidak tenggelam kabarnya sampai terlihat seperti dicat merah karena banyaknya darah.

4. Tarik Menarik Kulit>

Tarik tambang [Image Source]
Tarik tambang [Image Source]
Pertandingan tarik tambang bangsa Viking tidak menggunakan tali tambang, melainkan kulit binatang. Kompetisi dilakukan di atas lubang berapi sehingga yang kalah akan terjatuh dan terbakar hingga tewas. Sementara yang menang bisa menjarah mereka.

5. Pertarungan Nelayan>

Pertarungan nelayan di zaman Mesir Kuno [Image Source]
Pertarungan nelayan di zaman Mesir Kuno [Image Source]
Di zaman Mesir Kuno, masyarakat Mesir akan mendayung ke sungai Nil dan berusaha saling menghajar satu sama lain dengan menggunakan dayung mereka hingga berdarah-darah. Pertarungan ini akan mengundang buaya-buaya yang tinggal di sungai sehingga lawan yang kalah dan terjatuh akan menjadi santapan buaya.

6. Tarahumara>

Kontes Tarahumara modern [Image Source]
Kontes Tarahumara modern [Image Source]
Olahraga ini dilakukan dengan berlari melintasi gurun Meksiko sejauh 322 km selama 48 jam atau 2 hari. Peserta juga diharuskan berlari sambil menendang bola kecil di sepanjang jalan.

7. Pelota Purepecha>

Pelota Purepecha [Image Source]
Pelota Purepecha [Image Source]
Olahraga ini mirip dengan permainan hoki es di zaman modern. Tapi bedanya, bola yang dimainkan dibakar agar bisa dimainkan pada malam hari. Permainan ini dianggap sebagai olahraga bola paling aman dari suku Maya.

8. Buzkashi>

Buzkashi [Image Source]
Buzkashi [Image Source]
Adalah sebuah olahraga kuno di Afghanistan dan masih berhubungan dengan permainan Polo di zaman modern. Hanya saja bedanya, olahraga ini menggunakan mayat kambing tanpa kepala dan berusaha memasukkannya ke gawang lawan.

9. Nguni>

Pertarungan tongkat Nguni [Image Source]
Pertarungan tongkat Nguni [Image Source]
Dalam olahraga masyarakat Zulu ini, peserta mempersenjatai diri dengan 2 tongkat panjang. Tongkat ini digunakan untuk pertahanan dan menyerang. Untuk mengetahui siapa yang terkuat, mereka saling memukul terus menerus tanpa menggunakan pelindung.

Itulah tadi beberapa olahraga di zaman kuno yang cukup brutal dan bahkan menyiksa. Untungnya kita hidup di zaman modern yang mengenal berbagai jenis olahraga yang lebih aman dan tidak sampai mengancam nyawa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA