Fakta 5 Negara Miskin yang Seharusnya Bisa Kaya Raya dengan SDA Melimpahnya

oleh Adi Nugroho
09:45 AM on Mar 25, 2016

Pada akhir tahun 2015, Global Finance Magazine merilis daftar negara paling kaya dan paling miskin di dunia. Daftar ini akan menunjukkan negara mana saja yang kuat secara finansial, dan sangat lemah hingga negaranya selalu dirundung masalah. Kelaparan, minimnya pendidikan, dan kesehatan adalah masalah utama yang membuat mereka semakin terpuruk.

Sebenarnya negara-negara ini sangat kaya akan sumber daya alam. Jika sumber daya alam itu dikelola dengan baik, negara ini bisa jadi kaya raya. Sayangnya negara ini tak bisa mengolah, atau dikuasai oleh pihak asing seperti Freeport yang menguasai tambang emas di Indonesia. Inilah lima negara miskin yang harusnya bisa jadi kaya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Republik Kongo

Republik Kongo atau yang lebih gampang disebut dengan Kongo adalah negara yang paling miskin di dunia. Berdasarkan data dari Global Finance Magazine, negeri hanya memiliki GDP per kapita $754. Jumlah ini termasuk sangat rendah mengingat negeri lain seperti Qatar bisa menghasilkan GDP per kapita hingga $146.001 atau Singapura yang mencapai $84.821.

Republik Kongo [image source]
Republik Kongo [image source]
Republik Kongo sebenarnya memiliki cadangan tambang yang sangat banyak. Bila ditaksir nilainya bisa mencapai $24 triliun. Sumber kekayaan ini berupa cadangan tambang coltan dan juga kobalt yang termasuk tertinggi di dunia. Selain dua tambang utama di atas, Republik Kongo juga memiliki tambang emas, berlian, tembaga, dan minyak. Sayangnya pengolahan tambang ini tak bisa dilakukan dengan baik. Pertama karena tak banyak ahli di negeri ini, terkahir karena banyaknya konflik hingga daerah tambang tak bisa dimanfaatkan dengan baik.

2. Liberia

Pada tahun 2015 Liberia memiliki nilai GDP per kapita mencapai $934 saja. Akibat rendahnya GDP ini, Liberia harus rela  berada di jajaran atas negara paling miskin di dunia. Padahal negeri ini memiliki banyak sekali sumber daya alam yang sangat berharga. Emas dan permata adalah produk unggulan yang sebenarnya bisa menyokong GDP Liberia secara keseluruhan, namun beberapa masalah seperti konflik menutup kemungkinan itu.

Tambang besi Liberia [image source]
Tambang besi Liberia [image source]
Pada tahun 1970-an Liberia mulai menambang emas secara masif hingga menyokong 25% GDP negara. Sayangnya konflik berkepanjangan membuat produksi nyaris mendekati nol. Selanjutnya sebanyak 155.000 karat berlian dicuri oleh para penambang asing dari negara tetangga. Akibatnya penduduk tak bisa menikmati kekayaan alamnya secara menyeluruh. Oh ya, di Liberia juga ditemukan barang tambang lain seperti besi, bauksit, beril, fosfat, pasir silika, nikel, seng, dan uranium.

3. Madagaskar

Madagaskar adalah sebuah negara miskin yang setiap tahun hanya memiliki sekitar $1.491 GDP per kapita. Jumlah itu masih kalah jauh dengan beberapa negara Afrika lain seperti Kamerun yang berada di angka $3.116 pada tahun 2015. Madagaskar adalah sebuah pulau yang lumayan terpencil namun menyimpan banyak sekali cadangan mineral dunia yang sebagian besar belum dieksplorasi.

Tambang Madgaskar [image source]
Tambang Madgaskar [image source]
Pada awal 2000-an industri pertambangan di negeri ini mulai bangkit. Namun adanya kudeta tahun 2009 membuat usaha ini semakin anjlok. Madagaskar sebenarnya memiliki beberapa komoditas unggulan seperti titanium, emas, perak, besi, nikel, kobalt hingga batu mahal seperti rubi, safir, zamrud, akuamarin, beril, topaz, dan masih banyak lagi. Sayangnya pengolahan yang kurang baik membuat sumber daya alam melimpah ini tak termanfaatkan dengan baik.

4. Afganistan

Di kawasan Asia, Afganistan dikenal sebagai salah satu negara paling miskin. Terlebih lagi konflik di negeri ini seperti tidak ada habisnya. Pada tahun 2015 ini, Afganistan masuk jajaran negara termiskin lagi di dunia dengan GDP per kapita mencapai $2.051 saja. Rendahnya GDP negeri ini dipicu karena maraknya konflik dan pengolahan sumber daya alamnya yang tak dilakukan secara maksimal.

tambang Afganistan [image source]
tambang Afganistan [image source]
Sebenarnya Afganistan adalah negara yang kaya akan hasil tambang. Bahkan diperkirakan nilainya mencapai $1 triliun. Barang tambang yang paling menjanjikan di negeri ini berupa 60 miliar ton tembaga, 2,2 miliar ton emas, dan yang paling fantastis lagi adalah 1,4 miliar barang tambang langka seperti lanthanum, cerium, dan neodimium. Jika saja penambangan ini bisa dilakukan dengan maksimal, Afganistan tak akan seterpuruk seperti sekarang.

5. Nepal

Nepal adalah negara kecil yang terletak di dekat India dan Tibet. Pada tahu 2015 ini mereka hanya memiliki sekitar $2.516 GDP per kapita. Termasuk jumlah yang sangat rendah jika dibandingkan dengan India yang secara ekonomi sangat kuat. Nepal sebenarnya adalah negara tambang yang sangat kaya. Namun pengolahan yang buruk dan campur tangan asing membuat pemasukan negeri ini semakin menipis.

Pertambangan Nepal [image source]
Pertambangan Nepal [image source]
Nepal menghasilkan banyak sekali batuan berharga seperti rubi dan safir.  Sayangnya orang lokal justru menambang dan menghancurkan lokasi itu dengan tidak bertanggung jawab. Selanjutnya ada garnet, akuamarin, dan kristal quartz. Untuk tambang metal, Nepal memiliki besi, tembaga, kobalt, emas, perak, dan uranium. Barang tambang ini sebagian besar masih tersimpan dan belum dieksplor dengan sangat baik.

Inilah lima negara miskin yang seharusnya bisa kaya raya dengan sumber daya alam yang dimilikinya. Jika saja pemanfaatan sumber daya alam terutama tambang bisa dikembangkan dengan baik. Negeri ini bisa sejahtera tanpa harus menderita seperti sekarang. Oh ya, Indonesia termasuk negara pas-pasan, artinya dari hampir 185 negara, kita berada di peringkat 103, masih kalah dengan Singapura dan Malaysia. Berkaca dari kondisi kita sekarang. menurut sobat Boombastis sebenarnya negeri ini kaya atau miskin?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA