5 Sisi Lain Vladimir Putin, Presiden yang Hidupnya Tetap Seperti Orang Biasa

oleh Endah Boom
09:57 AM on Mar 25, 2016

Vladimir Putin, nama besar yang satu ini pasti sudah tak terlalu asing lagi di telinga kita. Sosok presiden Rusia ini masih jadi sorotan publik. Apalagi sejumlah pengamat memprediksinya sebagai sosok yang akan memulai babak perang dunia baru dengan berbagai manuver militernya. Pria kelahiran 7 Oktober 1952 di St Petersburg ini mungkin terlihat berdarah dingin dan jarang tersenyum. Tapi siapa sangka kesehariannya sebagai seorang presiden ternyata cukup sederhana.

Ada banyak hal menarik yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya yang ternyata tak jauh berbeda dari orang atau warga biasa. Mulai dari kebiasaan setelah bangun tidur hingga memulai harinya setiap pagi. Ingin tahu lebih banyak tentangnya? Yuk, simak info yang dirangkum dari Newsweek berikut ini.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. Mengawali Hari dengan Sarapan Sederhana

Putin bangun tidur agak siang lalu mengawali harinya dengan menikmati sarapan sederhana. Menu sarapannya pun tidak terlalu neko-neko, cukup omelet atau kadang bubur. Ia juga suka sekali telur puyuh. Sarapan itu pun disempurnakan dengan jus buah. Satu hal penting lagi dalam menu sarapannya adalah semua bahannya segar berasal dari pertanian seorang pemimpin relijius Rusia, Patriarch Kirill.

6
menikmati waktu olahraganya [ Image Source ]
Tak ketinggalan secangkir kopi jadi pelengkap awal harinya. Sekalipun orang-orang penting sudah berkumpul di pagi hari, tapi Putin akan mengisi dua jam pertamanya dengan olahraga renang. Dia sangat menyukai ketenangan berada di dalam air. Dengan menggunakan kacamata renang, ia menceburkan dirinya di kolam renang dan menikmati waktu olahraganya sendiri. Para asisten politiknya mengatakan bahwa di momen itu, Putin sedang berusaha untuk menggodok lagi pemikiran-pemikirannya dan gagasan besarnya untuk Rusia.

Putin sering pergi ke gym. Ia lebih menyukai angkat beban dibandingkan olahraga sepeda statis. Sebagai seorang presiden, kebiasaan pagi hari ini pas banget untuk ditiru. Dengan kesibukan segudang dan aktivitas yang padat, kesehatan tetap harus dijaga. Sarapan dan olahraga jadi salah satu kuncinya.

2. Baca Buku Sehabis Olahraga

Kadang Putin akan membaca buku usai berolahraga. Waktu ini dipilih karena waktu malam harinya lebih banyak tersita untuk urusan pekerjaan. Bukan hal baru lagi kalau seorang presiden baru tidur larut malam sekali karena banyak pekerjaan yang harus dibereskan.

5
Baca Buku Sehabis Olahraga [ Image Source ]
Buku-buku yang paling ia sukai adalah buku sejarah yang topiknya tergolong cukup berat, seperti Ivan the Terrible, Catherine II, dan Peter the Great. Buku-buku itu ia baca dengan sangat khusyuk. Selain buku-buku bermuatan sejarah, ada rumor yang menyebutkan kalau ia juga pernah membaca novel. Tahun 2006 lalu, kabarnya Putin pernah membaca sebuah novel bergenre thriller.

3. Lebih Suka Setelan Konservatif dan Sangat Berhati-Hati dalam Menggunakan Teknologi

Kalau kita sebagai orang tropis tinggal di Rusia yang dingin, mungkin kita akan memilih mandi dengan air hangat setiap harinya. Tapi seorang Putin tak masalah mau mandi dengan air hangat atau air dingin, ia tetap bisa menikmati keduanya. Bicara soal baju atau setelan yang ia kenakan, ia lebih suka setelan yang dijahit khusus untuknya dengan warna-warna konservatif. Dasi yang ia pilih juga seringkali yang berwarna kelabu.

4
Lebih Suka Setelan Konservatif dan Sangat Berhati-Hati dalam Menggunakan Teknologi [ Image Source ]
Pekerjaannya sebagai presiden dimulai dengan mengecek briefing notes (catatan-catatan singkat). Dan kegiatan ini dilakukan di meja kerja kayunya di ruang kantornya. Menariknya di ruang kantor ini tak ada layar monitor. Penggunaan teknologi tampaknya tak bisa sembarangan di sini. Sehingga, Putin ketika mulai bekerja hanya menggunakan map merah berisi dokumen-dokumen cetak. Telepon yang digunakan pun adalah telepon Soviet Warera yang sudah dipastikan keamanannya.

Putin jarang sekali menggunakan internet. Lebih tepatnya karena ia merasa monitor dan semua hal yang bermunculan di monitor membingungkan. Namun, dari waktu ke waktu, para penasihatnya mencoba untuk menunjukkan berbagia video satir tentang dirinya di internet. Setidaknya Putin perlu tahu kalau ada orang yang di luar sana yang suka mengejeknya atau mengolok-oloknya dengan di internet.

4. Tak Suka Macet, Polusi, dan Padatnya Manusia di Moskow

Putin tak tinggal di Moskow. Alasannya karena ia tak suka tempat tersebut: kemacetannya, polusinya, dan padatnya manusia di sana. Dia lebih memilih istana di Novo-Ogaryoyo sebagai tempat tinggalnya. Jadi rumahnya terletak jauh dari pusat kota, jauh dari dinding-dinding bercat merah, estate super mewah, dan mal-mal besar. Putin pun tak suka datang ke Kremlin. Ia lebih suka bekerja di tempat tinggalnya. Sejak tahun 2012, ia sudah berusaha sebisa mungkin mengurangi pengadaan rapat di Moskow.

3
Tak Suka Macet, Polusi, dan Padatnya Manusia di Moskow [ Image Source ]
Kalau ia bepergian, semua jalan yang dilewatinya harus bebas macet. Rute tertentu harus ditutup untuk memastikan sang presiden bisa lewat dengan leluasa. Kemana-mana, Putin selalu bawa rombongannya sendiri. Ia akan membawa serta koki dari Rusia, pelayan, serta tukang bersih-bersih. Mereka semua bertugas untuk melayani dan memenuhi semua kebutuhan Putin. Kalau menginap di hotel, dia akan mengganti seluruh peralatan mandi hotel dengan peralatan milik pribadinya sendiri. Tak lupa buah-buahan yang ia bawa dari Kremlin adalah yang harus sudah dikemas dengan segel anti kontaminasi. Putin dikenal sebagai presiden yang akan memakan makanan yang disuguhkan oleh tuan rumah yang dikunjunginya. Semua makanannya harus lolos dan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas dari Kremlin terlebih dahulu.

5. Sibuk di Akhir Pekan, Tapi Masih Menyempatkan Belajar Bahasa Inggris

Sebagai presiden, Putin juga tetap sibuk di hari Sabtu dan Minggu. Bahkan kadang jadwalnya di akhir pekan lebih padat dan menggila. Tapi di waktu-waktu tertentu ia masih menyempatkan diri untuk belajar di siang hari. Seringnya dia akan belajar bahasa Inggris. Gurunya biasanya membantu Putin melafalkan kata-kata sulit dengan menyanyikan lagu bersama. Wah, kira-kira bagaimana ya ekspresi seorang presiden seperti ia bernyanyi untuk belajar bahasa Inggris?

2
Sibuk di Akhir Pekan, Tapi Masih Menyempatkan Belajar Bahasa Inggris [ Image Source ]
Seorang penerjemah pernah mengungkapkan karakter Putin yang tak banyak mengobrol. “Ia tak bicara, tak merasa perlu tersenyum, ia tak minum-minum. Setiap saat selalu ada sepuluh orang yang berada di sekelilingnya, Anda ktia bisa berada dalam jarak tiga meter di dekatnya,” papar si penerjemah. Meski sosoknya terkenal dingin, ternyata dia juga punya sejumlah kebiasaan yang pastinya bisa ditiru orang biasa. Seperti kebiasaan olahraga, membaca buku, dan sarapan sehat setiap harinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA