10 Negara Paling “Korup” Tahun 2015 (Indonesia Masuk Nggak, Ya?)

oleh Adi Nugroho
07:15 AM on Jun 16, 2015

Korupsi menjadi sebuah bencana bagi negara yang ingin maju dan berkembang. Korupsi adalah simbol kedangkalan intelektualitas bagi suatu negara. Negara dengan tingkat korupsi yang sangat tinggi biasanya akan susah maju. Bahkan cenderung kian bobrok dan mendekati kehancuran.

Negara-Paling-Korup-Di-Dunia

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Indonesia termasuk satu dari beberapa negara di dunia yang terkenal tinggi tingkat korupsinya. Dari instansi terbawah hingga teratas, korupsi sudah mendarah daging hingga susah dihapuskan. Berikut adalah sepuluh negara dengan tingkat korupsi paling mengerikan di dunia. Mari kita simak bersama-sama.

1. Somalia

Berdasarkan Central Intelligence Agency, Somalia pada dasarnya tidak memiliki sebuah pemerintahan. Negara ini seperti negara yang mati. Hampir sebagian besar penduduknya bertahan hidup dengan bertani dan memancing ikan di laut. Selain itu beberapa kelompok penduduk memilih menjadi seorang bajak laut. Mereka selalu menculik dan menangkap kapal-kapal yang berlayar di sekitar Somalia.

Somalia [image source]
Somalia [image source]
Kekerasan, kekacauan, dan korupsi adalah hal yang biasa di Somalia. Hal semacam itu hadir hampir setiap hari. Hancurnya pemerintahan di Somalia diakibatkan rusaknya struktur internal dalam pemerintahan. Korupsi terus menjalar dan tidak bisa dikendalikan. Akibat dari hal ini, sektor politik, sosial dan ekonomi di Somalia benar-benar tak bisa ditolong lagi.

2. Korea Utara

Korea Utara sebenarnya satu tingkat dengan Somalia sebagai negara paling korup sejagat. Namun Korea Utara masih memiliki pemerintahan yang kuat daripada Somalia. Meski demikian, apa yang dialami penduduk Korea Utara sama mengenaskannya dengan penduduk Somalia. Banyak rakyat kelaparan yang diabaikan karena sebagian besar aset masuk ke kantong negara untuk kepentingan militer.

Korea Utara [image source]
Korea Utara [image source]
Gaya hidup pemimpin tertinggi Korea Utara sangat hedon. Kim Jong-un adalah figur yang sangat korup. Hampir sebagian besar uang rakyat Korea Utara digunakan oleh pemimpinnya ini untuk hal tak berguna. Namun demikian tidak ada orang yang berani memberantas korupsi di Korea Utara. Karena Kim Jong-un akan dengan mudah membunuh orang itu dengan tuduhan-tuduhan tak masuk akal.

3. Sudan

Wajar sekali jika Sudah sampai masuk ke dalam “top three” negara paling korup. Hal ini didasarkan pada keadaan negara ini yang kian lama kian kacau. Kekerasan dan pertarungan antara warga menjadi semacam hal yang biasa. Kekacauan yang terjadi di Sudan menjadi makan sehari-hari bagi semua warga. Selain itu pemerintahan di Sudan terkenal sangat korup. Mereka menghabiskan semua aset dan membiarkan rakyatnya menderita.

Sudan [image source]
Sudan [image source]
Sudan tidak pernah melakukan hubungan bisnis dengan negara-negara di dunia. Mereka pun tidak berusaha bekerja sama untuk membuat ekonomi negara jadi stabil dan perlahan membaik. Padahal hampir separuh dari rakyat Sudan berada di bawah garis kemiskinan. Beberapa sektor bisnis dipegang oleh orang-orang tak berkompeten hingga menyebabkan kehancuran.

4. Afghanistan

Afghanistan dirasa sangat pantas berada di daftar ini. Negara yang berada di timur tengah ini dikenal sebagai negara yang sangat korup. Beberapa data tentang korupsi selalu ditutupi oleh negara ini sehingga dunia tidak akan tahu. Beberapa kebijakan politik dan ekonomi juga terus ditutupi sehingga rakyat tidak tahu apa yang sedang dilakukan oleh negaranya. Rakyat Afghanistan tidak tahu jika negara membawa mereka ke masa depan yang kelam.

Afganistan [image source]
Afghanistan [image source]
Kebebasan dalam bisnis, pemerintahan dan stabilitas ekonomi yang dilakukan pihak swasta diredam, atau bila perlu dilarang. Selain itu sindikat penjualan obat-obat terlarang kian merajalela di negara ini. Pemimpin Afghanistan juga dikenal sangat boros dalam menggunakan aset negara. Terakhir dan tidak kalah penting, Afghanistan membuat semua rakyat sangat takut dengan pemerintah. Protes berarti mati di negara ini.

5. Sudan Selatan

Sudan Selatan menjadi negara merdeka secara resmi sejak tahun 2011. Negara ini adalah pecahan dari negara Sudan. Seperti negara pendahulunya, ternyata Sudan Selatan juga sama korupnya dengan Sudan. Bahkan hanya berdiri selama 4 tahun negara ini sudah bercokol di posisi 5 negara paling korup sedunia. Miris!

Sudan Selatan [image source]
Sudan Selatan [image source]
Hampir 2 juta rakyat Sudan Selatan meninggal dunia pasca perang Sudan. Namun setelah merdeka, keadaan tidak berubah. Negara yang kaya akan sumber minyak bumi ini ternyata juga ternak pemimpin yang sangat korup. Selain itu, pemerintahan di negara ini sangat tidak jelas. Sistem politik sangat kacau hingga negara seperti dibiarkan begitu saja dengan pemimpin yang terus sibuk dengan uang negara.

6. Irak

Bukan hal mengejutkan jika negara Irak berada pada daftar atas negara paling korup di dunia. Irak memiliki sederet masalah yang seharusnya segera diselesaikan. Masalah-masalah itu antara lain kekacauan politik, protes dan pemberontakan, kekerasan, dan orang-orang pemerintahan yang tidak memiliki kompetensi untuk mengubah negara jadi lebih baik.

Irak [image source]
Irak [image source]
Negara ini memiliki ekonomi yang sangat kacau, bahkan hampir tidak ada negara yang mau menjalin kerja sama dengan negara yang tingkat korupsi di pemerintahannya sangat tinggi. Lapangan pekerjaan bagi rakyatnya sangat kecil hingga banyak sekali pengangguran dan tindakan kriminal. Negara ini berusaha membenahi diri agar bisa berkembang, namun pada kenyataannya usaha yang dilakukan selalu meleset dari sasaran. Dan yang menyebabkan hal ini meleset tidak lain dan tidak bukan adalah korupsi.

7. Turkemnistan

Negara Turkmenistan adalah negara yang terletak di antara Afganistan, Irak, dan Uzbekistan. Turkmenistan dikenal sebagai negara dengan tingkat korupsi yang sangat tinggi. Bahkan nyaris menyamai Irak yang merupakan negara tetangganya. Dunia internasional mengenal Turkmenistan sebagai salah satu negara yang sekuler, namun nyatanya negara ini tak ubahnya negara dengan pemimpin yang sangat diktator.

Turkmenistan [image source]
Turkmenistan [image source]
Kediktatoran ini bermula setelah negara ini pecah dari negara Uni Soviet berpuluh tahun lalu. Sebagian besar kebijakan stabilitas ekonomi yang dilakukan negara ini dikontrol pemerintahan. Sebagian besar uang negara telah diserap secara drastis untuk pemimpin yang korup. Uang itu sama sekali tidak digunakan untuk kepentingan rakyat.

8. Uzbekistan

Negara ini sangat jarang dibicarakan untuk masuk ke dalam daftar negara korup, namun nyatanya tahun ini masuk di urutan delapan. Uzbekistan dipimpin oleh seorang presiden yang tela berkuasa sejak akhir 80-an. Presiden ini membuat kebijakan untuk membatasi adanya investasi bisnis dari negara asing. Akibatnya, negara ini sangat kurang dalam bidang sumber daya dan kestabilan ekonominya kian terpuruk.

Uzbekistan [image source]
Uzbekistan [image source]
Sebagian besar penduduk Uzbekistan menganggantungkan hidupnya dengan bercocok tanam. Namun lahan yang digunakan kian lama kian kering hingga tidak ada nutrisi. Sekarang lahan pertanian di Uzbekistan dibiarkan kosong dan tandus. Sebagian besar orang di negara ini tidak memiliki pekerjaan. Sementara itu orang-orang di pemerintahan sedang berpesta uang dan membiarkan rakyatnya menderita setiap hari.

9. Libya

Kebebasan adalah hal yang hampir mustahil ada di Libya. Semua sektor mulai dari bisnis, ketenagakerjaan, dan kependudukan bergerak untuk mendapatkan sebuah kebebasan. Libya adalah negara di Afrika yang sedang bertahan dengan kekacauan politik dan pemberontakan yang dilakukan oleh warganya. Semua warga menuntut sebuah kebebasan yang dikekang untuk kepentingan segelintir orang di pemerintahan.

Libya [image source]
Libya [image source]
Saat ini Libya sedang mendapatkan subsidi dana dari dunia internasional untuk memperbaiki sektor ketenagakerjaan dan bisnis. Namun stabilitas keamanan negara yang masih kacau membuat hal ini seperti tidak berguna. Terlebih tingkat korupsi yang tidak bisa dibendung. Saat ini demonstrasi menentang pemerintahan seperti hal biasa yang terjadi setiap hari.

10. Eritrea

Negara ini jarang terdengar di dunia internasional. Eritrea adalah negara yang berada di Afrika, berbatasan dengan Sudan. Saat ini Eritrea tela melakukan banyak kerja sama dengan negara lain. Bahkan tahun 2014 Groos Domestic Product Eritrea mencapai 4 Miliar Dolar. Termasuk negara kecil yang baju jika dibandingkan dengan negara Afrika lainnya.

Eritrea [image source]
Eritrea [image source]
Keadaan negara di Eritrea termasuk representatif untuk bisnis. Namun di beberapa sisi, pihak pemerintahan sering bertindak otoriter. Terutama kepada rakyat yang memprotes adanya korupsi yang menguasai hampir di setiap sektor. Dan sebagian besar pemimpin negara ini sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan dan politik. Tak pelak negara kecil ini menjadi penutup sepuluh besar negara paling korup di dunia.

Indonesia memang tidak masuk ke dalam daftar sepuluh besar. Namun negara kita tercinta masuk ke peringkat 68 dari 175 negara di dunia yang paling korup.

Dan Indonesia masih berada di daftar merah yang menandakan tingkat korupsinya masih sangat tinggi. Semoga tahun depan tingkat korupsi Indonesia menurun, atau bila perlu menyamai Singapura sebagai negara terbersih dari korupsi di Asia Tenggara.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA