Nasi Sayur Babanci, Kuliner Asli Jakarta yang Nyaris Punah

oleh Cah Azi
13:42 PM on Mar 9, 2015

Berjalan kaki atau dengan naik sepeda menyusuri kawasan kota Tua, Anda akan serasa terlempar pada era kolonial Belanda dengan banyak bangunan bergaya klasik Eropa dan masih kokoh berdiri. Selain aneka bangunan tua yang kini dijadikan museum, Anda bisa mampir di salah satu bangunan yang menjajakan kuliner khas Betawi Nasi Babanci yang sudah jarang ditemukan.

Salah satu tempat yang masih menjual kuliner jadul ini adalah Historia Food and Bar. Memasuki restoran yang satu ini, traveler akan diajak kembali ke masa lalu. Barang-barang antik menjadi dekorasi ruangan dan dindingnya pun dicat dengan gaya mural.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

historia-food-and-bar (tripadvisor)
historia-food-and-bar (tripadvisor)

Walau kini sulit ditemukan di tempat lain, kuliner ini menjadi favorit orang-orang Betawi dan keturunan Tionghoa kalangan atas. Menurut asisten manajer restoran ini, nama Babanci sendiri berasal dari kata “Baba dan Enci”, kemudian disingkat menjadi Babanci.

Historia Food n Bar di Kota Tua yang Menyediakan Menu Ini (Wahyu A.P.)
Historia Food n Bar di Kota Tua yang Menyediakan Menu Ini (Wahyu A.P.)

Nasi Sayur Babanci mirip dengan kari. Nasi, sambal dan kecap dipisahkan dari kuah. Kuahnya berwarna kuning karena terbuat dari santan kelapa. Isi dari sayur Babanci ini antara lain bawang, pete, daging panggang sapi, kikil, srundeng juga daging kelapa muda. Rasanya pun gurih dan kuahnya terasa kental. Dagingnya pun terasa lembut karena direbus dengan waktu yang lama.

Nasi Sayur Babanci (Wahyu Adityo Prodjo)
Nasi Sayur Babanci (Wahyu Adityo Prodjo)

Harga seporsi nasi sayur Babanci adalah Rp. 45.000,-. Sedikit mahal memang. Akan tetapi dengan harga sekian, Anda bisa merasakan sensasi makan di tempat yang memiliki nilai historis. Selain itu, Anda juga turut andil melestarikan kuliner asli Indonesia agar tetap eksis.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA