Mumi Biksu 200 Tahun Ditemukan Dalam Posisi Meditasi

oleh Ayu
08:28 AM on Jan 30, 2015

Mumi adalah salah satu bentuk rekaman sejarah yang menunjukkan kehidupan di masa lalu. Merupakan pekerjaan rumah bagi para ahli forensik dan peneliti untuk bisa menemukan rahasia di balik tubuh yang telah mati namun tak membusuk itu.

Baru-baru ini, mumi seorang pendeta ditemukan di  Songinokhairkhan, salah satu provinsi di Mongol, pada 27 Januari kemarin. Yang membuat mumi ini unik adalah tubuhnya masih terlihat bagus seperti patung dan ia ditemukan dalam kondisi seperti biksu yang sedang melakukan meditasi.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Mumi Biksu 200 Tahun Ditemukan Masih Dalam Posisi Meditasi ASIANTOWN
Mumi Biksu 200 Tahun Ditemukan Masih Dalam Posisi Meditasi ASIANTOWN

Dilansir dari Asiantown (28/1), tubuh biksu pendeta yang telah berdiam dalam balutan kulit binatang ini tampaknya sudah berusia 200 tahun. Posisi lotus yang ia miliki terlihat seperti menunjukkan bahwa di akhir masa hidupnya, ia tetap melakukan meditasi yang mendalam. Hal ini lazim dilakukan oleh biksu-biksu senior yang mendedikasikan sisa hidupnya pada Sang Pencipta dan meninggalkan segala hal keduniawian.

Setelah ditemukan, mumi itu segera diteliti di Ulaanbataar untuk mengetahui seluk beluk dari mumi tersebut. Ada spekulasi kecil yang menduga bahwa mumi ini mungkin adalah Guru dari Lama Dashi-Dorzho Itigilov. Sosok Dashi-Dorzho Itigilov dikenal sebagai biksu kelahiran 1852 yang jasadnya tidak membusuk dalam meditasinya.

Kini Dashi-Dorzho Itigilov menjadi salah satu ikon religius dan sakral oleh para biksu. Ada kemungkinan jasad biksu yang baru ditemukan di awal tahun ini, kemungkinan masih ada kaitannya dengan Dashi-Dorzho Itigilov, karena menganut sistem yang sama. Hanya saja, kondisi mumi biksu yang baru ditemukan ini terlihat lebih tua.

Di masa lalu, memang sudah banyak diterapkan cara mengawetkan jenasah dengan  teknik mumi. Tidak hanya di Mesir saja, namun juga di berbagai negara Asia dan Barat. Sejauh ini, sudah ada 18 mumi ditemukan dengan kisah yang sangat fenomenal, seperti gadis Indian yang dibekukan ratusan tahun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA