7 Langkah Persiapan Mudik Agar Hati Tenang Saat Meninggalkan Rumah

oleh Maya Galuh
09:25 AM on Jul 15, 2015

Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan Lebaran adalah momen yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Apalagi di Indonesia, ini dia waktunya untuk mudik dan berkumpul bersama dengan keluarga. Untuk Anda yang tinggal di perantauan, pasti telah menantikan saat untuk pulang ke kampung halaman alias mudik.

Tips Persiapan Mudik Lebaran 1
Tips Persiapan Mudik Lebaran 1 [ImageSource]
Nah bagi yang tahun ini akan mudik bersama keluarga, ada banyak sekali persiapan yang harus dilakukan bukan? Dalam rangkaian artikel tips persiapan mudik lebaran, pada bagian I ini akan dimulai dengan persiapan untuk meninggalkan rumah. Ini dilakukan agar rumah tetap aman, terhindar dari pencurian dan juga kebakaran serta hal buruk lainnya. Simak yuk:
Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Jika di rumah Anda menggunakan kompor gas, maka sebelum berangkat mudik, cabut dulu selang yang menancap di kompor, kosongkan tabung gas lalu simpan baik-baik. Ini mengurangi risiko besar tabung gas tiba-tiba meledak dan menyebabkan kebakaran.
2. Cek semua kabel dan juga perlistrikan di rumah. Apakah ada yang perlu diperbaiki atau diganti? Jika iya, lakukan perbaikan segera. Hal ini meminimalisir kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek. Jangan lupa untuk mematikan seluruh lampu yang tidak digunakan dan juga mencabut colokan ya.
3. Periksa kondisi seluruh rumah, apakah ada yang bocor atau apa? Kita tidak pernah tahu cuaca yang akan terjadi. Jika mendadak hujan deras dan bocor, maka rumah akan basah dan berpotensi untuk konsleting (karena listrik akan masih tetap menyala) atau banjir dan ini adalah ‘bencana’ yang harus dihindari sejauh-jauhnya.
4. Nyalakan lampu yang berada di teras rumah dan juga belakang rumah. Namun pilih yang cahayanya tidak terlalu terang benderang pada siang hari. Kenapa? Agar orang tidak tahu bahwa sebenarnya rumah Anda telah kosong.
5. Bersihkan lemari es dari bunga es yang tebal dan buanglah aneka sayur mayur yang sudah tidak akan dimasak lagi. Selain kulkas bersih juga tidak akan ada sayuran atau buah yang busuk dan meninggalkan bau.
6. Pastikan seluruh kunci rumah, gembok gerbang dalam keadaan berfungsi sempurna. Sebelum berangkat mudik, pastikan dua kali siapa tahu ada yang terlupa belum Anda tutup atau kunci.
7.Jika ada tetangga sekitar yang tidak mudik, Anda boleh meminta tolong pada mereka untuk sesekali lewat rumah Anda dan memastikan bahwa kediaman tercinta dalam keadaan baik-baik saja. Jangan lupa juga untuk mendatakan diri ke RT setempat bahwa Anda mudik. Jadi peningkatan keamanan di sekitar rumah lebih dimaksimalkan.

Nah demikian tips bagian pertama, yaitu mempersiapkan rumah untuk ditinggal mudik. Untuk tips selanjutnya bisa dibaca di artikel berikutnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA