6 Mitos Tentang Kuburan yang Dipercaya Orang Indonesia Hingga Hari ini

oleh Rizal
07:00 AM on Jan 15, 2016

Sebenarnya tanpa perlu dikait-kaitkan dengan mitos, kuburan sudah punya nilai seramnya sendiri. Secara definitif saja kuburan sudah dideskripsikan sebagai tempat orang mati. Namun, bukan orang Indonesia tidak menyematkan mitos-mitos. Kalau kucing saja ada, apalagi tempat yang kental dengan kesan gaib seperti kuburan ini.

Baca Juga : Prabu Siliwangi, Gambaran Pemimpin Ideal yang Penuh Misteri

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Ada banyak mitos yang beredar terkait dengan kuburan ini. Salah satunya adalah mengucapkan permisi berkali-kali ketika melewati petak-petak kubur, dan jangan sampai menginjak bagian tengah kuburannya. Mitosnya, barang siapa dengan sengaja atau tidak melakukan hal ini, maka konon akan diimpikan oleh si empunya kubur. Entah benar atau tidak, namun yang jelas mitos seperti ini beredar di tengah-tengah masyarakat.

Tak hanya itu, masih ada banyak mitos tentang kuburan yang masih dipercaya orang-orang Indonesia sampai saat ini.

1. Jangan Menunjuk Kuburan Dengan Jari Telunjuk

Pernah dengar kan mitos satu ini? Ya, katanya kita dilarang untuk menunjuk kuburan dengan jari telunjuk kita. Entah tanpa sengaja atau tidak. Seumpama kita terlanjur melakukan ini, maka silakan emut telunjuk kita cepat-cepat.

Mitos mengatakan tidak boleh menunjuk makam [IMage Source]
Mitos mengatakan tidak boleh menunjuk makam [Image Source]
Mitosnya mengatakan kalau kita lupa mengemut jari telunjuk setelah menunjuk ke sebuah kuburan, maka jari jemari kita akan membusuk. Ada juga yang mengatakan jarinya akan putus. Memang terdengar tidak masuk akal, namun hal ini dipercaya sampai sekarang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA