Kala Bule Menyanyikan Lagu Indonesia, Penasaran Serunya Gimana?

oleh didi
10:00 AM on Nov 25, 2014

Musik atau lagu merupakan bahasa universal yang dinikmati semua orang dari seluruh penjuru dunia. Pertukaran budaya antar-negara menjadi semakin mudah dan menyenangkan dengan media musik dan lagu. Musik juga menjadi media sebuah negara untuk menunjukkan kebolehan dalam berkesenian.

Dibandingkan dengan negara lain yang memiliki industri musik yang maju, Indonesia memang tampak masih merintis jalan. Namun itu bukan berarti Indonesia tidak memiliki lagu-lagu bagus yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Mari kita simak beberapa lagu Indonesia yang dinyanyikan oleh orang asing berikut ini.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Lagu “Desaku” oleh Paduan Suara Romerswil

Dalam sebuah kesempatan, paduan suara Gereja Romerswil membawakan lagu spesial. Jika biasanya mereka membawakan lagu-lagu keagamaan, kali ini mereka membawakan lagu “Desaku” yang berasal dari Indonesia. Lagu ini dibawakan untuk memperingati 100 tahun gereja Roemerswil. Paduan suara ini mengaku telah berlatih selama dua bulan untuk menyanyikan lagu klasik Indonesia ini.

2. Nina Bobo oleh Twents Mannekoor

Kelompok paduan suara asal negeri kincir angin, Belanda ini tampak sangan khidmat dalam membawakan lagu Nina Bobo. Meskipun menyanyi sambil melihat teks, solois wanita Claudia Pattaca tampak fasih melafalkan lirik berbahasa Indonesia tersebut. Video ini diambil di Muziekcentrum Enschede, 3 November 2007 silam.

3. Lagu Indonesia Raya di Korea

Dalam sebuah acara untuk memperingatu 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea Selatan, pihan Korea Selatan membuat konser kecil. Dalam konser itu, lagu kebangsaan Korea Selatan dan lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan berurutan. Setelah lagu kebangsaan Korea selesai dinyanyikan, para pemain musik melantunkan instrumental lagu Indonesia Raya. Penonton terdengar ikut menyakikan lagu kebangsaan tersebut. Setelah bait pertama selesai, paduan suara di panggungpun menyanyikan lagu tersebut dengan cukup fasih.

4. Indonesia Raya oleh Murid-Murid di Australia

Murid-murid dari Marlborough Primary School, Melbourne menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk dipertontonkan via webcam kepada murid di sebuah sekolah di Jakarta, Indonesia. Meskipun menyanyi sambil membaca teks, murid-murid tersebut tampak fasih menyanyikanya. Mereka juga menyilangkan satu tangan di dada sebagai tanda hormat kepada lagu kebangsaan tersebut. Video ini diunggah oleh channel jaringan radio Australia

5. Kemesraan oleh Eru dan Hyorin

Festival Music Bank yang dihelat di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Maret 2013 lalu membawa sebuah kenangan manis untuk para penontonnya. Pasalnya idola K-Pop Eru dan Hyorin “Sistar” membawakan lagu Indonesia. Lagu yang mereka pilih adalah lagu “Kemesraan” yang pernah dibawakan oleh Iwan Fals dan Rafika Duri. Konser ini juga ditayangkan live di stasiun TV Korea.

Demikian lima lagu Indonesia yang dibawakan oleh orang asing, yang tidak hanya datang dari kalangan artis, namun juga kalangan pelajar. Semoga ini menjadi motivasi kita untuk mempelajari dan melestarikan budaya musik Indonesia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content