Mengenang Keseruan Tazos, Mainan Sederhana dengan Sensasi Nostalgia yang Segudang

Ada sensasi membanggakan yang sulit terlukiskan ketika kita memiliki koleksi tazos dengan gambar-gambar ekslusif.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
11:00 AM on Apr 10, 2017

Ada banyak hal yang bisa kamu tanyakan kepada orang lain untuk memverifikasi apakah mereka anak 90-an atau bukan. Semisal, apakah mereka pernah punya tamagotchi? Pernahkah mereka punya “mobil balap” tamiya? Apakah mereka suka nongkrong depan TV dari jam 6 pagi hingga 12 siang demi mantengin kartun favorit? Coba tanyakan juga, apakah mereka pernah membeli sebungkus chiki demi sekadar mendapat satu buah tazos di dalamnya?

Ya, tazos juga bagian dari kekayaan budaya generasi 90-an. Meski tak sekeren beyblade, game boy, atau tamiya, namun benda plastik yang pipih dan berbentuk bundar ini punya kedudukan setara di benak anak 90-an sebagai mainan seru yang tak lekang untuk dikenang. Memangnya hal-hal apa saja dari tazos sih yang bikin kita pengen balik ke zaman dulu?

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Gambar-gambar menarik dari kartun terfavorit

Supaya lebih menarik, para produsen biasanya mendesain tazos dengan gambar-gambar kartun favorit. Dan yang paling membekas dalam ingatan, tentu saja kartun Looney Tones dan Pokemon. Dan pada era Pokemonlah mainan sederhana ini mulai digandrungi bocah-bocah zaman itu.

Tazos Pokemon emang paling joss! [Image Source].
Kamu bisa mendapatkan sekeping tazos sebagai hadiah dari sebungkus makanan ringan, chiki, yang diproduksi oleh sebuah produsen makanan kenamaan. Cara lainnya, kamu juga bisa membeli mainan ini secara eceran atau grosiran dari teman kamu.

Bagaimanapun, sensasi mendapatkan tazos dari hasil membeli sekantung chiki sungguh tak terlupakan. Agak menggelikan jika diingat bahwa dulu kita membeli chiki hanya demi mendapat sebuah tazos.

Jantung berdegup kencang seiring kita membuka kemasan chiki untuk mencari tahu tazos bergambar apa yang akan kita dapatkan. Namun, harapan kita yang sudah mengawang setinggi-tingginya untuk mendapatkan tazos langka pupus begitu saja ketika kita hanya mendapat tazos “pasaran” yang sudah banyak dimiliki anak-anak lainnya.

Seiring perkembangannya, mainan para cilik ini juga ikut berubah. Seperti bundar sempurna, bundar bergerigi atau segi lima, segi enam hingga segi delapan, dengan bagian ujung di setiap sisinya yang dapat ditekuk sesuka hati.

Banyak cara seru-seruan pas main tazos

Meski mainan ini sangat sederhana, namun bocah generasi 90-an sudah cukup cerdas untuk menggali semua kemungkinan yang bisa dilakukan. Sehingga, ditemukanlah banyak metode yang bisa ditempuh supaya mereka tetap dapat seru-seruan.

Tazos. [Image Source].
Pertama, adu tos-tosan. Simpel kok, caranya kurang lebih seperti tos-tosan kartu bergambar. Patokannya ya, jika kepingan tazosmu ketika sudah ditos dan jatuh di lantai menunjukkan bagian depan atau gambar kartunnya, maka kamu menang begitupun sebaliknya. Jika lawanmu juga demikian, maka hasilnya seri. Siapa yang menang, bakal mendapatkan tazos lawan.

Kedua, menyusun tazos. Benda ini juga ternyata bisa dijadikan sebuah karya seni. Caranya dengan cara menautkan satu tazos dengan tazos lainnya. Bagian gerigi pada tazos ternyata ada kegunaannya. Lewat celah sempit tersebut, kamu bisa menyusun tazos koleksimu untuk menjadi karya seni yang niscaya bisa bikin kamu jadi bocah keren di sekolah.

Ketiga, tembak sasaran. Biasanya metode ini melibatkan banyak pemain. Biasanya tiga hingga lima orang. Caranya, kalian harus mengumpulkan beberapa buah tazos untuk ditumpuk di tempat yang tinggi, seperti meja. Lalu, secara bergiliran setiap pemain akan mendapatkan kesempatan menembak menggunakan tazos. Setiap tazos yang jatuh dari tumpukan akan menjadi milik si penembak.

Bisa jadi jutawan dari tazos

Jangan salah loh, dari hasil menjual tazos saja bocah-bocah masa lampau sudah bisa menghasilkan uang. Oke, jadi jutawan memang terdengar cukup hiperbolis, namun sensasi yang kita rasakan ketika berhasil menjual tazos dan mendapatkan uang sukses membuat kita merasa jadi saudagar kaya untuk sesaat.

Wuidihh, niat bener ya dikarungin satu-satu. Mungkin dia kolektor tazos legendaris. [Image Source].
Kamu bebas mematok harga tazos sesukamu. Namun, ketika penulis dulu masih unyu-unyu, umumnya sekeping tazos bisa dihargai sekitar 50 hingga 100 perak. Belum lagi jika tazos yang dijual cukup langka dan tak banyak orang punya. Ada rasa bangga yang sulit terlukiskan ketika memiliki tazos bergambar paling ekslusif. Kalau sudah begitu, si penjual bakal langsung mengadakan “lelang dadakan,” misal di rumah temannya atau rental PS, dan menjualnya kepada penawar tertinggi.

Jangan dulu nyinyir, tazos langka harganya bisa mencapai seribu rupiah atau bahkan lebih! Angka yang sangat banyak untuk ukuran anak-anak saat itu. Lalu uang hasil penjualannya digunakan untuk apa? Ya, kalau enggak beli chiki buat dapet tazos lagi paling dipake maen PS. Yang pasti kesadaran kami untuk ikut meringankan beban ortu, dengan cara mengurangi uang jajan misalnya, sedikitpun belum tumbuh. Jadi, harap maklum.

Itulah sepotong nostalgia yang dapat kita kenang dari mainan sederhana bernama tazos. Kalau tidak salah, terakhir produsen chiki yang sama pernah merilis tazos bergambar Angry Bird. Namun, seperti yang diduga, mainan tersebut tak lagi sepopuler dulu karena telah tersisih oleh mainan-mainan canggih dan modern saat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA