Mengenal SCP 169, Hewan Raksasa Purba yang Ukurannya Lebih Besar Dari Apa pun di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 1, 2016

Kalau kita membahas tentang makhluk hidup terbesar, maka sudah jelas nama Amphicoelias Fragillimus pasti masuk di dalamnya. Alasannya, hewan prasejarah ini ukurannya memang benar-benar sinting. Dari kepala hingga ekor, panjangnya hampir 60 meter. Gajah Afrika dewasa pun seperti kucing baginya. Amphicoelias Fragillimus memang sangat besar dan diketahui sebagai spesies terbesar. Tapi, ternyata masih ada satu hewan lagi yang ukurannya juga tak kalah besar. Ya, hewan ini bernama SCP 169 yang dikenal juga dengan Leviathan.

Kamu mungkin takkan pernah percaya ini, namun ukuran SCP 169 sungguh sangat besar. Bentang tubuhnya kira-kira 8 ribu kilometer. Ya, kilometer bukan meter. Kira-kira seluas Kepulauan Riau atau berkali-kalinya lebar kota Jakarta. Sangat tidak masuk akal memang ada makhluk sebesar ini, di samping tidak pernah adanya reportase soal itu. Tapi, beberapa peneliti mempercayai keberadaan monster ini dengan berbagai alasan.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Lebih lanjut soal SCP 169, berikut adalah fakta-fakta ngeri tentang hewan raksasa yang dianggap khayalan itu.

Ukuran SCP 169 yang Benar-Benar di Luar Akal

Dari berbagai artikel dan dokumen yang ada soal SCP 169, di sana diketahui jika ukuran makhluk ini sungguh luar biasa besar. Seperti yang disinggung sebelumnya, SCP 169 memiliki bentang tubuh yang sangat besar yakni sekitar 8 ribuan kilometer. Kalau diumpamakan seperti sebuah wilayah, SCP 169 sama seperti 10 kali ukuran Samarinda.

Scp 169 [Image Source]
Scp 169 [Image Source]
Benar-benar besar bahkan terlampau besar. Jika dibandingkan dengan Amphicoelias Fragillimus, hewan raksasa itu seperti semut bagi manusia. Tentu saja orang-orang pun tak buru-buru percaya soal eksistensi SCP 169 ini. Bayangkan seumpama ada 100 ekor saja, Samudra Pasifik pasti sudah penuh sesak.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA