5 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mengantongi Pinjaman Usaha Dari Bank

Ternyata ini rahasia yang buat orang-orang mudah mendapat pinjaman dari bank

oleh Aini Boom
08:00 AM on Jul 25, 2017

Sulitnya untuk mendapat pekerjaan membuat banyak orang banting setir dan berniat memulai sebuah usaha. Sayangnya, kadang niat untuk terjun berwirausaha harus pupus oleh kenyataan tidak adanya modal yang memadai. Akhirnya, orang-orang yang berniat menjadi usahawan ini pun berakhir dengan label pengangguran.

Terkait masalah modal, sebenarnya ada sebuah solusi yang bisa dicoba yaitu meminjam dana kredit modal usaha ke bank. Namun untuk mendapatkannya banyak ketentuan dan syarat yang harus diikuti. Maka dari itu, banyak sekali orang yang gagal gara-gaga nggak paham apa yang sebenarnya diinginkan bank dari peminjam. Nah, berikut ini tips agar kamu lebih mudah mendaparkan kredit modal usaha.

Baca Juga
10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan Ini Sangat Layak Buat Kamu Coba
5 Tips Finansial Ini Wajib Kamu Lakukan Agar Bisa Bertahan Hidup di Amerika

Mulai dengan Bisnis Kecil Terlebih Dahulu

Ilustrasi bisnis kecil [image: source]
Kebanyakan alasan sebuah bank menolak proposal peminjaman modal usaha karena belum merasa usaha yang kita jalankan teruji keberhasilannya. Ketidakpercayaan ini tentu beralasan, sebab saat usaha yang kita jalankan gagal, maka kerugian juga akan ditanggung pihak bank. Sebab berisiko peminjam akan seret mencicil kreditnya. Itulah kenapa sebelum mengajukan pinjaman modal kamu harus memulai usaha kecil dulu. Meski kecil, upayakan membuat kerangka usaha yang jelas di awal. Usaha ini akan menjadi modal apik sebelum maju mengajukan peminjaman ke bank.

Membuat Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan [image: source]
Laporan keuangan merupakan tindak lanjut dari pembangunan usaha kecil. Data laporan keuangan yang tersusun rapi dan jelas mampu memberi gambaran dan acuan untuk pihak bank dalam melihat prospek ke depan bisnis itu. Dengan begitu, mereka bisa mempertimbangkan keuntungan yang didapat dari meminjami modal bagi kita.

Membuat Rekening Khusus untuk Usaha

Ilustrasi rekening khusus usaha [image: source]
Membuat rekening khusus untuk usaha merupakan satu hal penting yang diperhatikan pihak bank. Hal yang terlihat remeh ini justru menunjukkan profesionalisme calon nasabah yang  akan mengambil kredit usaha. Orang yang mencampur rekening usaha dengan uang pribadi jelas kurang professional, sebab kebiasaan ini akan membuat proses pencatatan pemasukan dan pengeluaran tidak rutin tak bisa diidentifikasi. Berbeda dengan mereka yang memisahkan dua rekening tersebut, pergerakan usaha akan terlihat dengan jelas dan laporan keuangannya pun bisa tersusun dengan baik.

Mempertahankan Riwayat Kredit yang Baik

Ilustrasi tepat membayar hutang [image: source]
Menghindari para nasabah nakal, Bank Indonesia kini telah memiliki teknologi Sistem Informasi Debitur (SID). Teknologi ini membuat setiap orang yang pernah melakukan kredit akan terekam dengan baik di sana dan bisa diakses oleh setiap Bank. Nah, bagi orang yang memiliki riwayat pinjaman kredit yang buruk akan diketahui oleh seluruh bank di Indonesia. Tentu dengan alasan ini, mereka dengan mudah bisa menolak kredit modal usaha yang kamu lakukan. Karena itu, sangat penting untuk mempertahankan riwayat kredit yang baik.

Bersikap Jujur

Ilustrasi berkas pribadi untuk meminjam uang di bank [image: source]
Setelah empat hal di atas kamu terapkan, maka terakhir diperlukan sikap jujur. Maksudnya, dalam memberikan dokumen dan berkas administrasi yang diminta harus data asli. Karena percuma jika kamu berusaha untuk mengelabui pihak bank, mereka dengan mudah akan mengetahui keaslian berkasmu. Alih-alih ingin mendapat kredit modal usaha, tindakan pemalsuan berkas yang kamu lakukan bisa membuatmu nangkring di penjara.

Hal-hal di atas akan mudah dilakukan jika kamu mempersiapkan semua hal dengan baik sejak jauh-jauh hari. Jika kelimanya tuntas kamu lakukan, maka mendapat kredit peminjaman modal usaha ke Bank akan menjadi sangat mudah. Semoga sukses.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA