Melon Yubari King, Buah Termahal di Dunia Asal Jepang yang Harganya Setara Mobil Mewah

Kira-kira, kamu rela nggak berkorban ratusan juta rupiah buat sepasang melon?

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Apr 10, 2017

Ngomongin soal melon, mungkin kalian semua sudah sering makan buah yang punya aroma harum ini. Tapi, gimana dengan melon Yubari King? Dijamin hanya segelintir orang yang pernah mencicipinya, bahkan mungkin tidak ada sama sekali. Wajar, mengingat buah melon satu ini memang sangat lain daripada si saudara semangka kebanyakan.

Ya, melon Yubari terkenal di dunia karena jumlahnya yang sangat terbatas serta harganya yang mungkin akan membuatmu mengumpat. Untuk satu buahnya, setidaknya kamu harus mau melego satu atau dua mobil di garasi. Tapi, kalau rasa sih jangan ditanya. Lebih jauh tentang si melon bikin miskin, berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga
Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota

Harganya bikin melongo

Nggak heran kalau buah ini masuk jajaran buah paling mahal di dunia. Bayangin, sepasang buah ini paling murah dihargai 500 ribu yen, atau sekitar Rp 58 juta. Itu paling murah lho ya. Biasanya buah melon Yubari dari jenis king bisa dijual hingga 2,5 juta yen atau sekitar Rp 250 juta. Hmm, beli Avanza bekas dapat dua tuh.

Melon Yubari King [iamge source]
Herannya, tiap tahun buah ini selalu mengalami kenaikan harga. Popularitas Yubari King rupanya bikin buah ini jadi trend tersendiri. Karena harganya yang selangit, buah ini dianggap sangat eksklusif dan hanya bisa terbeli oleh orang-orang dari kalangan atas. Orang Jepang yang bisa bawa pulang buah satu ini, tentu dinilai punya kehidupan dengan tingkat ekonomi ‘makmur’.

Dilihat dari fisiknya, hampir sama dengan melon kebanyakan

Sekilas, bentuk buah melon Yubari memang terlihat seperti melon pada umumnya. Bulat dengan warga kulit hijau muda. Jika sudah masak, melon ini akan memiliki daging buah berwarna orange tua. Biasanya, melon Yubari akan dijual bersama tangkainya.

Melon Yubari King matang [image source]
Menurut beberapa orang yang pernah menikmati buah mahal ini, dijelaskan jika melon Yubari memiliki rasa yang lebih juicy, manis, dan juga renyah. Merupakan melon kultivar yang sangat lezat dimakan, dagingnya juga lembut dengan kandungan air yang pas saat dimakan. Tentu berbeda dengan buah melon kebanyakan.

Mengapa melon Yubari sangat mahal?

Buah melon Yubari King dikembangkan di kawasan Yubari, Hokkaido. Buah tersebut merupakan hasil persilangan antara dua jenis melon yang ditanam di rumah kaca. Melon Yubari King ditanam dan dipanen dengan jumlah terbatas.

Buah melon dengan tekstur lembut [image source]
Orang Jepang biasanya menggunakan buah kelas atas ini untuk dijadikan hadiah dalam perayaan chugen (acara tahunan di Jepang pada tanggal 15, bulan lunar ke-7). Melon ini biasanya juga digunakan sebagai oleh-oleh untuk rekan bisnis, atasan kerja dan juga orangtua sebagai tanda penghormatan.

Bikin turis asing terkejut

Bagi orang Jepang, harga melon Yubari yang ugal-ugalan sudah jadi hal biasa. Namun, rata-rata turis asing yang berkunjung ke Jepang terkejut bukan main saat melihat sepasang buah melon dijual dengan harga mencapai jutaan yen.

Melon Yubari [image source]
Selain dijual di supermarket, buah ini juga dilelang via internet yang bisa diikuti semua masyarakat Jepang. Warga Negeri Sakura rupanya percaya akan mendapatkan berkah, keberuntungan dan juga rezeki yang melimpah jika bisa memenangkan lelang melon Yubari King ini.

Hmm, jadi sepasang melon Yubari bisa buat beli satu truk melon biasa tuh. Kalau kita-kita orang Indonesia mungkin mikirnya mending buat beli mobil aja ya. Jadi kebayang, pasti para petani melon satu ini hidupnya sangat kaya raya. Eits, di balik mahalnya buah ini, ternyata proses produksinya juga sangat sulit lho.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA