in

5 Megatsunami Paling Mengerikan yang Nyaris Membuat Dunia Hancur

5. Megatsunami Vajont yang Membuat Italia Merana

Pada umumnya, tsunami selalu berhubungan dengan laut. Tapi, kejadian satu ini tidak demikian. Jadi, Italia pernah jadi korban megatsunami lantaran sebuah waduk. Awal mulanya, pemerintah sana membangun sebuah dam untuk membendung aliran sungai dari sebuah gunung. Bendungan ini sendiri cukup tinggi, yakni mencapai lebih dari 250 meter. Di bagian bawah waduk ini terdapat desa-desa yang ditinggali ribuan orang.

Bendungan Vajont [Image Source]
Bendungan Vajont [Image Source]
Bencana terjadi ketika beton yang menahan airnya mulai retak dan akhirnya hancur karena desakan air. Hal ini kemudian menciptakan megatsunami dengan ketinggian ratusan meter. Air membuncah dengan ganas dan menerjang desa-desa yang ada di bawahnya. Ketika itu, hampir sebagian desa di kaki gunung lenyap. Korban manusianya sendiri diperkirakan mencapai 2000an orang.

BACA JUGA: Inilah 7 Senjata Super Yang Pernah Dimiliki Nazi Dan Membuat Dunia Ketakutan

Persamaan dari semua kejadian ini hanya satu, yakni sama-sama terjadi di masa lalu. Meskipun demikian, bukan berarti takkan pernah ada lagi megatsunami. Peneliti sepakat jika kemungkinan terjadinya bencana tersebut cukup besar, meskipun belum diketahui kapan waktunya. Jadi, bisa dibilang kita sekarang ini tengah menunggu detik-detik megatsunami selanjutnya datang.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Sangar Jagdkommando, Pisau Militer Paling Mematikan di Dunia

Menyingkap Misteri Mahkota Sultan Ternate yang Sangat Keramat dan Konon Tak Ternilai Harganya