5 Megatsunami Paling Mengerikan yang Nyaris Membuat Dunia Hancur

oleh Rizal
14:28 PM on Jul 13, 2016

Istilah tsunami pastinya sudah cukup akrab di telinga banyak orang. Tapi, soal megatsunami, ternyata tak semua orang tahu. Ya, seperti namanya, ini adalah tragedi tsunami tidak biasa di mana levelnya lebih tinggi lagi. Tak hanya menghasilkan dampak yang sangat parah, secara fisik megatsunami memiliki ketinggian gelombang berkali-kali lipat dari yang biasa.

Bumi pernah mengalami beberapa kali megatsunami. Tragedi ini muncul di beberapa masa dalam rentang waktu jutaan tahun lalu sampai sekitar 20 tahun belakangan. Megatsunami terjadi tak terlalu sering terjadi, namun sekalinya muncul ia menimbulkan kerusakan yang tidak karuan. Di samping lantaran penyebab kemunculannya juga langka.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Nah, membicarakan soal megatsunami paling mematikan, berikut adalah beberapa kejadian tsunami super paling gila yang pernah terjadi dalam sejarah manusia.

1. Ibu Tsunami, Megatsunami Paling Dahsyat Sepanjang Masa

Bumi pernah mengalami kejadian parah yang nyaris membuat semua makhluk hidup tewas. Ya, kembali ke sekitar 66 juta tahun lalu, ada sebuah tragedi megatsunami yang benar-benar luar biasa dan membuat kerusakan masif. Sebuah tsunami diklasifikasikan ke dalam kelas mega jika tingginya lebih dari 100 meter. Nah, yang satu ini jauh lebih tinggi lagi.

Ilustrasi Ibu Tsunami [Image Source]
Ilustrasi Ibu Tsunami [Image Source]
Percaya atau tidak, megatsunami satu ini diperkirakan oleh para peneliti mencapai tinggi sekitar 5 kilometer. Tak bisa terbayangkan gelombang setinggi itu. Maka tak heran ketika terjadi, megatsunami ini hampir menyapu sebagian besar daratan di muka bumi. Inilah adalah megatsunami paling parah. Makanya, kemudian peneliti menjulukinya sebagai Ibu Tsunami.

2. Megatsunami Chesapeake, Sangat Mematikan dan Berulang-Ulang

Salah satu alasan kenapa hewan-hewan prasejarah musnah adalah lantaran asteroid. Nah, siapa sangka jika benda angkasa ini ternyata juga jadi penyebab terjadinya bencana besar lainnya. Seperti yang disebut oleh peneliti dengan tragedi Megatsunami Chesapeake. Para ahli yakin jika tsunami super ini terjadi lantaran asteroid berdasarkan bukti-bukti yang ada.

Ilustrasi asteroid menabrak Bumi [Image Source]
Ilustrasi asteroid menabrak Bumi [Image Source]
Tak dikatakan dengan gamblang seberapa gila megatsunami ini. Namun, diyakini ia juga tak kalah mematikan dengan memiliki ketinggian ratusan meter. Ngerinya, megatsunami ini tak cuma sekali terjadi tapi berulang-ulang. Kejadian ini sendiri berlangsung di sekitar 35 juta tahun lalu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA