4 Masjid Berkubah Paling Megah di Indonesia yang Bikin Ibadah Makin Betah

Salah satunya bahkan mirip dengan masjid terkenal yang ada di Turki!

oleh Sastranagari
16:00 PM on Jun 5, 2017

Masjid bisa menjadi salah satu penyemangat kita dalam menunaikan ibadah. Kamu pasti senang banget kan kalau mengunjungi masjid yang bersih dan nyaman? Ibadah bisa semakin khusyu’ dan lancar.

Suatu keuntungan lagi kalau masjid yang kamu kunjungi memiliki nilai estetis, tempatnya bersejarah, memiliki keunikan tersendiri atau kubahnya yang megah misalnya. Pasti menambah semangat untuk melangkah. Seperti masjid Rahmatan Lil Alamin yang memiliki kubah megah nan sarat akan nilai filosofis. Nah, kali ini kita akan berkunjung ke masjid-masjid dengan kubah unik dan megah yang ada di Indonesia. Masjid apa sajakah itu?

Baca Juga
Mengintip Keindahan Pantai ‘Perawan’ Sidoasri, Lokasi Alami yang Jarang Terjamah
Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

1. Kubah Sarat Akan Nilai Filosofis Masjid Rahmatan Lil Alamin

Masjid Rahmatan Lil Alamin digadang-gadang sebagai salah satu masjid terbesar di Indonesia. Terletak di sebuah kampus bernama Al Zaytun, Desa Mekarsari Indramayu, Jawa Barat, masjid ini memiliki ukuran yang luar biasa. Tingginya 73.123 meter dari bawah sampai ujung kubah. Masjid ini memiliki 7 lantai dan mampu menampung kurang lebih 4000 jamaah.

Kubah Masjid Rahmatan Lil Alamin [image source]
Keunikan dari kubah masjid ini adalah kemegahannya dan nilai filosofisnya. Masjid Rahmatan Lil Alamin memiliki 5 buah kubah, satu yang paling besar dikelilingi 4 lainnya yang kecil dengan formasi setengah lingkaran. Empat kubah tersebut adalah perlambang 4 mazhab paling besar di dunia, yaitu Hanafi, Maliki, Safi’i dan Hambali, sedangkan yang paling besar merupakan simbol Muhammad, sebagai penaung keempat mazhab tersebut. Masih ada lagi, pada seriap ujung masjid terdapat 8 kubah sebagai simbol 8 penjuru mata angin dunia.

2. Masjid Berkubah Emas, Dian Al Mahri

Banyak yang mengatakan, bahwa masjid Dian Al Mahri merupakan kompleks masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 8000 meter persegi. Dengan ukuran seluas itu, masjid Dian Al Mahri mampu menampung sekitar 20 ribu jamaah.

Masjid Dian Al Mahri [image source]
Yang menarik perhatian masyarakat dari masjid ini adalah kubahnya yang terbuat dari emas. Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah yang semuanya berlapis emas. Kubah yang terbesar memiliki diameter bawah 16 meter, tengah 2o meter, dan tinggi 25 meter. Sedangkan keempat kubah kecilnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Semuanya dilapisi emas setebal 2-3 milimeter.

3. Masjid Berkubah 200 Ton, Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar ini terletak di Surabaya. Diresmikan pada tahun 2000 oleh almarhum Gus Dur. Keunikan masjid ini berada pada kubah dan mihrabnya yang merupakan terbesar di Indonesia. Kubah Masjid Al Akbar ini memiliki tinggi 27 meter.

Kubah Masjid Al Akbar [image source]
Kubah masjid Al Akbar memiliki warna yang unik, biru kehijau-hijauan. Bahan pembuatannya diadaptasi dari kubah Masjid Raya Selangor Malaysia. Selain memiliki warna yang unik, bentuk kubahnya juga terbilang beda dari yang lain, yaitu elips menyerupai bentuk telur. Yang paling bikin kagum adalah beratnya, kubah Masjid Al akbar memiliki berat hampir 200 ton.

4. Kubah Megah Bak Haghia Sophia, Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda yang menempati lahan seluas 43.500 meter persegi ini berdiri di tepian Sungai Mahakam. Jadi kamu bisa beribadah sekaligus menikmati pemandangan Sungai Mahakam. Selain pemandangan indah tersebut, Masjid Islamic Center juga memiliki kubah megah yang indah.

Kubah Masjid Islamic Center [image source]
Kubah berbentuk dome tersebut jika dilihat sepintas mirip dengan kubah Masjid Haghia Sophia yang ada di Turki sana. Ya, kubah masjid ini memang terinspirasi dari keindahan Haghia Sophia. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Turki kalau ingin melihat keindahan Haghia Sophia. Cukup terbang saja ke Samarinda.

Sarana dan prasarana memang bisa menjadi penyemangat kita dalam menunaikan ibadah. Masjid termasuk salah satunya. Sebenarnya nggak perlu yang megah-megah, nyaman dan bersih saja sudah cukup. Alangkah baiknya lagi kalau motivasi beribadah kita tumbuh dari dalam diri sendiri karena Allah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA