7 Masalah Nggak Penting yang Selalu Hadir Sebelum Wisuda!

oleh Adi Nugroho
22:00 PM on Aug 10, 2015

Wisuda adalah hal yang paling dinanti oleh semua orang, tak terkecuali penulis artikel ini. Wisuda itu ibaratnya resepsi pernikahan yang telah kita tunggu selama empat tahun (bisa lebih kalau Anda cinta banget sama kampus!). Artinya, sebuah kehidupan baru akan menunggu kita di luar sana, plus tantangannya juga. Namun, sebelum wisuda datang biasanya banyak masalah akan datang. Bahkan bisa membuat kita lebih pusing daripada memikirkan revisian skripsi yang susahnya enggak ketulungan.

Beberapa dari kita terutama kaum wanita bisa pusing semalaman memikirkan apa yang akan dipakai saat wisuda. Belum lagi bingung foto, bingung ini, bingung itu yang akhirnya membuat nggak fokus dengan makna utama dari wisuda. Nih, tujuh masalahnya! Semoga Anda yang akan wisuda tidak mengalaminya tahun ini!

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila Dijamin Bikin Publik melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Bingung Sewa Kostum dan Nyalon!

Masalah satu ini biasanya dialami oleh kaum hawa. Mereka menginginkan wisuda merupakan hari spesial sekali seumur hidup berjalan dengan “wah!”. Penampilan harus semaksimal mungkin. Bila perlu melakukan makeover (nggak makeup lagi) agar terlihat beda dan makin cantik. Jika foto dengan Rektor hasilnya harus bagus melebihi semua teman-temannya!

Makeup [image source]
Makeup [image source]
Well, akhirnya sebelum wisuda sibuklah para kaum wanita ini mencari salon. Karena biasanya saat wisuda, salon akan penuh booking-an. Sebelum kehabisan salon dan dapat harga spesial, berburulah mereka! Dan lagi, mengenai baju, para wanita akan mati-matian memilih yang sangat bagus. Bahkan rela diet selama sebulan biar bajunya muat dan wisuda kelihatan mempesona!

2. Bingung Belanja

Mungkin tak semua orang akan mengalaminya. Namun bagi Anda yang menginginkan namanya kesempurnaan, belanja sebelum wisuda itu wajib. Mulai belanda baju seperti kebaya untuk cewek, lalu jas untuk cowok. Lalu belanja sepatu, belanja tas, belum lagi belanja pernak-pernik lain yang menunjang penampilan.

Belanja [image source]
Belanja [image source]
Segala hal yang ada harus terlihat sempurna. Bila perlu beli parfum baru spesial untuk wisuda. Hal macam ini kadang membuat kita kebingungan sendiri. Seharian penuh bisa kita gunakan untuk mengelilingi pasar dan menawar barang yang kita inginkan dengan harga serendah mungkin!

3. Bingung Masih Jomblo

Oke masalah yang satu ini agak akut. Dan susah diselesaikan dalam waktu yang cepat. Bagi para jomblo-er sejati pasti bingung saat wisuda. Mereka ingin sekali saat momen berharga ini datang, pasangan ada di samping. Dengan begitu wisuda akan nampak lebih sempurna. Terlebih jika pasangan ini bisa dikenalkan kepada orang tua. Momen wisuda benar-benar tepat untuk melakukan penjajakan ke orang tua atau calon mertua.

Jasa Pasangan [image source]
Jasa Pasangan
Mengenai masalah ini ternyata ada sebuah jasa couple. Beberapa orang menyediakan pasangan yang akan hadir di wisuda dengan ganti uang. Tak tanggung-tanggung mereka menyediakan jasa foto, kejutan hingga dikenalkan kepada orang tua. Benar-benar sudah desperate banget jika sampai wisuda nggak ada pasangan! Tuh yang pengen ada pasangan bisa cari jasa penyedia pacar bohongan!

4. Bingung Dengan Tubuh yang Gemuk!

Agak krusial sebenarnya masalah ini. Badan yang agak tambun membuat para pria maupun wanita jadi kebingungan. Mereka ingin mendapatkan foto kualitas baik. Untuk itu mereka menginginkan sekali bentuk tubuhnya jadi sempurna. Paling tidak, mereka bisa memakai pakaian yang sudah dibeli jauh-jauh hari. Akhirnya diet dilakukan dengan segala daya dan upaya.

Gemuk [image source]
Gemuk [image source]
Momen wisuda adalah hal yang penting. Akan banyak foto yang akan diambil. Untuk itu mendapatkan wajah yang tirus, dan perut yang tak menggelambir bisa membuat semua momen terlihat sangat sempurna. Entah itu cuma foto di depan taman tanpa background buku-buku bisa membuat kita merasa, wow!

5. Bingung Mencari Tempat Foto

Sama halnya dengan mencari salon, Anda yang kebetulan punya uang lebih akan bingung mencari tempat foto. Kalau ingin foto kualitas wahid, Anda akan menyewa fotografer profesional atau menyuruh teman yang hobinya fotografi. Oke permasalahan pertama sudah selesai. Sekarang muncul permasalahan yang kedua, yaitu di mana tempat fotonya.

Foto Wisuda [image source]
Foto Wisuda [image source]
Tempat wisuda biasanya dipenuhi dengan orang dan sangat kacau. Untuk mencari tempat foto dengan background bagus akan susah. Jadi mikir lagi deh. Sudah susah-susah sewa tukang foto kalau spot fotonya jelek juga percuma. Walah repot!

6. Bingung Mau Mentraktir Teman

Tak semua teman satu angkatan akan wisuda di saat yang bersamaan. Akibatnya, saat ada teman yang wisuda, todongan untuk mentraktir selalu datang dengan cara yang mengerikan. Kita yang akan wisuda biasanya akan menyisihkan sebagian uang untuk mentraktir mereka yang datang saat wisuda. Entah itu cuma kue atau makan di kafe yang mahal!

Nraktir teman [image source]
Nraktir teman [image source]
Mengatasi hal ini, lebih baik menabung sejak mulai skripsi. Siapa tahu jika lulus cepat kita bisa menggunakan uangnya untuk mentraktir banyak orang. Ya, hitung-hitung berbagi kebahagiaan kepada teman. Kan anggak ada salahnya meski kadang bikin dompet kempes!

7. Mendatangkan Keluarga Besar

Barangkali saat wisuda hanya ada dua orang yang boleh masuk ke dalam gedung. Namun orang yang akan datang pasti bejibun. Mulai dari nenek-kakek, paman-bibi, hingga sepupu dan tetangga yang nggak ingin kehilangan momen besar dalam kehidupan kita ini. Akhirnya bingunglah kita bagaimana mengakomodasi semua orang itu. Terlebih jarak antara kampus dan kota tempat asal jauh.

rombongan keluarga [image source]
rombongan keluarga [image source]
Akhirnya menyewa mobil atau menaikkan mereka ke kereta. Sampai di tempat kita juga harus mengusahakan tempat tinggal dan makan. Nahlo ribet kan! Wisuda yang harusnya bisa santai malah membuat kita jadi kesusahan sendiri. Hadeh!

Anyway, dari tujuh poin di atas kira-kira mana yang pernah Anda alami? Atau mana saja yang tidak ingin Anda alami saat wisuda kelak?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA