Melihat Proses Pembuatan Minuman dan Makanan Ringan di Pabriknya

oleh Admin
07:40 AM on Dec 7, 2014

Kebanyakan orang akan menghabiskan waktu senggangnya dengan kudapan atau camilan. Makanan kecil ini juga sering menemani aktifitas kita sehari-hari. Makanan kecil rasanya sudah menjadi bagian dari hidup kita yang tidak bisa terpisahkan.

Namun pernahkah terlintas di benak ada bagaimana caranya kudapan nikmat itu dibuat. Mari kita berjalan-jalan ke pabrik pembuatan makanan dan minuman favorit anda. Dan lihat, mesin-mesin canggih berperan dalam pembuatan makanan-makanan mungil tersebut.

Baca Juga
Ayam Bakar Rasa Mantan, Kelezatan yang Pasti Bikin Kamu Gagal Move On
5 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Sukses Bikin Bule-Bule Ketagihan

1. Cokelat

Makanan ini diklaim sebagai bahan makanan paling lezat di dunia. Cokelat, siapa yang tidak suka yang satu ini? Rasanya yang manis memberikan sensasi menenangkan bagi tubuh kita.

Pembuatan cokelat diawali dengan mencampur mentega, susu, dan cokelat putih. Setelah adonan selesai, adonan tersebut dicetak dalam ukuran kecil. Kemudian dilapisi dengan cokelat cair yang kemudian masuk ke dalam pendingin untuk dibekukan.

2. Permen Gummy

Permen kenyal ini memang paling banyak disukai oleh anak-anak. Namun, tidak jarang orang dewasa juga sering memakannya di waktu senggang. Rasanya yang manis, tekstur yang kenyal dan bentuk yang lucu menjadi daya tarik utamanya.

Prosesnya, tepung berperisa strawberi dicampur sirup jangung diaduk sampai rata dan membentuk adonan. Adonan tersebut dipotong panjang dipanaskan dan disemprot dengan minyak mineral agar mengilap.

3. Keripik Kentang

Makanan satu ini paling pas untuk teman menonton di saat santai. Pembuatan keripik kentang ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Bagian paling sulit adalam membuat kemasan keripik kentang tersebut.

Pertama, kaleng kentang dilapisi dengan plastik merk dagang keripik tersebut. Kemudian sebuah kamera khusus akan mengawasi letak plastik merk dagang dan dipotong tepat pada bagian yang sudah ditentukan. Setelah itu, barulah kaleng tersebut diisi dengan keripik kentang yang anda biasa nikmati

4. Permen Karet

Kudapan paling populer ini ternyata dibuat dari bahan sintetik yang disebut dengan “gum base”. Gum base terbuat dari plastik dan campuran kimia lainnya yang membuat permen karet bertekstur kenyal. Inilah sebabnya, anda tidak boleh menelan sisa permen karet anda, karena gum base tidak bisa dicerna dengan baik oleh usus kita.

Setelah gumbase dan sirup gula tercampur, adonan diberi pewarna. Setelah kita mendapatkan adonan berwarna, mesin akan menarik adonan tersebut hingga memanjang. Adonan akan dipotong kecil-kecil dan akhirnya diberi bungkus plastik.

5. Minuman Soda

Meski semua orang tahu bahwa minuman ini tidak sehat, namun minuman ini masih menjadi primadona. Menemani cuaca yang panas, minuman soda selalu tampak menggoda. Dalam video ini, anda akan melihat bagaimana minuman tersebut dibuat.

Pertama-tama, botol disterilkan dengan air mineral. Kemudian, minuman mulai dimasukkan ke dalamnya, hingga botol terisi 80 persen. Setelah botoh terisi minuman barulah soda diinjeksikan dan botol segera ditutup.

Tidak ada salahnya untuk mengecek kudapan favorit anda hingga ke pabriknya. Dari proses pembuatan tersebut, anda akan tahu bahan-bahan apa saja yang anda masukkan ke tubuh ketika memakan kudapan anda. Hal itu tentu akan membuat anda lebih berhati-hati lagi dalam memilih kudapan. (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA