5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Kamboja

oleh Admin
08:00 AM on Dec 7, 2014

Kamboja merupakan negara tetangga kita yang sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini berbatasan langsung dengan Laos, Vietnam dan Thailand. Sayangnya, belum ada penerbangan langsung dari Indonesia menuju Kamboja. Oleh karenanya, kita mesti transit dulu di Kuala Lumpur, Bangkok atau Singapura. Total lama perjalanan dari Jakarta ke Phnom Penh yang merupakan ibu kota Kamboja adalah sekitar 4 jam, dan mungkin akan bertambah beberapa jam, tergantung lama waktu transit kita.

Berikut ini 5 tempat wisata utama yang wajib dikunjungi di Kamboja:

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Angkor Wat

Kuil ini merupakan tempat wisata andalan kerajaan Kamboja. Lebih dari 50 persen turis yang dating ke Kamboja berkunjung ke objek bersejarah ini. Angkor Wat terletak di kota Siem Riep yang berjarak sekitar 350 kilo dari Phnom Penh. Angkor Wat merupakan sebuah kuil Hindu yang didirikan pada abad 12.

Angkor Wat
Angkor Wat

Pada dasarnya, kawasan Angkor yang luasnya sekitar 400 kilometer persegi terdiri dari ratusan kuilDan Angkor Wat adalah kuil terbesarnya. Untuk menjelajahi kuil ini, minimal diperlukan waktu 4 jam. Sebab untuk memasuki kuil ini, pengunjung mesti berjalan melewati sebuah jembatan panjang, yang merupakan satu-satunya akses pintu masuk ke dalam kuil. Selain itu, kuil ini begitu luas dengan pemandangan yang sejuk dan begitu banyak relief yang sayang jika dilewatkan.

Jika memiliki waktu lebih, anda bisa mengunjungi kuil-kuil lain di kawasan Angkor, seperti Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo dan Ta Phrom. Kuil Ta Phrom begitu unik, sebab kuil-kuilnya banyak yang ’dililit’ oleh pepohonan besar, dan belakangan kuil ini menjadi begitu terkenal sebab pernah dijadikan lokasi syuting artis Angelina Jolie dalam film Tom Raider.

Sudah banyak penerbangan langsung dari beberapa Negara yang menuju Siem Riep. Namun jika dari Phnom Penh, perjalanan menuju Siem Riep bisa menggunakan pesawat atau bis (dengan waktu tempuh sekitar 7 jam).

2. Istana Raja dan Silver Pagoda

Tujuan wisata lainnya adalah Istana Raja Kamboja, yang letaknya di jantung kota Phnom Penh. Istana raja ini begitu menarik sebab selain bangunannya yang indah dan berbentuk khas Kamboja.

Silver Pagoda
Silver Pagoda

Masih di dalam lokasi istana, kita bisa sekalian mengunjungi Silver Pagoda. Silver Pagoda terletak di sisi selatan istana. Sebelumnya, bangunan ini dikenal sebagai Wat Preah Keo. Disebut silver pagoda sebab lantainya dilapisi oleh lebih dari 5000 buah ubin berbahan perak, dan masing-masing ubin adalah seberat 1 kilo.

Anak tangga yang menuju ke Silver Pagoda dibuat dari marmer yang khusus didatangkan dari Italia. Di dalam bangunan ini terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9584 berlian 25 karat dengan berat 90 kg. Bangunan ini merupakan tempat ibadah resmi bagi Raja Kamboja.

Jika mengunjungi istana dan dan Silver Pagoda, disarankan untuk berangkat pagi (buka mulai jam 8 pagi), sebab pada jam 11 sampai jam 2 siang, kompleks istana ditutup bagi wisatawan sebab Raja dijadwalkan mengadakan acara dan menerima tamu-tamu kenegaraan pada jam tersebut. Istana akan kembali dibuka pada pukul 2 siang.

3. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Masih di Phnom Penh, objek wisata lainnya adalah Tuol Sleng Genocide Museum. Pada dasarnya museum ini adalah sebuah bangunan sekolah SMA yang pada masa kekuasaan Pol Pot dijadikan sebagai penjara dan tempat penyiksaan.

Tuol Sleng
Tuol Sleng

Antara 1975-1978, lebih dari 17 ribu orang pernah masuk dan disiksa di tempat ini dan kemudian dibawa ke tempat pembantaian (killing field) di Choeung Ek yang terletak sekitar 30 menit perjalanan dari Phnom Penh.

Di Killing Field, bisa dilihat bekas-bekas kekejaman Pol Pot melalui sebuah audio tour. Di tempat ini sebanyak 8000 tengkorak dipajang di balik lemari kaca untuk mengenang betapa banyak korban pada masa singkat kepemimpinan Khmer Merah. di sini ditemukan 129 kuburan masala, di mana sampai saat ini 43 di antaranya masih belum digali dan tetap dibiarkan seperti apa adanya.

4. Thmey Market

Bagi yang suka belanja, Thmey Market merupakan pasar yang wajib dikunjungi. Di sini dijual berbagai macam barang, mulai pakaian, aneka ragam souvenir untuk oleh-oleh, batu-batu mulia, sampai sayur dan buah juga bisa ditemui.

Thmey-Market
Thmey-Market

Batu mulia merupakan hasil tambang andalan kerajaan Kamboja. Meski ini pasar kamboja, jangan heran jika di pasar ini, anda juga bisa ketemu batik-batik dari Indonesia.

5. Sihanoukville

Sihanoukville atau yang juga dikenal dengan Kompong Som bisa dikatakan sebagai “Bali” nya Kerajaan Kamboja. Wisata utama kota yang terletak sekitar 4 jam perjalanan dari Phnom Penh ini adalah berupa pantai dan pasir putih yang membentang di sekitarnya. Ada beberapa pantai sekaligus yang bisa dikunjungi di kota ini, yaitu Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach.

Sihanoukville
Sihanoukville

Masing-masing pantai menawarkan pemandangan yang berbeda. Suasananya yang masih sangat alami dan cukup dekat dari Phnom Penh, membuat kota ini menjadi tempat berlibur yang cukup menyenangkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA