Sedapnya 8 Fakta Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Ini

oleh Rahma Muliani
12:00 PM on Aug 13, 2015

Selain terkenal akan budayanya, Indonesia juga begitu dikenal akan kulinernya yang sangat nikmat dan beraneka ragam. Setiap daerah di tanah air kita tercinta ini, mempunyai makanan khas masing-masing yang mampu menarik perhatian dunia.

Banyak orang luar negeri datang hanya untuk menikmati kuliner khas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, beberapa menu makanan dari Indonesia ini pun kerap disajikan di beberapa negara. Makanan apa saja kah yang mendunia itu? Mari kita simak selanjutnya.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Gado-Gado

Makanan yang satu ini berasal dari daerah Jawa. Gado-gado merupakan makanan yang berupa sayur-sayuran yang direbus kemudian disajikan dengan campuran bumbu kacang tanah. Biasanya, Gado-gado disajikan dengan tambahan lontong dan kerupuk. Bisa dibilang, gado-gado ini adalah salad versi Indonesia.

Gado-Gado, Hadir Dalam Sebuah Festival Di Napoli
Gado-Gado, Hadir Dalam Sebuah Festival di Napoli [ImageSource]
Pada tahun 2010 lalu, Gado-gado hadir dalam sebuah festival makanan yang diadakan di Napoli, Italia. Hebatnya lagi, gado-gado menduduki juara pertama dalam lomba kuliner tersebut. Wuiiih, sangat membanggakan.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah sebuah makanan berbahan nasi yang dicampur bumbu-bumbu, kemudian digoreng menggunakan sedikit minyak. Setiap daerah di Indonesia mempunyai variasi bumbu, rasa dan campuran  nasi goreng yang berbeda-beda.

Nasi Goreng, Hidangan Terlezat Kedua Di Dunia
Nasi Goreng, Hidangan Terlezat Kedua di Dunia [ImageSource]
Pada tahun 2011 Nasi Goreng menduduki peringkat kedua dalam daftar ’50 Makanan Terlezat di Dunia’ lewat sebuah polling yang diadakan oleh CNN Internasional. Polling yang diadakan lewat sebuah situs di internet itu telah diikuti oleh sekitar 35.000 orang.

Nggak heran ya kalau nasi goreng memang bisa merambah dunia internasional. Rata-rata turis atau bahkan artis luar negeri yang datang ke Indonesia, akan mencari makanan yang satu ini. Entah itu artis Hollywood, Jepang, dan yang baru-baru ini hits, para idola Kpop. Yah, memang nikmatnya nasi goreng Indonesia, susah untuk ditolak.

3. Soto Ayam

Soto Ayam adalah makanan Indonesia sejenis sup yang menggunakan air kaldu ayam dan bumbu kunir sebagai bahan utamanya. Ada banyak sekali campuran yang digunakan, tapi yang paling populer adalah ayam atau daging. Soto Ayam ini biasanya lebih nikmat dinikmati bersama nasi atau lontong dan kerupuk.

Soto Ayam, Sangat Laris di Jepang
Soto Ayam, Sangat Laris di Jepang [ImageSource]
Pada sebuah festival di Jepang, Soto Ayam menjadi salah satu makanan yang paling laris dan menjadi menu andalan setiap tahunnya. Acara ini sendiri diselenggarakan oleh para pelajar dari Indonesia yang juga bergabung dalam PPIJ (Perhimpunan Pelajar Indonesia Jepang).

Oh ya, soto ayam juga pernah menghangatkan hari-hari para korban Tsunami Jepang beberapa waktu lalu. Pada bulan April 2011, ada sebuah program sosial yang bekerjasama dengan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) disebut ‘takidashi’. Mereka memberikan bantuan penyediaan makanan, dan menu yang dipilih adalah soto ayam. Wah, makanan memang bisa menjadi salah satu sarana solidaritas ya.

4. Sate Ayam

Selain Soto Ayam, Sate Ayam juga tak kalah terkenalnya di dunia. Sate Ayam ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan arang. Dalam penyajiannya, daging ayam yang telah dibakar tadi disajikan dengan campuran bumbu kacang tanah dan kecap.

Sate Ayam, Hadir Dalam Sebuah Restoran Di New York
Sate Ayam, Hadir Dalam Sebuah Restoran di New York [ImageSource]
Di New York, ada sebuah restoran yang menjual Sate Ayam. Walaupun restoran itu tidak terlalu besar, tapi dengan adanya menu Sate Ayam, restoran ini menjadi favorit bagi warga Amerika. Jumlah pengunjungnya pun selalu bertambah sejak pertama kali restoran itu berdiri.

5. Rendang

Makanan yang berbahan daging ini berasal dari daerah Sumatra Barat. Rendang mempunyai cita rasa yang khas, karena menggunakan bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang sangat beragam. Rasanya gurih, pedas serta nikmat.

Rendang, Makanan Terlezat Nomor Satu Di Dunia
Rendang, Makanan Terlezat Nomor Satu di Dunia [ImageSource]
Rendang ada dua macam, ada yang kering ada yang basah. Rendang kering biasanya tidak cepat basi dan dapat tahan dalam waktu tahunan. Pada tahun 2011, Rendang mendapat peringkat pertama  dalam daftar ’50 Hidangan Terlezat Dunia’ yang digelar oleh CNN Internasional.

Rendang memang termasuk kuliner yang kelezatannya susah ditolak. Banyak anak bangsa yang merantau ke luar negeri dengan memboyong rendang kalengan. Karena sulit sekali mendapatkan makanan yang ngangenin ini di sana. Christine Hakim juga pernah membawa rendang ke Hong Kong untuk anak negeri yang rindu akan makanan kampung halamannya itu. Bahkan sampai mendemonstrasikan cara memasak rendang supaya awet dan berpesan agar jangan lupa bawa rendang kalau hendak meninggalkan Indonesia. Christine Hakim sendiri merupakan artis Indonesia yang masih membawa darah Padang dalam dirinya.

6. Tempe

Tidak perlu diragukan lagi kenikmatan dari Tempe. Makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini memang dapat dinikmati dengan cara apa saja. Mau itu digoreng, dibacem, disemur atau diolah menjadi menu makanan lainnya.

Tempe, Rasanya Memikat Warga Jepang
Tempe, Rasanya Memikat Warga Jepang [ImageSource]
Rustono, adalah seorang berkewarganegaraan Indonesia yang mempunyai usaha tempe di Jepang. Beliau yang begitu dikenal dibeberapa daerah di Jepang mengakui, bisnisnya itu sangat memikat warga Jepang. Produk yang dijualnya pun juga sangat laku keras.

Kedai tempe William Mitchell
Kedai tempe William Mitchell [Image Source]
Bukan cuma anak negeri yang sukses jualan tempe di luar negeri. Bule yang mampir Indonesia pun kabarnya membuat kedai tempe di London. William Mitchel, yang pernah tinggal di Indonesia, memutuskan untuk belajar membuat tempe dan menjual makanan yang menurutnya tidak ada duanya ini, ke negaranya sendiri. Menurutnya, semua orang di negerinya perlu mencoba makanan enak ini.

7.  Sop Buntut

Makanan Indonesia yang satu ini berbahan dasar daging buntut / ekor sapi. Buntut / ekor sapi ini dibumbui terlebih dahulu kemudian barulah dibakar atau digoreng. Penyajiannya disertakan dengan kuah sop yang terbuat dari kaldu daging sapi.

Sup Buntut, Hadir Di Spanyol
Sup Buntut, Hadir di Spanyol [ImageSource]
Kedutaan Indonesia yang ada di Spanyol, pernah mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia. Sop Buntut menjadi salah satu menu yang dihadirkan dalam acara tersebut. Hampir sekitar 300 orang lebih yang hadir dan mencicipi makanan tersebut, langsung jatuh hati dengan Sop Buntut.

8. Indomie

Memang bukan makanan tradisional, tapi boleh lah masuk makanan khas Indonesia yang mendunia. Mie instant yang satu ini memang fenomenal. Dari anak kecil, anak kost, karyawan  sampai kakek nenek, tahu dan banyak yang suka dengan Indomie. Di Indonesia bahkan ada warung khusus yang akan memasakkan kamu Indomie persis seperti di bungkusnya.

Makan Indomie mirip seperti gambar di bungkusnya [Image Source]
Makan Indomie mirip seperti gambar di bungkusnya [Image Source]
Nggak hanya di Indonesia. Ternyata mie ini melanglang buana hingga ke luar negeri. Sampai ada bule yang bikin jingle Indomie atau bikin tutorial masak Indomie dengan berbagai modifikasi yang malah bikin orang Indonesia sendiri ngiler.

Itulah tadi beberapa makanan Indonesia yang berhasil memikat dunia. Sudah sepantasnya kita bangga bukan. Meski ada begitu banyak makanan lezat yang ada di dunia ini, tetapi cita rasa makanan Indonesia akan tetap melekat di hati dan sulit untuk dilupakan. Setuju nggak?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA