Bukan Lagi Mitos! Ini Laptop 5 Jutaan dengan Spesifikasi Maut

“Ada gak sih laptop yang murah tapi speknya gak kacangan?”

oleh Faisal Bosnia Ahmad
18:00 PM on Mar 8, 2017

Kalimat di atas mungkin menjadi salah satu pertanyaan abadi yang terus menggelayut di benak kamu, para pencari komputer jinjing berspek tinggi yang kebetulan hanya punya anggaran dana yang cukup “minimalis.” Laptop dengan performa mumpuni dicari bukan hanya karena kemampuannya untuk melahap game-game masa kini, tapi lebih dari itu, laptop seperti ini juga dapat menunjang dalam kegiatan atau pekerjaan yang relatif berat, seperti mengedit foto atau video secara profesional , misalnya.

Lalu, berapa duit yang harus kita keluarkan untuk mendapatkan laptop impian berspesifikasi dewa? Setiap orang tentu punya patokan harga murahnya masing-masing. Biarpun begitu, kami sepakat bahwa laptop paling murah namun tetap menawarkan spesifikasi yang tidak murahan idealnya bisa kamu peroleh dengan bujet sekitar 5 jutaan.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Acer Aspire E5-475G (Rp5,6 jutaan)

Acer sudah malang melintang di dunia perkomputeran Indonesia. Dari seabrek produk laptop yang mereka tawarkan Acer Aspire E5-475G ini adalah laptop spek paling dewa dengan harga paling terjangkau. Dengan kocek “cukup” 5 jutaan saja, kamu sudah bisa memboyong laptop yang menyematkan prosesor Intel Core i3-6100U. Prosesor tersebut berasal dari keluarga Skylake yang tergolong masih fresh.

Laptop 5 jutaan
Laptop Acer E5-475G. [Image Source].
Untuk kartu grafisnya prosesor canggih tersebut ditemani oleh VGA Intel HD Graphics 620, untuk performa lebih hemat daya, serta kartu grafis dedicated NVIDIA GeForce 940MX sebesar 2 GB untuk kebutuhan yang lebih berat, seperti maen game. Sedangkan RAM bawaannya adalah 4 GB dan bisa kamu tingkatkan hingga 32 GB (2 slot X 16 GB).

Fitur menarik lainnya adalah power-off USB charging. Di mana kamu bisa mengisi ulang daya ponsel cerdas kamu atau perangkat lainnya via laptop ini. Jadi, dengan begini kamu gak perlu repot lagi nenteng power bank.

Acer E5-551 (Rp5,9 jutaan)

Acer juga menyediakan laptop keren berprosesor AMD. Laptop ini dipasangi AMD A10-7300 APU dan ditopang oleh VGA dari pabrikan yang sama, Radeon R7. Meski menawarkan resoulusi standar, High Definition, namun layarnya lebih besar, 15,6 inci. Cocok bagi kamu yang hobi multi-tasking.

Laptop 5 jutaan
Laptop Acer AMD paling gahar dengan harga terjangkau. [Image Source].
Buat kamu yang masih ragu dengan prosesor saingan Intel ini, hilangkan rasa bimbang kamu. AMD A10 lebih kurang setara dengan prosesor Intel Core i7 entry –level. Jika dianalogikan, Intel adalah Samsung sedangkan AMD adalah Xiaomi. Benar, dengan performa nyaris sebanding, AMD berani menawarkan produknya harga yang jauh lebih kompetitif ketimbang Intel.

Asus X555DA (Rp5,4 jutaan)

Selain merk di atas, ASUS juga menjadi salah satu merk laptop sejuta umat di Indonesia. Bahkan, saat ini mereka menjadi brand notebook dengan penjualan paling laris di Indonesia. Sudah terbayang seperti apa kualitas kehebatannya bukan?

Laptop 5 jutaan
Asus X555DA. [Image Source].
Laptop elegan ini ditenagai oleh AMD A10-8700P APU Carrizo yang setara dengan prosesor Intel Core i5 Broadwell. Untuk urusan kartu grafis diserahkan kepada AMD Radeon R6 sebesar 2 GB yang dibantu dengan RAM 4 GB. Konfigurasi tinggi tersebut dijamin mampu menyeburkan kinerja yang sesuai dengan yang kamu mau.

Lenovo Z40-75 (Rp5,7 jutaan)

Kalau kamu bosan dengan merk-merk di atas, kamu bisa coba menjajal atau bermigrasi ke produk Lenovo. Brand asal Cina ini sudah cukup berpengalaman menghadirkan komputer jinjing kelas wahid dengan harga yang terjangkau. Laptop yang menjamin akan menjauhkan kamu dari rasa frustrasi akibat leletnya kinerja yang dihasilkan.

Laptop 5 jutaan
Lenovo. [Image Source].
Kamu bisa coba Lenovo Z40-75 yang dipersenjatai oleh prosesor AMD A10-7300 berotak empat inti. Laptop ini dilengkapi dual-graphic R6 + R6 M255DX sebesar 2 GB yang berarti akan membuat kegiatan yang kamu kerjakan di laptop ini semakin cihuy. Layarnya sendiri berukuran 14 inci dengan resolusi HD yang sudah cukup untuk kegiatan harian kamu.

HP 14-R201TX-X1 (Rp5,6 jutaan)

Brand dari Amerika yang dikenal cukup getol merilis produk berharga premium ini ternyata punya notebook jagoan yang harganya terjangkau. Ditopang prosesor Intel Core i5-5200U berkecepatan hingga 2,7 GHz, laptop ini jelas bisa kamu jadikan kandidat kuat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kamu yang memerlukan spek mumpuni.

Laptop 5 jutaan
HP. [Image Source].
Ditambah lagi dengan VGA GT820 M, yang meski termasuk jajaran kartu lama, namun performanya tetap menawan. Penyimpanan bawaannya juga sangat lega, 500 GB. Lebih dari cukup bukan untuk menyimpan semua film hasil unduhan kamu.

Itulah 5 rekomendasi laptop 5 jutaan yang berhasil kami rangkum. Setiap harga yang tertera telah kami telusuri dari berbagai situs e-commerce terpercaya, meski begitu mungkin harganya akan sedikit berbeda dengan harga yang ditawarkan oleh toko komputer favorit kamu.

Sedikit kiat tambahan dari kami. Kalau kamu sudah punya dana lebih di dompet kamu, alangkah lebih baiknya supaya kamu meningkatkan performa laptop tersebut. Sektor-sektor yang bisa kamu improvisasi di antaranya seperti meningkatkan kapasitas RAM menjadi semaksimal mungkin (biasanya hingga 16 GB atau 32 GB) dan mengganti jenis penyimpanan dari Hard Disk Drive menjadi Solid State Drive. Dengan begitu, niscaya performa laptop kamu akan semakin wuzz wuzz!!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA