5 Alasan Mengapa Lagu Sheila On 7 Itu Ngangenin Banget!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 23, 2015

Tidak bisa dipungkiri jika Sheila on 7 adalah salah satu band Indonesia yang melegenda. Namanya bisa disejajarkan dengan Dewa 19 yang terlebih dahulu merajai belantika musik Indonesia. Kemunculannya pertama kali di tahun 1999 silam, Duta dan kawan-kawannya mampu menggebrak musik di Indonesia dengan musiknya yang jujur, penuh makna, dan juga sederhana.

Itulah mengapa band yang telah berganti beberapa personil ini masih bisa eksis dan bertahan di tengah gempuran band baru. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Duta selalu bisa membuat kita tersenyum. Membuat kita ingat kembali masa-masa penuh kenangan di masa lalu yang kadang nyaris kita lupakan.

Baca Juga
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita
Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih

Mendengar lagu-lagu Sheila On 7 kapan pun dan di mana pun akan selalu membuat kita bahagia. Karena kenapa? Karena lagu ini ngangenin banget! Berikut alasannya!

1. Lagu yang Dilantunkan Sangat Jujur Mewakili Kita Semua

Satu nilai plus yang dimiliki oleh Sheila on 7 yang tak dipunyai oleh banyak band baru di Indonesia: kejujuran! Hal itu bisa terlihat dari lirik lagu yang dibawakan dengan apik. Sebut saja sebuah lagu berjudul “Sahabat Sejati” yang sangat digandrungi banyak orang di Indonesia. Lagu ini menceritakan tentang sepasang sahabat yang sampai kapan pun akan selalu bersama apa pun keadaannya.

Berikut petikan liriknya yang ngangenin banget: “Pegang pundakku jangan pernah lepaskan, bilau kau mulai lelah, lelah dan tak bersinar.

Kejujuran inilah yang mampu ditangkap oleh banyak orang. Kejujuran ini pula yang membuat bekas di hati hingga kita akan selalu ingat, selalu mengenang. Nyaris semua lagu dari Sheila On 7 selalu berisi kejujuran yang sudah sangat jarang kita temu di lagu zaman sekarang.

2. Sebuah Kesederhanaan yang Kadang Kocak dan Menusuk Ulu Hati

Hal lain yang membuat lagu-lagu dari Sheila On 7 ngangenin banget adalah isinya yang sederhana. Liriknya tak terlalu mendayu-dayu, penuh bunga-bunga kata agar terlihat, wah! Beberapa lagu dari band ini cenderung sederhana. Pemilihan temanya selalu berkaitan dengan hal sehari-hari hingga memiliki kedekatan emosional kepada pendengarnya.

Beberapa lagu seperti “Pejantan Tangguh” disajikan dengan sederhana, kocak, namun juga maknanya kadang dalam sekali. Seperti ini kira-kira liriknya:”Jantan, pejantan tangguh itulah yang kuharap ada padaku. Agar, agar diriku bisa melumpuhkan tingkah liarmu.

Petikan di atas begitu sederhana. Sesuatu hal yang sangat langka dari lagu-lagu zaman sekarang. Karena lagu masa kini kalau enggak lebay ya lagunya tak bermutu. Beda dengan lagu-lagu Sheila On 7 yang membuat kesederhanaan menjadi sesuatu yang berharga.

3. Makna yang Disajikan Selalu Dalam dan Membuat Kita Merenung

Coba dengarkan lagu Sheila On 7 yang memiliki judul “Dan” di bawah ini sampai habis. Bagaimana menurut anda maknanya? Dalam sekali bukan? Hal yang pasti ada dan menjadi nyawa dari lagu-lagu Sheila On 7 adalah makna. Meski kadang sederhana, makna ini membuat kita kembali merenung.

Inilah kesederhanaan yang terpancar dari lagu Dan: “Dan, bukan maksudku, bukan inginku, meleukaimu, sadarkankan kau di sini kupun terluka.

Sebuah lagu hanya akan jadi lagu jika tidak memberikan apa-apa kepada pendengarnya. Sama halnya dengan buku, jika buku tak ada maknanya maka jadi tak berguna. Dengan adanya makna yang terkandung, sebuah lagu akan menjadi semakin berbobot. Bahkan selalu dirindukan oleh siapa saja. Seperti lagu-lagu Sheila On 7 yang tak pernah membuat kita bosan.

4. Lagu Berisi Tema Kehidupan yang Kompleks

Lagu tentang percintaan memang masih menjadi primadona, bahkan sampai sekarang. Itulah mengapa hampir semua band besar selalu mengusung tema cinta dalam setiap lirik lagu. Beberapa justru membuat cinta jadi tema lagunya. Berbeda dengan Sheila On 7, lagu tema kehidupan yang kompleks ada di sini.

Misal lagu tentang kehidupan yang tergambar di “Sebuah Kisah Klasik” Coba perhatikan liriknya berikut: “Sampai jumpa kawanku, semoga kita selalu, menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.” Tema tentang persahabatan adalah hal yang kerap diusung Sheila On 7 hingga membuatnya kian dikenang dan selalu dirindukan.

5. Sampai Kapan pun Lagu Sheila On 7 Tetap Enak Didengarkan

Mau kita mendengarkannya hari ini, esok hari, atau bertahun-tahun lagi, hampir semua lagu Sheila On 7 enak didengar. Istilah lainnya adalah timeless. Lagu ini tak dibatasi waktu dan akan tetap terasa enak di dengarkan kapan saja. Pemilihan tema yang diambil Eros saat mencipta lagu benar-benar brilian.

Seperti lagu “Seberapa Pantas” yang liriknya selalu membuat kita kangen masa lalu:”Celakanya, hanya kaulah yang benar-benar aku tunggu, hanya kaulah yang benar-benar memahamiku.

Hanya dengan mendengarkan lagu-lagu Sheila On 7 saja kita akan dibawa ke masa lalu yang penuh kenangan. Hanya dengan mendengar melodinya lagunya saja kita akan kangen dan ingin mendengarkan lagunya yang liriknya selalu tertempel di kepala tanpa kita hafalkan.

Ngomongin Sheila On 7 memang tak ada habisnya. Seperti saat kita mengenang masa-masa sekolah yang penuh dengan tawa, kadang tangis yang menyakitkan. Semoga setela mendengarkan lagu-lagu di atas rasa kangen kita terhadap band ini, atau kangen dengan masa kecil bisa terobati meski tak sepenuhnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA