Kecoak Terbang Saja Udah Bikin Ngeri, Ini Ada Lagi Laba-Laba Meluncur Tanpa Jaring!

oleh Tetalogi
07:00 AM on Aug 22, 2015

Melihat kecoak saja bagi sebagian orang sudah bikin bergidik ngeri, apalagi kecoak yang tiba-tiba terbang. Nah, ini malah ada laba-laba yang meluncur tanpa jaring. Kira-kira bagaimana reaksimu bertemu dengan hewan berkaki delapan ini? Tapi tenang, jangan panik dulu, karena laba-laba yang dimaksud ini tinggal di hutan.

Laba-laba yang satu ini nggak butuh parasut buat bisa terbang dan mengayun ke batang-batang pohon terdekat. Dari hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of the Royal Society Interface pada 19 Agustus lalu, laba-laba ini mampu mengontrol pergerakan di udara dengan kaki depan mereka.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Terbang tentu bukanlah fitur yang bisa diduga terdapat pada laba-laba. Apalagi mereka tidak punya sejarah bisa terbang atau punya sayap. Jadi para ilmuan pun tidak  menyangka laba-laba bisa meluncur di udara seperti itu.

Flattie, laba-laba tipis yang mampu meluncur tanpa jaring laba-laba [Image Source]
Flattie, laba-laba tipis yang mampu meluncur tanpa jaring laba-laba [Image Source]
Meski begitu, laba-laba tidak punya sayap. Jadi perilaku meluncur di udara seperti itu kemungkinan merupakan hasil evolusi karena batang pohon adalah tempat tinggal yang lebih baik bagi laba-laba hutan. Tidak seperti dasar hutan yang penuh dengan binatang yang mencari mangsa.

Yanoviak dan timnya mencoba melakukan tes pada beberapa serangga sebelum akhirnya melakukan tes pada laba-laba dengan menjatuhkan mereka dari ketinggian. Meski begitu, laba-laba pertama yang dijatuhkan ternyata gagal. Percobaan kemudian dilakukan pada laba-laba besar namun pipih yang hidup di wilayah tropis Amerika yang sering disebut ‘flatties’.

 

Meski flatties bisa tumbuh hingga sebesar kaleng sup, laba-laba ini sangat tipis. Ia mampu bergerak dengan sangat cepat dan mampu berkamuflase dangan baik sehingga sulit melihatnya kecuali saat ia tiba-tiba bergerak. Tim peneliti kemudian membubuhkan serbuk fluorescent agar mudah diidentifikasi. Selanjutnya binatang ini dijatuhkan dari ketinggian 20 hingga 25 meter dari atas tanah.

Ternyata, binatang ini bahkan lebih tangkas dari kucing dan mampu memutar balik tubuhnya hanya dalam waktu beberapa mili detik saja, mengarahkan kepalanya kebawah, kemudian meluncur ke batang pohon untuk menyelamatkan diri. Dalam cuplikan video yang direkam Yanoviak, laba-laba tersebut menyetir dirinya dengan menggunakan kaki depannya.

Meski begitu, Yanoviak belum yakin jika gerakan kaki ini yang membantu laba-laba ini menyetir arah luncurannya. Tapi mungkin laba-laba ini mampu meluncur karena bentuknya yang sangat pipih. Namun hal ini termasuk penemuan yang mengejutkan mengingat laba-laba biasanya bergantung pada jaringnya untuk bisa mengayun dan berpindah tempat.

Memang bisa dibilang penemuan yang menarik sih, tapi jangan sampai deh ketemu dengan laba-laba ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA