5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Mengalami Reinkarnasi

oleh Ayu
10:00 AM on Feb 25, 2015

Hidup dan mati adalah sebuah misteri. Tak ada yang tahu, ke mana arahnya di masa depan dan kapan berakhirnya. Oleh karena itu, manusia wajib melakukan yang terbaik dan menjalani sebaik-baiknya dalam kehidupan. Hingga tiba waktunya, kita mempertanggungjawabkan apa yang sudah kita lakukan sepanjang usia kepada Sang Pencipta.

Namun karena kematian pun adalah misteri dan ada banyak nilai spiritual yang diyakini, beberapa kalangan masyarakat percaya bahwa setelah kematian, masih ada kehidupan berikutnya. Hal ini biasa disebut dengan reinkarnasi.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

Tak semua orang mempercayainya, meski ada beberapa orang yang mengklaim bahwa mereka menyaksikan sendiri reinkarnasi. Ada juga beberapa penemuan seperti foto orang di masa lalu yang ternyata sangat mirip dengan artis Hollywood jaman sekarang. Apakah reinkarnasi itu ada? Coba kita lihat kisah beberapa orang hasil reinkarnasi berikut ini.

1. Tanda Lahir Kakek yang Meninggal, Muncul Lagi di Tangan Cucunya

Beberapa etnis dan suku di Asia, meyakini bahwa akan ada kehidupan berikutnya setelah kematian seseorang. Biasanya, mereka akan menandai tubuh orang yang sudah meninggal dengan jelaga. Menurut keyakinan mereka, tanda itu akan bisa ditemukan pada tubuh sosok reinkarnasinya di masa depan. Nah, ternyata kasus ini pernah terjadi secara nyata di Myanmar.

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi 1 LISTVERSE
Tanda Lahir Kakek Muncul di Tangan Cucunya (listverse)

Adalah seorang anak berinisial KH, ditemukan sebuah tanda lahir di lengan kiri bocah tersebut. Tanda itu persis dengan tanda yang diberikan keluarga pada tubuh kakek KH saat meninggal 11 bulan sebelum kelahiran KH. Ternyata, di masa kehamilannya, sang ibu pernah bermimpi kedatangan ayahnya itu. Dalam mimpinya, ia berkata, “Aku ingin hidup denganmu.” Entah kebetulan atau tidak, ucapan itu seolah benar-benar terjadi di dunia nyata.

2. Bocah yang Lahir dengan Parut Bekas Ledakan

Seorang psikiater dari Universitas Virginia, Ian Stevenson, pernah menerbitkan sebuah jurnal yang meneliti hubungan antara cacat lahir dengan kenangan hidup di masa lalu. Mungkin terdengar aneh, namun salah satu kisah nyatanya mungkin akan sedikit bikin merinding. Seorang anak di Turki, lahir dengan memiliki parut atau bekas luka di kepala kanannya.

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi 2 LISTVERSE
Bocah Lahir dengan Parut Bekas Ledakan (listverse)

Setelah mencari rujukan dari berbagai rumah sakit, ditemukan catatan riwayat seorang pria yang meninggal setelah 6 hari mengalami luka ledakan di kepala kanannya. Entah ini sebuah kebetulan atau tidak, namun dalam jurnal Stevenson, kasus ini mendukung penelitian mengenai adanya hubungan antara cacat saat lahir dengan trauma yang terjadi di kehidupan sebelumnya. Apakah ini juga reinkarnasi? Hanya Tuhan yang tahu.

3. Wanita yang Membunuh dan Menikahi Anaknya Sendiri

Masih dengan kasus yang mirip dengan kisah sebelumnya, Brian Weiss, seorang kepala psikiater di Miami, mendengar kesaksian tentang sesi regresi kehidupan pada seorang wanita. Namanya Diane dan dia adalah kepala perawat di sebuah rumah sakit. Dalam pengakuannya, ia merasa bahwa dirinya terbayang kehidupan masa lalunya.

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi 3 LISTVERSE
Wanita yang Membunuh dan Menikahi Anaknya Sendiri (listverse)

Dalam masa lalu itu, ia berkata bahwa ia sedang bersembunyi dan diburu orang saat suaminya tak ada. Ia hanya bersama anaknya yang masih bayi dan memiliki tanda lahir berbentuk sabit. Karena anaknya berisik, ia berusaha membekap anak itu. Sayangnya, anak lelaki itu malah meninggal karena mati lemas. Beberapa bulan setelah pengalaman regresi hidup ini, Diane jatuh hati pada seorang pria yang ternyata memiliki tanda lahir yang sama.

Lebih menariknya lagi, pria itu memiliki penyakit asma. Brian Weiss dalam bukunya Messages from the Masters: Tapping into the Power of Love, ia memasukkan cerita tentang Diane ini. Selanjutnya, Weiss sampai pada sebuah kesimpulan unik bahwa banyak orang dengan riwayat asma, memiliki kenangan masa lalu berupa mati lemas.

4. Bocah yang Sekolah di Kuil

Masih dalam ranah psikologi, seorang psikiater bernama Adrian Finkelstein pernah menulis dalam bukunya, Your Past Lives And The Healing Process. Ia mengisahkan tentang seorang anak bernama Robin Hull yang bukan berasal dari Asia. Akan tetapi, ia berbicara menggunakan bahasa asing yang tak dimengerti sama sekali oleh ibunya.

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi 4 LISTVERSE
Kisah Nyata Pengakuan Mereka yang Reinkarnasi (listverse)

Sang ibu pun memanggil ahli bahasa untuk mengenali bicara anaknya. Menurut hasil pengamatan, ditemukan bahwa anak tersebut bicara dalam bahasa Tibet. Robin juga mengatakan bahwa dia dulu sekolah di sebuah kuil, yang mana pada kenyataannya Robin bahkan belum pada usia sekolah. Profesor yang menanganinya bahkan sampai benar-benar ke Kunlun demi menemukan riwayat yang dimaksud oleh bocah tersebut. Mungkinkah ia merupakan reinkarnasi murid yang ada di sana, tidak dijelaskan dalam buku tersebut. Hanya saja masih ada hubungan antara pikiran manusia dengan masa lalu yang secara misterius terhubung ke masa kini.

5. Luka Yang Sama Dengan Kakaknya

Kematian seorang anak bernama Kevin Christenson adalah sebuah awal dari kisah reinkarnasi lainnya. Kevin meninggal pada tahun 1979 setelah bergulat dengan kanker metastatic akibat sebuah kecelakaan di kakinya. Perawatan yang dilakukan berupa kemoterapi melalui leher kanannya. Namun sayang, Kevin tak bisa tertolong lagi.

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi 5 LISTVERSE
Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi (listverse)

12 tahun setelah kematiannya, sang ibu bercerai dan menikah lagi. Di pernikahan kedua ini, sang ibu memiliki seorang anak bernama Patrick. Tak disangka, ada sebuah bekas luka di leher Patrick yang mirip dengan bekas kempterapi Kevin. Tak hanya itu, saat memasuki usia bisa berjalan, Patrick berjalan tertatih-tatih dan mulai menanyakan hal-hal ‘di masa lalu’ seperti rumah lama mereka, sakit di telinga, persis seperti gejala yang dialami Kevin, anak pertamanya. Padahal Patrick adalah adik tiri Kevin yang hanya memiliki separuh gen dari ibunya.

Ternyata, banyak kisah reinkarnasi yang unik dan tidak sesederhana yang terjadi dalam cerita fiksi atau film. Fakta-fakta di atas memang pernah terjadi di dunia baik kita percaya maupun tidak. Yang jelas, semua kejadian di alam ini terjadi untuk mengingatkan bahwa ada Sang Pencipta yang Maha Tahu. Sebagai manusia, semoga kita bisa memetik hikmah dari misteri apapun yang terjadi di alam ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA