5 Fakta Kebaikan Air Liur yang Membuat Anda Bersyukur

oleh Ayu
09:40 AM on Feb 25, 2015

Saliva, begitu bahasa latin dari air liur atau ludah yang ada di mulut kita. Ludah ini merupakan cairan kental yang sangat berguna bagi tubuh, namun seringkali kita remehkan. Apalagi bagi mereka yang sering buang ludah sembarangan. Nah lho, kenapa ludah dibuang-buang sembarangan? Mungkin ada penyakit dalam tubuh Anda, seperti batuk berdahak.

 

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Faktanya, kalau kita mau lebih memanfaatkan air ludah dalam mulut, kita bisa memulai banyak sekali kehidupan yang lebih sehat. Ya, air liur bukan hanya menjadi pembasah mulut atau pembentuk ‘pulau-pulau’ di bantal Anda saat tidur. Ternyata, ada berbagai manfaat super dari air liur bagi kesehatan kita. Kalau kita mau jeli, hidup sehat bisa dimulai dari mengunyah dengan baik.

 

Bagi Anda yang masih menyepelekan keberadaan cairan ludah ini, penting sempatkan waktu sejenak mengetahui fakta berikut ini. Nah, kita ulas yuk apa saja kebaikan air liur yang akan membuat Anda lebih bersyukur.

 

1. Mencegah Karang Gigi

 

Kenapa bisa ada karang gigi di dalam mulut? Rupanya, salah satu faktor penyebabnya, bisa jadi karena kita tidak mengunyah dengan baik. Misalnya hanya mengunyah makanan di satu sisi mulut, atau mengunyah terlalu sebentar. Ini akan membuat karang gigi mudah terbentuk.

Karang Gigi
Karang Gigi

 

Karang gigi bisa menyebabkan gusi mudah luka, atau masalah gigi lainnya. Membersihkannya pun tidak murah di dokter gigi. Padahal kalau kita mau mengunyah dengan baik dan merata, ternyata bisa membantu mencegah munculnya plak atau karang gigi ini.

 

2. Mengunyah Lebih Lama, Pencernaan Sehat

 

Masih soal mengunyah, ternyata melumatkan makanan bukan hanya tugas dari gigi kita. Tanpa adanya air liur, makanan yang dihancurkan, tidak akan bisa disentuh oleh asam lambung. Nah, makanan jadi tidak dicerna dengan baik dan malah menyebabkan penyakit seperti asam lambung meningkat, sakit perut dan sebagainya. Makanan seperti buah atau sayur segar, bila dikunyah selama 30-40 kali akan bisa diliputi air liur yang membuat zat makanan lebih bisa dicerna dan diserap oleh tubuh Anda.

Mengunyah lebih lama
Mengunyah lebih lama

Inilah yang membuat rasa kenyang pada perut jauh lebih nyaman dan tidak menyiksa atau bikin ngantuk. Selain itu, gizinya terserap maksimal sehingga bisa dirasakan oleh tubuh.  Nah, sekarang kalau makan pelan-pelan saja asal dikunyah dengan baik. Asal mengunyah dan langsung telan malah kurang baik hasilnya bagi kesehatan Anda.

 

3. Memelihara Gigi Gerigi

 

Seperti yang sudah disampaikan di awal, air liur bisa mencegah munculnya karang gigi. Nah, selain itu, saliva juga bisa merawat gigi Anda. Seperti menjaga enamel gigi agar tetap baik, melakukan remineralisasi pada gigi, serta membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi secara alami.

WOMAN CHEWING GUM
Gigi sehat

 

Selain itu, air liur mengandung Histatin, sebuah senyawa protein yang memiliki dampak menyembuhkan pada luka. Misalnya pada luka sehabis cabut gigi, gusi berdarah atau bahkan sariawan. Bila Anda menekuni makan buah dan sayur segar dengan metode yang tepat, bisa membantu penyembuhan sariawan secara lebih cepat lho.

 

4. Menelan Lebih Mudah

Makanan yang kering biasanya akan membuat Anda susah menelan bukan, sehingga rasanya butuh air atau kuah makanan. Padahal kalau kita mengonsumsi makanan kering seperti kerupuk, lalapan dan sejenisnya, mana ada kuah atau airnya? Untung tubuh kita didesain secanggih mungkin oleh Sang Pencipta dengan adanya air liur.

5 Fakta Kebaikan Air Liur Yang Membuat Anda Bersyukur 4 DRBCSHAH
Kesulitan menelan

Itulah sebabnya mengunyah lama cukup disarankan, karena membuat makanan terikat pada air liur dan mudah ditelan. Kenapa tidak minum saja? Kan sama-sama memudahkan menelan? Terlalu banyak minum di sela waktu makan akan mengganggu proses cerna. Lagi-lagi, jangan malas mengunyah ya.

5. Wow! Bisa Mengatasi Jerawat

Fakta yang satu ini mungkin agak mengagetkan di masa kini. Akan tetapi, ternyata ini sudah menjadi rahasia sejak jaman nenek moyang. Air liur bisa membantu menyembuhkan jerawat bila dicolek sedikit dan dipulaskan pada wajah yang berjerawat. Metode ini sendiri tidak banyak dilakukan orang jaman sekarang, karena mungkin agak menjijikkan.

5a-Fakta-Kebaikan-Air-Liur-
Air liur menyembuhkan jerawat

Kemampuan menyembuhkan jerawat ini bisa jadi karena air liur mengandung zat anti bakteri yang bisa mematikan jamur dan kuman seperti di dalam mulut, Hanya saja, karena ini metode yang alami, maka perlu bersabar untuk penyembuhan yang mungkin akan makan waktu 3-5 hari.

Kata orang hal sederhana itu seringkali lebih dalam maknanya. Seperti air liur yang kelihatan biasa, tapi manfaatnya luar biasa. Nah, semoga pengetahuan di atas bisa membuat Anda ikutan sehat ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA